8 Sebab Kenapa Puting Payudara Terasa Sakit saat Dipegang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi memeriksa payudara. Shutterstock.com

Ilustrasi memeriksa payudara. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa penyebab umum kenapa puting payudara terasa sakit saat dipegang. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan, namun kita bisa melihat apa saja penyebab puting payudara sakit di bawah ini.

1. Hormon

Dokter Ram Prasad, Konsultan Bedah Payudara di Pall Mall Medical menjelaskan bahwa lebih sering daripada tidak, ovulasi dapat membuat puting susu terasa nyeri saat disentuh.

"Sayangnya, puting susu yang nyeri merupakan kejadian umum bagi orang-orang dengan payudara," katanya. "Biasanya, ini terkait dengan perubahan siklus menstruasi atau tanda kehamilan."

Ia menambahkan bahwa kadar estrogen yang lebih tinggi menyebabkan saluran payudara membesar selama menstruasi, jadi perhatikan siklus bulanan Anda sebelum merasa stres.

2. Kehamilan

Hal ini cukup masuk akal. Penyebab puting payudara sakit bisa juga karena awal kehamilan. Seperti yang dijelaskan oleh dokter Hana Abu-Hassan dari Chelsea Pharmacy Medical Clinic, aliran darah meningkat ke payudara selama kehamilan, sehingga membuatnya lebih sensitif. Hal ini juga membuat payudara siap untuk menyusui.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa juga terjadi peningkatan hormon progesteron dan prolaktin.

Jika Anda merasa demikian dan mungkin hamil, lakukan tes kehamilan di rumah atau kunjungi dokter umum untuk menjalani tes darah.

3. Menyusui

Jika Anda menyusui, Anda hampir pasti tahu kenapa puting payudara terasa sakit saat disentuh, kering, dan pecah-pecah. Kabar baiknya, Anda tetap dapat membantu meminimalkan nyeri tersebut.

"Rasa nyeri sangat umum terjadi pada orang yang memilih untuk menyusui, tapi langkah-langkah sederhana, seperti memastikan bayi Anda telah menyusu dengan benar dan mengoleskan salep ke puting secara teratur, merupakan tindakan pencegahan yang baik," kata dokter Prasad.

Dan jika Anda menggunakan pompa, pastikan pelindung payudara (bagian yang menutupi puting) berukuran tepat untuk Anda guna mencegah iritasi.

Jangan pernah takut untuk meminta saran dari bidan atau dokter umum jika Anda merasa membutuhkannya – ingatlah, untuk itulah mereka ada.

4. Infeksi

Puting payudara nyeri dan sensitif cenderung hilang setelah beberapa hari jika Anda tidak hamil. Namun, jika tidak hilang, itu bisa berarti puting Anda terinfeksi.

Prasad menjelaskan bahwa hal ini paling sering didiagnosis sebagai kondisi jinak yang disebut 'mastitis periduktal', yaitu ketika puting menjadi meradang, nyeri, dan panas saat disentuh.

Ia memperingatkan bahwa perokok wanita lebih rentan terhadap mastitis dan infeksi, karena asap dapat menyebabkan kerusakan pada saluran puting.

"Jika dokter umum Anda yakin demikian, mereka akan merujuk Anda ke dokter spesialis yang akan melakukan mammogram atau pemindaian ultrasonografi," imbuhnya.

Infeksi jamur juga dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau terkadang kulit mengelupas. Jika hal ini terasa nyeri dan perih, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

5. Gesekan

Meskipun bra berenda baru Anda cantik, hal itu bisa jadi menjadi alasan puting sakit. Iritasi, seperti pakaian, atau bahkan faktor gaya hidup (seperti cuaca kering) dapat berdampak besar pada kulit Anda.

Jika bra Anda menjadi penyebabnya, dokter Hana menyarankan untuk rajin mencucinya. Hal ini karena pakaian dalam akan mengumpulkan sel kulit mati dan bakteri setiap kali dikenakan.

Bagi mereka yang suka lari 5K, sebaiknya Anda juga berinvestasi pada bra olahraga yang benar-benar bagus, karena bra ini akan membantu Anda menghindari lecet pada puting payudara, yang merupakan hal yang ideal. 

Anda juga harus mencucinya lebih sering, karena kelembapan dan keringat merupakan tempat berkembang biaknya kuman. Saran kedua: tetaplah mengenakan bra katun sehari-hari (dengan ukuran yang tepat) selama beberapa hari sambil menunggu untuk melihat apakah rasa sakitnya mereda.

6. Luka

Trauma pada kulit (biasanya sementara dan sembuh seiring waktu) dapat disebabkan oleh hubungan seks yang kasar (selama itu yang Anda sukai), tindik, atau hal lain yang mungkin mengiritasinya dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Periksa apakah Anda memiliki tanda-tanda pembengkakan atau nanah, dan jika bisa, jangan lakukan apa pun yang dapat memperparah puting sakit.

7. Sabun cuci

Bubuk pencuci Anda mungkin menggosok kulit Anda dengan cara yang salah. Secara harfiah.

Jika Anda baru-baru ini mengganti merek, menghubungkan dua hal dan menyadari bahwa saat itulah puting sakit Anda mulai muncul, pertimbangkan untuk kembali menggunakan merek sebelumnya. Atau, bahkan beralihlah ke deterjen non-bio karena deterjen tersebut lebih aman untuk kulit sensitif. Puting Anda akan berterima kasih karenanya.

8. Kanker payudara

Ini sangat jarang terjadi, tapi jangan diabaikan sepenuhnya jika Anda khawatir tentang nyeri puting sakit tanda apa.

Dokter Prasad menjelaskan, dalam keadaan yang jarang terjadi, ruam seperti eksim di sekitar puting dapat menjadi tanda prakanker 'penyakit Paget' yang berhubungan dengan kanker payudara. Biopsi atau mammogram akan menyingkirkan kecurigaan apa pun.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 8 penyebab kenapa puting payudara terasa sakit saat disentuh. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: Durasi Menyusui Menurut Saran Dokter

COSMOPOLITAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."