4 Fakta Menjelang Upacara 17 Agustus di IKN, Jumlah Tamu Kenegaraan Dikurangi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Anggota Paskibraka 2024 berbaris seusai dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa, 13 Agustus 2024. Presiden mengukuhkan 76 anggota Paskibraka 2024 yang nantinya akan bertugas di Istana Negara, IKN pada 17 Agustus 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Anggota Paskibraka 2024 berbaris seusai dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa, 13 Agustus 2024. Presiden mengukuhkan 76 anggota Paskibraka 2024 yang nantinya akan bertugas di Istana Negara, IKN pada 17 Agustus 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk kali pertama, upacara 17 Agutus akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu besok, 17 Agustus 2024. Menjelang hajatan perdana negeri ini, ada sederet fakta menarik menjelang upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

1. Tim Medis Antisipasi Sengatan Panas

Tim medis mengantisipasi ancaman sengatan panas (heatstroke) saat Upacara 17 Agustus di IKN.

“Mengingat cuaca juga tidak stabil, kadang panas, kadang dingin, jadi ada memang beberapa arahan-arahan agar kami mewaspadai beberapa kasus-kasus medis ya, seperti kasus-kasus heatstroke,” kata Koordinator Tim Medis Kesehatan Posko Kemenko 1, Adam Kristy, pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Selain heatstroke, tim medis juga mengantisipasi ancaman Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat debu konstruksi dan gigitan serangga lantaran IKN masih asri dan ditumbuhi banyak tanaman. Tim medis sudah memiliki lima posko dan satu posko khusus VVIP di area ring 1 Istana Kepresidenan IKN.

2. Mengurangi Undangan Tamu Kenegaraan

Presiden Jokowi mengungkapkan, jumlah undangan tamu kenegaraan untuk menghadiri HUT ke-79RI  di IKN dikurangi dari 8.000 menjadi 1.300 tamu karena jumlah hotel tidak mencukupi.

Awalnya, undangan tamu hanya dikurangi 4.000. Setelah dikurangi menjadi 4.000 tamu masih ada kendala kurangnya hotel dan konsumsi.

“Akhirnya, dari 4.000 dipotong menjadi 2.000. Tapi 2.000 pun masih nggak cukup. Akhirnya, keputusan terakhir kemarin menjadi 1.300 tamu yang akan diundang ke Istana Negara (IKN) untuk mengikuti upacara HUT Kemerdekaan yang ke-79,” ucap Jokowi, pada 12 Agustus 2024.

3. Kereta Otonom Gratis

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengumumkan, masyarakat dapat menaiki kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) gratis dalam perayaan HUT ke-79 RI di IKN.

“Bukan hanya untuk tamu, masyarakat juga boleh coba (kereta otonom). Biayanya masih gratis,” ujar  Basuki, pada 11 Agustus 2024.

4. Menyiapkan Hunian Petugas Upacara 

Kementerian PUPR menyiapkan 12 menara hunian aparatur sipil negara (ASN) seluasa 98 meter persegi untuk para petugas upacara HUT RI Ke-79 di IKN. 

“Untuk 17-an, (hunian disediakan untuk) panitia pendukung pelaksana dari upacara, termasuk Paskibraka ada di sini,” ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja, pada 14 Agustus 2024. 

Endra mengatakan, Kementerian PUPR sudah menyediakan berbagai fasilitas dasar yang dapat dimanfaatkan petugas HUT RI di hunian ASN IKN, meliputi tiga kamar, dapur, dan tempat menjemur pakaian.

Pilihan Editor: Ini Baju Adat Jokowi dan Iriana pada Upacara Bendera 17 Agustus 2023

RACHEL FARAHDIBA REGAR | DESTY LUTHFIANI | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."