Alasan Nyeri Dada Sebelah Kiri Atas Payudara Tembus Sampai Belakang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi nyeri dada sebelah kiri atas payudara. Foto: Shutterstock.com.

Ilustrasi nyeri dada sebelah kiri atas payudara. Foto: Shutterstock.com.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak organ vital di sisi kiri tubuh. Di bawah tulang dada kiri adalah jantung, limpa, perut, pankreas, dan usus besar. Ketika Anda mengalami nyeri dada sebelah kiri atas payudara, itu dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Penting untuk memperhatikan gejala lain selain rasa sakit untuk menentukan apakah Anda harus mencari perhatian medis.

Dalam beberapa kasus, rasa sakit di dada mungkin angina yang merupakan tanda peringatan untuk penyakit jantung. Angina terjadi karena otot jantung Anda tidak mendapatkan cukup darah kaya oksigen. 

Rasa sakitnya terasa seperti tekanan atau pemerasan di dada Anda. Rasa sakit dapat menyebar dari dada kiri Anda ke bahu, leher, rahang, atau punggung Anda. Ini mirip dengan serangan jantung.

Berikut ini beberapa alasan nyeri dada sebelah kiri atas payudara. Yuk, simak!

1. Maag

Ini sering menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri atas payudara. Ini terkait dengan gangguan pencernaan dan dapat terasa seperti hati Anda terbakar.

Namun, hati Anda tidak terpengaruh oleh mulas. Sebenarnya kerongkongan Anda yang terbakar dari asam lambung masuk ke tenggorokan Anda.
Penyakit ini kerap membuat nyeri dada sebelah kiri atas payudara tembus sampai belakang.

2. Serangan panik

Serangan panik dapat memiliki gejala yang meniru angina, dan dapat menyebabkan detak jantung Anda meningkat, gemetar, sesak napas, pusing, dan nyeri dada. Ini adalah kondisi kejiwaan yang perlu dirawat oleh spesialis kesehatan mental.

3. Penyakit kandung empedu

Batu empedu dan masalah kandung empedu lainnya dapat menyebabkan tekanan dan kejang otot ekstrem di perut kanan atas Anda yang dapat memancar ke dada Anda, membuat Anda merasa sakit dada sebelah kiri atas payudara.

4. Ulkus lambung

Ini adalah luka yang berkembang di lambung Anda karena asam dari saluran pencernaan Anda menggerogoti perut, kerongkongan, atau lapisan kecil yang menarik. Paling sering Anda akan merasakan sakit di perut Anda, tapi dapat memancar ke tengah atau kiri dada Anda. Luka ini sangat menyakitkan dan cara mengobati nyeri dada sebelah kiri hilang timbul yaitu dengan obat.

5. Radang paru-paru

Karena paru-paru Anda terletak di dada Anda di bawah payudara Anda, gejala pneumonia dapat menyebabkan rasa nyeri dada sebelah kiri hilang timbul.

Itulah beberapa alasan nyeri dada sebelah kiri atas payudara. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Faktor Risiko Nyeri Punggung Bawah

MEDICINENET

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."