Apa Saja Manfaat Waktu tanpa Gawai dalam Hubungan Asmara?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan tertawa. Unsplash/Matheus Ferrero

Ilustrasi pasangan tertawa. Unsplash/Matheus Ferrero

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut Sahabat Cantika, seberapa penting menciptakan waktu tanpa gawai dalam hubungan asmara? Jawabannya penting bagi pasangan yang tinggal di lokasi yang sama. Lain cerita dengan pasangan jarak jauh atau long distance relationship (LDR), gawai salah satu pilar yang memperkuat fondasi hubungan.

Oke, kembali ke soal waktu tanpa gawai dalam hubungan asmara. Di era serba digital ini, ketergantungan pada gawai tanpa disadari merusak hubungan lebih banyak cara daripada yang Anda pikirkan.

Kebutuhan kompulsif untuk tetap terpaku pada gawai dapat menciptakan jarak emosional antara pasangan. Ketika Anda secara mental "tenggelam" media sosial, Anda memiliki sedikit waktu untuk terlibat dalam percakapan yang bermakna dengan pasangan, sehingga bisa memicu kesalahpahaman dan perkelahian.

Disadari atau tidak, kurangnya waktu berkualitas bersama pasangan bisa diam-diam mengikis fondasi hubungan Anda. Jika Anda juga menemukan diri "tenggelam" dalam gawai, sekarang saatnya untuk 'bebas layar' untuk merasakan efek positif ini dalam hubungan asmara.

Manfaat Waktu tanpa Gawai dalam Hubungan Asmara

1. Punya Waktu Berbincang Lebih Banyak

Sementara waktu layar berlebih membuat Anda tidak memiliki waktu untuk berinteraksi satu sama lain, memiliki hari-hari tanpa layar memberi Anda kesempatan untuk melakukan percakapan hangat tentang teh, kopi, atau jalan-jalan malam.

2. Lebih Banyak We Time

Di tengah rutinitas harian yang padat, menemukan waktu untuk satu sama lain bisa menjadi tantangan. Namun, mengurangi waktu penggunaan gawai menawarkan kesempatan berharga untuk menghubungkan kembali dan menikmati momen yang lebih bermakna bersama sebagai pasangan alias we time. Seiring waktu, hal itu memperkuat hubungan Anda.

    3. Meningkatkan Sikap Saling Menghormati

    Phubbing atau praktik mengabaikan seseorang atau pasangan untuk berkonsentrasi pada ponsel Anda dapat memiliki efek negatif dalam hubungan asmara. Dengan menciptakan waktu tanpa gawai dan fokus pada kebutuhan pasangan dapat memiliki efek positif dalam jalinan cinta Anda. Langkah tersebut akan membuat pasangan merasa istimewa dan dihormati, begitu pula sebaliknya. Anda akan merasakan hal yang sama saat pasangan fokus pada Anda, bukan gawai di genggamannya.

    4. Ikatan Emosional Semakin Kuat

    Ketika Anda dan pasangan menghabiskan sebagian besar waktu terpaku pada gawai, Anda berdua menjadi jauh secara emosional. Meskipun hidup di bawah atap yang sama, koneksi melemah saat Anda berdua menjadi lebih asyik di dunia digital kita daripada satu sama lain.

    Dengan mengurangi waktu pemakaian gawai, pasangan dapat terhubung kembali pada tingkat emosional yang lebih dalam, menumbuhkan rasa kedekatan, dan pemahaman yang memperkuat hubungan.

    Nah, itulah sederet manfaat menciptakan waktu tanpa gawai dalam hubungan asmara. Jangan abaikan yang terkasih jika dia di samping Sahabat Cantika.

    Pilihan Editor: Merasa Jauh dari Pasangan Padahal Tinggal Serumah? Coba Lakukan Ini

    TIMES OF INDIA

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."