Apa Saja Penyebab Kulit Wajah Kendur? Intip Jawabannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, terkadang kita mungkin lupa bahwa kulit wajah juga menua. Pada saat kita bangun dan menyadari penuaan kulit, kerutan pun mulai muncul. Masker wajah pengencang kulit dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah ini. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai menjadi kering dan kendur adalah proses alami. 

Paparan sinar matahari, penuaan, polusi, bahan kimia dalam produk perawatan kulit, dan pola makan yang tidak sehat merupakan faktor eksternal dan internal yang dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda secara langsung. Mengingat keadaan ini, wajar bagi kita untuk mengalami masalah kulit seiring bertambahnya usia, yang memerlukan perawatan ekstra lembut untuk menjaga kulit kita tetap sehat dan kenyal. 

Namun, Anda dapat menghindari atau mengurangi masalah ini dengan mengambil tindakan pencegahan sejak usia dini. Walaupun kulit kendur dan keriput merupakan bagian dari proses penuaan, proses ini dapat ditunda dan penampakannya dapat dikurangi jika Anda merawat kulit dengan baik.

5 Penyebab Utama Kulit Kendur

Penuaan merupakan faktor utama yang menyebabkan kulit berubah dan memengaruhi elastisitasnya. Namun, beberapa faktor lain dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput.

1. Produksi Kolagen

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di bawah kulit mulai menurun. Kekencangan kulit secara langsung terpengaruh saat volume kolagen berkurang. Kulit akan segera kendur dan keriput.

2. Hilangnya Lemak Wajah

Faktor lain yang memengaruhi elastisitas kulit adalah lemak wajah. Saat Anda kehilangan berat badan secara berlebihan dengan cepat, kulit Anda mungkin akan kendur dan kendur.

3. Alkohol dan Merokok

Merokok dan alkohol diketahui memengaruhi kualitas kulit. Baik merokok maupun konsumsi alkohol terkait dengan photoaging, pembentukan kerutan, dan kulit kendur.

4. Kurang Tidur Berkualitas

Meskipun mungkin mengejutkan, kekencangan kulit dapat sangat dipengaruhi oleh tidur. Kurang tidur dapat memengaruhi kekencangan kulit Anda karena mencegah kulit Anda melakukan proses regenerasi alami, sehingga kulit tampak lebih tua.

5. Sinar UV

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan photoaging, yang keduanya dapat mengurangi kekencangan kulit wajah

Meskipun ada banyak penyebab penuaan kulit, ada beberapa hal yang dapat membantu menunda proses ini. Rutinitas perawatan kulit Anda dapat sangat membantu mengatasi masalah ini. 

Masker wajah pengencang kulit berikut ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kulit Anda dan menjaganya tetap kencang.

1. Masker Wajah Telur dan Yoghurt

Telur mengandung peptida kompleks yang dapat membantu mengencangkan kulit Anda. Menggunakan yogurt dalam masker wajah ini membantu membersihkan kulit dan mengurangi noda. Selain itu, sifat abrasif gula dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit Anda tampak lebih cerah.

Bahan-bahan
1 sendok makan yogurt
1 putih telur
1 sendok teh gula

Persiapan
Pisahkan putih telur dari kuning telur dan campurkan dengan yogurt dan gula.
Oleskan campuran ini ke wajah Anda dan biarkan hingga kering.
Bilas dengan air hangat.

Anda dapat menggunakan masker ini sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda seminggu sekali.

2. Masker Wajah Pisang dan Madu

Pisang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Selain itu, pisang juga dapat melembabkan kulit Anda dengan baik dan melawan jerawat.Faktor-faktor ini dapat membantu membuat kulit Anda halus dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Menggunakan madu dan minyak zaitun dalam masker wajah bermanfaat karena keduanya bersifat humektan dan mengandung antioksidan yang membantu memulihkan sel-sel kulit yang rusak.

Bahan-bahan:

1 sendok teh madu
1 sendok teh minyak zaitun
½ pisang matang

Persiapan
Kupas pisang dan gunakan sebagai masker. Pastikan tidak ada gumpalan yang tersisa.
Tambahkan minyak zaitun dan madu ke dalamnya dan aduk rata.
Oleskan campuran ini ke wajah dan leher Anda.
Diamkan di wajah Anda selama sekitar 15 menit lalu bilas dengan air.
Anda dapat menggunakan masker wajah pengencang kulit ini seminggu sekali.

Pilihan Editor: Bukan Hanya Kulit Wajah, Ini Pentingnya Eksfoliasi untuk Perawatan Tubuh

PINK VILLA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."