Kreasi Resep Es Krim Dulce De Leche, Cocok untuk Penyuka Dessert

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi es krim. Foto: Unsplash/Michelle Tsang

Ilustrasi es krim. Foto: Unsplash/Michelle Tsang

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dulce de leche adalah makanan yang sangat lezat, manis, dan bisa menjadi bahan utama es krim. Namun, apa sebenarnya hidangan berwarna kuning kecokelatan ini? Dulce de leche, yang secara harfiah berarti "permen yang terbuat dari susu," adalah saus kental dan manis seperti karamel yang dibuat dengan memanaskan susu manis secara perlahan. 

Manisan khas Amerika Latin ini ditemukan dalam dessert seperti kue atau biskuit. Manisan ini juga sering digunakan sebagai topping es krim atau olesan untuk roti panggang atau krep.

Saus karamel dan dulce de leche tampak dan terasa sangat mirip. Bahkan, keduanya dapat saling menggantikan dalam resep tertentu. Namun, keduanya tidak sepenuhnya sama — berikut cara membedakannya:

Karamel dibuat dengan mengaramelkan gula pasir di atas api yang sangat tinggi hingga berubah menjadi warna kuning tua dan mengeluarkan aroma yang kuat. Bila dicampur dengan bahan-bahan krim seperti krim setengah-setengah atau krim kental, akan berubah menjadi saus karamel.

Sementara itu, dulce de leche dibuat dengan memanaskan susu manis hingga menjadi saus kental dan kaya. Saus ini sering dibuat di dapur rumah menggunakan susu kental manis. Tidak seperti karamel, yang dipanaskan dengan cepat pada suhu tinggi, dulce de leche dipanaskan dengan suhu rendah dan perlahan.

Bahan:

1 kaleng (13,4 ons) dulce de leche atau kental manis
2 cangkir krim kocok kental, dibagi
2 sendok teh ekstrak vanila
1/2 sendok teh garam kosher
garam laut

Cara membuat:

1. Lapisi bagian dalam loyang roti berukuran 5x9 inci dengan bungkus plastik, sisakan 1 inci di kedua sisi yang panjang; sisihkan.

2. Kocok dulce de leche dan 1/3 cangkir krim kental dalam mangkuk kecil hingga tercampur rata, sekitar 1 menit. Pindahkan 1 cangkir campuran dulce de leche ke dalam mangkuk besar, dan sisihkan. Sisihkan campuran yang tersisa untuk disiramkan.

3. Kocok vanili, garam, dan sisa 1 2/3 cangkir krim kental dengan stand mixer yang dilengkapi dengan alat pengocok pada kecepatan sedang-tinggi hingga terbentuk puncak yang kaku, sekitar 3 menit. 

4. Masukkan krim kocok, dalam 3 tahap, ke dalam 1 cangkir campuran dulce de leche dalam mangkuk besar hingga tercampur sepenuhnya dan tidak ada gumpalan yang tersisa.

5. Pindahkan setengah dari campuran krim kocok ke dalam loyang roti yang sudah disiapkan, ratakan hingga merata. Sendokkan sekitar setengah dari campuran dulce de leche yang disisihkan secara merata di atas lapisan krim kocok. Ulangi proses dengan sisa campuran krim kocok dan sisa campuran dulce de leche yang disisihkan.

6. Gunakan pisau mentega, aduk perlahan campuran dulce de leche dan campuran krim kocok bersama-sama untuk membuat desain dekoratif.

7. Tutup dengan plastik pembungkus dan simpan dalam freezer hingga benar-benar mengeras, minimal 8 jam atau maksimal 12 jam. Taburi dengan garam laut, dan sajikan.

Waktu Persiapan: 15 menit
Waktu Pembekuan: 8 jam
Total Waktu: 8 jam 15 menit
Porsi: 6

Pilihan Editor: Benarkah Sarapan Es Krim Bisa Membuat Bahagia, Simak Penjelasan Ahli

ALL RECIPES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."