Baju Khas Bugis AHY dan Annisa Pohan Jadi Busana Adat Terbaik Upacara 17-an, Dapat Hadiah Sepeda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan terpilih sebagai peserta dengan busana adat terbaik dalam upacara Hari Kemerdekaan RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024. Foto: Instagram/@agusyudhoyono.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan terpilih sebagai peserta dengan busana adat terbaik dalam upacara Hari Kemerdekaan RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024. Foto: Instagram/@agusyudhoyono.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya, Annisa Pohan, terpilih jadi salah satu peserta upacara Hari Kemerdekaan Indonesia dengan busana adat terbaik. Mereka pun mendapat hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo dalam upacara penurunan bendera merah putih di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan, Sabtu 17 Agustus 2024.

Pemilihan busana adat terbaik ini diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Menurut pembawa acara, AHY dan Anissa memenuhi elemen tradisional yang diadaptasi dengan cara yang segar dan relevan dengan cara kontemporer.

Busana yang mereka kenakan dinilai berbahan tradisional dan modern yang efektif. Setelah menerima sepeda gunung warna putih dan merah, mereka pun mendapat selamat dari Jokowi.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan mendapat hadiah sepeda karena terpilih sebagai peserta dengan busana adat terbaik dalam upacara Hari Kemerdekaan RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024. Foto: Instagram/@agusyudhoyono.

Penampilan Annisa Pohan dan AHY memang total dengan baju adat Bugis warna merah maron. Annisa tampak anggun memakai baju Bodo dengan detail rumbai serta aksesoris warna kuning emas. Sedangkan AHY gagah dengan jas tutup dan songkok. Mereka juga melengkapi busananya dengan bawahan kain sutra.

Kepada wartawan, AHY mengaku sempat browsing bersama sang istri untuk menentukan pakaian yang akan mereka kenakan di acara 17-an ini.

Pilihan mereka pun jatuh kepada baju adat Sulawesi Selatan itu untuk upacara penurunan bendera. "Karena di sini (wilayah IKN dan Kalimantan) banyak masyarakat Bugis juga," tutur anak dari Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Pagi harinya, saat upacara pengibaran bendera merah putih, AHY dan Annisa mengenakan pakaian adat Baamar Galung Pancar Matahari dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Baju kombinasi warna putih dan silver itu dipadukan dengan bawahan kain biru muda, membuat penampilan ibu Almira Tunggadewi Yudhoyono itu makin chic. Pakaian adat ini biasa dipakai oleh pengantin dari Suku Banjar.

Usai menghadiri upacara 17 Agustus, AHY lalu mengunggah video momen ia mendapat hadiah. "Kali ini saya bersama istri mendapat 'surprise' atas busana adat terbaik, ini adalah tradisi yang sangat baik, Presiden mencontohkan kepada kita semua untuk mengenalkan dan melestarikan baju adat dari berbagai daerah," ucap AHY.

Pilihan Editor: Gaya Annisa Pohan saat Kunjungan ke Bandung, Rok Plisket dan Crop Blazer Tenun

INSTAGRAM | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."