10 Komunitas Perempuan di Indonesia: Ibu Punya Mimpi hingga Perempuan Berkisah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sejumlah anggota komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia berswafoto saat mendaki Gunung Prau di Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat, 5 November 2021. Sebanyak 13 anggota komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia mendaki Gunung Prau pada 5-6 November. TEMPO/Fajar Januarta

Sejumlah anggota komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia berswafoto saat mendaki Gunung Prau di Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat, 5 November 2021. Sebanyak 13 anggota komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia mendaki Gunung Prau pada 5-6 November. TEMPO/Fajar Januarta

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kehadiran komunitas di tengah masyarakat menciptakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan sosial seseorang. Bukan cuma ajang berkumpul, komunitas memiliki manfaat untuk kesehatan mental, lho, Sahabat Cantika! Karena ikut komunitas bisa membuat kita melupakan masalah sejenak dan jadi lebih semangat.

Beberapa komunitas ini didirikan oleh dan untuk perempuan. Kehadirannya ingin mendukung para wanita agar maju dan berkembang. Kelompok sosial ini menjadi ruang bagi perempuan untuk berbagi cerita, ilmu, dan pengalaman dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Berikut daftar komunitas perempuan yang eksis di Indonesia. Yuk, simak informasi selengkapnya!

1. Komunitas Perempuan Indonesia

Perempuan Indonesia adalah komunitas yang menggaungkan isu-isu perempuan, kesetaraan gender, kelompok rentan disabilitas, dan isu kemanusiaan.

Komunitas Perempuan Indonesia didirikan oleh Wiwit Musaadah karena keresahanya menghadapi tantangan perempuan di Indonesia yang masih disepelekan. Komunitas ini beralamat di Depok, Jawa Barat.

2. Koalisi Perempuan Indonesia

Didirikan pada 1998, Koalisi Perempuan Indonesia dikukuhkan melalui Kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta. Bernama Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi, adalah salah satu organisasi yang tak hanya fokus pada isu perempuan, tapi juga kelompok masyarakat lain yang sering didiskriminasi.

3. WeWaw

Komunitas sosial yang fokus pada peningkatan karier dan bisnis perempuan Women Empower Women at Work (WEWAW)/WEWAW

Komunitas perempuan Indonesia selanjutnya adalah Women Empower Women At Work yang disingkat WeWaw. Grup ini berfokus pada isu perempuan di tempat kerja dan dunia bisnis.

WeWaw juga menyediakan pendampingan bagi perempuan Indonesia yang merasa perlu bantuan mentor untuk mengembangkan kariernya. WeWaw berdiri sejak 2020.

Melalui akun Instagram-nya, WeWaw sering membagikan konten bermanfaat dan informasi mengenai pembukaan pendaftaran mentorship angkatan selanjutnya.

4. Ibu Punya Mimpi

Konferensi Virtual Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago

Ibu Punya Mimpi adalah komunitas yang tepat untuk memperoleh energi positif dan dukungan dari sesama ibu untuk berani bertumbuh dalam skill dan bisnis. Kelompok ini kerap mengadakan acara yang menghadirkan para Ibu tangguh dalam menjalankan bisnis.

Banyak orang ingin bertumbuh dalam bisnisnya tapi tidak tahu memulai darimana, Ibu Punya Mimpi dapat dijadikan sarana belajar sekaligus praktek dan mendapat masukan. Hambatan dalam menjalankan bisnis pun pasti ada, dan dengan dukungan dari para ibu lainnya ibupreneur diharapkan dapat keluar dari hambatan tersebut.

5. Generation Girl

Generation Girl adalah organisasi non-profit yang diperuntukkan bagi perempuan yang tertarik di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Math).

Saat ini, mereka memiliki berbagai program utama yang berfokus dalam kepemimpinan dan peningkatan skill bagi perempuan. Generation Girl juga sering mengadakan acara dengan tema serupa untuk mendukung misi dalam mendorong perempuan agar memiliki peran dalam perkembangan teknologi masa depan.

6. Lentera Sintas Indonesia

Komunitas perempuan yang satu ini berfokus untuk membantu pemulihan korban kekerasan seksual. Tak hanya melakukan kampanye, mereka juga menyediakan support group yang bersifat anonim bagi para korban.

Ini merupakan aksi nyata untuk membantu memberikan perlindungan dan pendampingan yang selama ini sulit diakses bagi para korban.

7. Women Beyond

Komunitas perempuan Indonesia yang selanjutnya juga di bidang pemberdayaan perempuan, khususnya untuk meningkatkan kemampuan leadership atau kepemimpinan.

Women Beyond sering mengadakan bimbingan, workshop, dan acara networking. Komunitas ini cocok bagi Anda yang ingin melebarkan koneksi dengan sesama wanita karier di Indonesia.

8. Single Moms Indonesia

Kegiatan Single Moms Indonesia dalam rangka ulang tahun yang ke-9 bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi/Foto: Doc. SMI

Komunitas ini ingin merangkul ibu tunggal atau single parent. SMI diprakarsai oleh Maureen Hitipeuw dan didirikan pada 8 September 2014.

Komunitas ini ingin memberdayakan ibu tunggal untuk membangun keluarga bahagia dan percaya diri. SMI secara rutin mengadakan program-program pemberdayaan ibu tunggal.

Untuk menjalin komunikasi dengan para anggotanya, komunitas ini membuat private group di beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Telegram.

9. Perempuan Berkebaya Indonesia

Sejumlah model berpose menggunakan kebaya dalam di Museum Nasional, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komunitas Perempuan Berkebaya yang bertujuan untuk melestarikan busana kebaya bagi masyarakat Indonesia. TEMPO/Muhammad Hidayat

Perempuan Indonesia juga identik dengan kebaya. Pakaian ini seakan jadi ciri khas wanita-wanita tangguh, modern, dan anggun.

Nah, komunitas ini cocok bagi perempuan yang memiliki passion dalam bidang fashion sekaligus ingin melestarikan budaya Indonesia.

Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia merupakan organisasi tepat bagi perempuan Indonesia yang ingin mengembalikan kebiasaan lama perempuan Indonesia yang mengenakan kebaya sehari-hari.

Gerakan yang mereka usung menarik perhatian publik, salah satunya adalah Selasa Berkebaya, yaitu ajakan untuk mengenakan kebaya setiap hari Selasa. Para perempuan akan memakai kebaya mulai dari bekerja, berkumpul bersama teman, hingga saat berbelanja.

10. Perempuan Berkisah

Komunitas berikut ini awalnya dibuat sebagai media pembelajaran berbasis website. Laman itu berisi banyak cerita perempuan yang ingin membagikan kisah mereka, terutama yang berhubungan dengan pemberdayaan perempuan.

Perempuan Berkisah lalu melebarkan fungsinya demi mengakomodasi berbagai kebutuhan perempuan Indonesia. Tak hanya fokus pada pemberdayaan ekonomi perempuan, Perempuan Berkisah juga menyediakan konseling dan pendampingan perempuan korban kekerasan.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 10 komunitas perempuan di Indonesia yang dibentuk untuk mendukung para perempuan dari berbagai sisi kehidupannya. Semoga bermanfaat ya!

Pilihan Editor: Mengenal Srikandi BUMN, Siapa Saja Sosok di Baliknya?

LINKEDIN | SINGLE MOMS INDONESIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."