Manfaat Journaling Menggunakan Pena atau Gawai, Kuatkan Daya Ingat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi journaling. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi journaling. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -Menulis bisa menjadi hal yang sangat membosankan bagi sebagian orang. Apalagi jika masih menggunakan pena dan buku, kendala tulisan kurang rapih, tidak telaten, dan masih banyak alasan lain demi menghindari sebuah catatan. 

Saat ini teknologi sudah berkembang dengan lebih baik setiap harinya. Begitu pula dengan kegiatan Journaling, yang tidak harus menggunakan pena dan buku, bisa juga dengan Gawai yang kita miliki. Smartphone, Tablet atau Laptop akan semakin memudahkan kita dalam mencatat kegiatan harian. Apalagi jika ditambah fitur yang menarik dari Gawai seperti bisa memasukkan gambar, stiker dan warna-warni huruf dan latar tulisan. Kegiatan Journaling akan terasa sangat menyenangkan dan indah dipandang. 

Disamping itu, mencatat kegiatan sehari-hari (Journaling) secara manual atau dengan Gawai, manfaatnya tetap sama ya, seperti:

1. Menguatkan Daya Ingat

Saat mencatat, pasti otak akan berusaha mengingat kejadian sebelumnya. Apalagi jika yang ditulis adalah kejadian menyenangkan, energi positif juga akan terasa kembali. 

2. Emosi Tersalurkan dengan Baik

Emosi jangan ditahan, lebih baik dituang dalam tulisan. Tidak masalah jika sesekali jurnal kita berisi curhatan atau keluh kesah, tetapi seimbangkan juga dengan cerita bahagia yang kita rasakan ya.

3. Sebagai Bahan Evaluasi

Belajar lebih baik dari pengalaman yang terdahulu. Dari tulisan sebelumnya, kita bisa mengevaluasi diri, apa yang perlu dikurangi, atau perlu ditingkatkan dalam diri sendiri. 

4. Singkat Bermanfaat

Tidak perlu durasi lama saat Journaling. Jika terlalu lama tentu kita akan merasa bosan. Tulis poin pentingnya saja untuk menghemat waktu.

5. Menulis Bebas Tanpa Ikatan

Karena menulis kegiatan pribadi, kita bebas menulis dengan gaya bahasa apapun. Segala isi pikiran bisa bebas tersalurkan, tidak ada aturan yang mengekang. 

Bukan hanya untuk pribadi. Journaling yang rutin dilakukan juga akan membantu kita dalam kegiatan apapun, termasuk dalam pendidikan dan karir. Kita akan terbiasa mencatat sehingga meminimalisir kesalahan saat bekerja ataupun beraktivitas. 

Bagaimana? Sudah terbiasa Journaling? Atau akan memulai? Mulai dari sekarang yuk, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor:

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."