Mengenal Rosalia Vila Tobella, Rekan Duet Lisa Blackpink di Lagu New Woman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Lisa BLACKPINK berkolaborasi dengan Rosalia di lagu 'New Woman' yang dirilis pada Jumat, 16 Agustus 2024. Foto: Instagram/@wearelloud

Lisa BLACKPINK berkolaborasi dengan Rosalia di lagu 'New Woman' yang dirilis pada Jumat, 16 Agustus 2024. Foto: Instagram/@wearelloud

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi asal Spanyol, Rosalia Vila Tobella atau Rosalia berduet dengan Lisa Blackpink dalam lagu "New Woman". Lagu bergenre pop itu dirilis pada Jumat, 16 Agustus 2024. Dirilis dalam naungan label milik Lisa, LLoud Co., dengan RCA Records, keduanya membawa nuansa Y2K dengan ritme yang enerjik ke dalam lagu dan video musiknya. Dikutip dari Variety, New Woman menjadi single bilingual Inggris-Spanyol pertama dalam diskografi Lisa.

Lantas siapakah Rosalia Vila Tobella? Dia merupakan penyanyi dan penulis lagu asal Spanyol yang cukup populer di industri musik global. Rosalia lahir di Barcelona pada 25 September 1992. Rosalia dikenal karena musiknya memadukan tradisional flamenco dengan elemen-elemen modern seperti hiphop, reggae, dan pop.

Rosalia mempelajari flamenco di Sekolah Tinggi Musik Catalonia. Dia menjadi terkenal setelah merilis lagu Malamente pada 2018, bagian dari album keduanya, El Mal Querer. Lagu ini dianugerahi penghargaan, termasuk Latin Grammy Awards.

Pada 2019, Rosalia memperkuat namanya di panggung internasional berkolaborasi dengan rapper Kolombia J Balvin dalam lagu Con Altura, yang menjadi salah satu hit terbesar tahun itu. Salah satu kolaborasi paling menonjol dalam karier Rosalia, dengan Blackpink.

Bersama Blackpink, Rosalia merilis lagu "Bet You Wanna", yang menjadi bagian dari album penuh pertama Blackpink, The Album (2020). Lagu ini pun menunjukkan kemampuan Rosalía untuk beradaptasi dengan berbagai genre musik. 

Rosalia juga dikenal karena gaya visualnya yang eklektik. Dia sering tampil dengan busana yang memadukan elemen tradisional Spanyol dengan sentuhan modern yang menjadikan dia ikon mode untuk para penggemarnya. Video musiknya sering menampilkan estetika yang kuat, dengan sinematografi yang beragam simbol. 

Dikutip dari Biography, saat ini Rosalia Vila Tobella telah memenangkan 13 Latin Grammy Awards, termasuk Grammy untuk album Latin rock, urban, atau alternatif terbaik pada 2019 dan 2022. Rosalia juga menjajal karier akting, dengan tampil dalam film Spanyol Dolor y Gloria (Pain and Glory) yang dinominasikan untuk Oscar pada  2019. Di film ini, dia berakting dengan Antonio Banderas dan Penélope Cruz.

Pilihan Editor: Perjalanan Karier Lady Gaga, Dirintis dari Bermain Musik di Klub dan Menulis Lagu untuk Pesohor

SHARISYA KUSUMA RAHMANDA | HANIN MARWAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."