Potret Busana Iriana Jokowi hingga Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(Keempat dari kiri) Potret Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta pada Jumat, 16 Agusfus 2024. Foto: Instagram/@puanmahariniri

(Keempat dari kiri) Potret Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta pada Jumat, 16 Agusfus 2024. Foto: Instagram/@puanmahariniri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD telah diselenggarakan pada Jumat, 16 Agustus 2024. Acara tahunan ini dihadiri oleh 2.022 undangan termasuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta ibu negara Iriana Jokowi hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani. Penampilan busana mereka dalam balutan baju daerah salah satu yang dinanti.

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Betawi saat tiba di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, pagi tadi. Pakaian tersebut terdiri dari jas tutup berwarna gelap yang dikenakan di atas kemeja, serta celana pantalon yang sejajar dengan jas. Kain batik diikatkan di pinggang dan disusun hingga mencapai paha.

Selain itu, penampilan ibu negara Iriana Jokowi hingga Sri Mulyani juga memikat. Yuk, kita tilik.

1. Iriana Jokowi Pakai Baju Kurung Modern

Ibu Negara Iriana tampil anggun dengan mengenakan baju kurung berwarna cream berdetail kerah cheongsam. Dia melengkapi penampilannya dengan kain dan selendang berwarna senada. Ibu Gibran Rakabuming Raka itu juga memakai perhiasan mutiara putih.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Jokowi saat tiba di lokasi sidang tahunan MPR, kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2024. Foto: tangkap layar TV Parlemen

Dia juga memakai tas warna hitam dan selop hak rendah warna senada dihiasi mutiara. Rambutnya disanggul rapi dengan hiasan tusuk konde di belakang.

2. Wury Estu Handayani Kenakan Kebaya Betawi

Istri Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani tampil dengan busana berwarna hijau cerah. Wury memakai kebaya Betawi warna hijau dihiasi corak bunga dipadu dengan kain corak warna senada. Dia melengkapi penampilannya dengan jilbab polos warna hijau. Untuk menciptakan efek kontras, Wury terlihat memakai selendang warna putih.

(Berbaju krem dan baju hijau) Potret Iriana Jokowi dan Wury Estu Handayani menghadiri Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2024. Foto: Instagram/sekretariat.kabinet

Adapun Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat khas Melayu Palembang dengan kemeja dan celana panjang berwarna hitam. Ma'ruf juga memakai semacam ikat kepala dan kain di pinggang berwarna krem campur merah.

3. Puan Maharani Berkebaya Kutubaru

Lewat akun Instagramnya, Ketua DPR RI Puan Maharani membagikan sederet foto penampilan dia dalam balutan kebaya kutubaru warna emas. Dia pun menjabarkan detail penampilannya lewat unggahan ilustrasi.

"Kebaya kutubaru, memang selalu di hati… Pagi ini mengenakan kebaya bernuansa emas… Bersiap ke Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI - DPD RI 2024 di Jakarta. Bismillah lancar semuanya," tulisnya di Instagram Jumat siang.

Potret Ketua DPR RI Puan Maharini menghadiri Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta pada Jumat, 16 Agusfus 2024. Foto: Instagram/@puanmahariniri

Kebaya kutubaru emas bermakna optimisme, kejayaan, dan harapan masa depan. Selendang sutra warna senada menyiratkan ketenangan, kedamaian, dan kelembutan.

Dia melengkapi penampilannya dengan bros kupu-kupu yang mempunyai arti berproses, tumbuh, dan terus berkembang.

Untuk bawahannya, dia memakai kain batik dihiasi ragam corak dari kawung, sulur, dan buketan. Motif kawung menandakan kemurnian, kebaikan, dan persatuan. Sementara corak sulur dan buketan bermakna indahnya proses yang terus bertumbuh.

Sama seperti Iriana, Puan juga menata rambutnya dengan disanggul rapi dan memakai sandal hak rendah.

4. Sri Mulyani dalam Balutan Kebaya Kartini

Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri Sidang Tahunan MPR dalam balutan busana merah putih seolah mewakili bendera merah putih. Sri memakai kebaya warna putih dan kain batik warna merah.

Potret Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta pada Jumat, 16 Agusfus 2024. Foto: Instagram/@smindrawati

Dia juga menyampirkan selendang motif batik senada kain dan menggunakan bros emas. Alas kaki yang dipakai Sri Mulyani terlihat sandal bertali warna kecoklatan. Rambutnya disanggul rapi.

Itulah detail gaya busana Iriana Jokowi hingga Sri Mulyani menghadiri Sidang Tahunan MPR.

Pilihan Editor: Sidang Tahunan MPR, Puan Maharani Pakai Kebaya Kutubaru Karya Didiet Maulana

INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."