Pilihan Baju Adat Erina Gudono dan Kaesang Pangarep di Upacara HUT ke-79 RI di IKN

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Penampilan Kaesang dan Erina Gudono/Instagram @erinagunodo

Penampilan Kaesang dan Erina Gudono/Instagram @erinagunodo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menantu dan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep mengenakan baju adat bernuansa merah saat upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Kaesang memakai baju adat Mentawai, Sumatera Barat. Sedangkan istri Kaesang, Erina Gudono, mengenakan baju adat dari suku Bugis, Sulawesi Selatan. 

Erina menjelaskan soal baju adat yang dikenakan suaminya di media sosial Instagram. "Suku Mentawai adalah salah satu suku tertua di Indonesia, yang memiliki tradisi turun temurun memanah buruan dan meramu obat," katanya pada 17 Agustus 2024. 

Ia pun menjelaskan bahwa pakaian adat Mentawai terbagi tiga antara lain pakaian adat Sikerei, Pangureijat, dan harian. "Warna dominan diadaptasi dari unsur alam, merah berarti berani, kesenangan dan kemeriahan, hitam dan putih berarti pembatas antar warna cerah, biru dan hijau artinya indahnya laut bahari," katanya. 

Pakaian adat Mentawai terdiri dari buluk kailabak, bulu goukgouk (bulu ayam), luat (ikat kepala), inu (kalung manik-manik), sabok, sikairat (ikat kepala), manai (bunga) dan lakka (kain merah). Kain sabok hitam putih dengan simbol gigi runcing lambang tradisi perempuan Mentawai yang mengkerik gigi sebagai arti kecantikan dan kedewasaan, tanda siap menikah, memiliki anak dan menjaga keseimbangan antara tubuh dan jiwa.

Kaesang dan Erina menghadiri upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Ibu Kota Nusantara. Dalam salah satu foto Erina terlihat keduanya pun berbincang akrab dengan putra Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo. 

Pilihan Editor: Aura Bumil Menyala, Erina Gudono Tampil Menawan dalam Balutan Kebaya Merah

MITRA TARIGAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."