Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Wajah, Bisa Jadi Sunscreen Bahan Alami

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi minyak kelapa untuk  Bioavtur. antaranews.com

Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai produk perawatan kulit serbaguna, minyak kelapa dapat membantu Anda mendapatkan tampilan kulit kecokelatan yang menawan. Jadi, jika Anda memiliki minyak kelapa, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah perawatan kulit. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan penyamakan yang halus dan alami, ini adalah pilihan yang tepat.

Meskipun minyak kelapa tidak dapat secara langsung melindungi Anda dari sengatan matahari, minyak ini dapat berfungsi sebagai alternatif yang baik untuk minyak penyamakan sintetis dan menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan memberikan perlindungan ringan dari sinar matahari yang berbahaya. Namun, penting untuk tidak menggunakannya sendiri, tetapi bersama dengan SPF untuk penyamakan.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan minyak kelapa: 

Ambil beberapa tetes minyak kelapa, gosokkan ke telapak tangan Anda, dan pijatkan ke seluruh tubuh Anda. Anda dapat menuangkan minyak kelapa ke dalam botol pompa jika Anda pergi ke pantai dan ingin menggunakannya lebih dari sekali.

Jika Anda pergi ke pantai, pastikan untuk mengenakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri Anda dari efek berbahaya sinar matahari.

Berjemurlah di bawah sinar matahari untuk mendapatkan kulit kecokelatan yang indah, tetapi pastikan untuk tidak berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 20 menit, atau kulit Anda dapat rusak.

Jika digunakan dengan tepat, perawatan kulit dengan minyak kelapa bisa aman, tetapi penting untuk mengenali keterbatasannya dan mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan.

Manfaat minyak kelapa akibat sinar matahari adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Warna Kulit

Anda dapat meningkatkan dan memperdalam warna kulit Anda dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit Anda sebelum keluar di bawah sinar matahari. Ini adalah cara yang luar biasa untuk menyerap sinar matahari dengan lebih baik, sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih merata dan tahan lama. Minyak kelapa berguna untuk mempertahankan warna kulit. Kualitas pelembabnya menjaga kulit agar tidak kering, yang dapat mempercepat memudarnya warna kulit.

2. Perlindungan Kulit Alami

Antioksidan yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Minyak ini meredakan kulit terbakar, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan kulit setelah terlalu banyak terpapar sinar matahari. Khasiat antiperadangan minyak kelapa membantu menenangkan dan menyejukkan kulit, mengurangi iritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh penyamakan atau sengatan matahari.

3. Bertindak Sebagai Suncreen Alami

Saat dioleskan ke kulit, SPF rendah minyak kelapa (sekitar 1-3) memberikan perlindungan dari kerusakan sinar UV. Minyak kelapa berfungsi sebagai tabir surya alami dengan mengurangi kemungkinan terbakar matahari dan penyamakan tambahan (2).

4. Meningkatkan Kelembapan Kulit

Minyak kelapa adalah pelembap kuat yang membantu menghidrasi kulit. Penyamakan biasanya mengeringkan kulit dan membuatnya kasar. Pelembapan menyeluruh menjaga kulit tetap lembut dan kenyal serta mencegah kekeringan, yang penting untuk kulit yang kecokelatan.

5. Meningkatkan Perbaikan Kulit

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Minyak kelapa membantu menenangkan sengatan matahari, mengurangi kemerahan, dan mempercepat penyembuhan kulit setelah paparan sinar matahari yang berlebihan.

6. Memiliki Efek Anti-Penuaan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak kelapa, seperti vitamin E, membantu melawan radikal bebas, yang menyebabkan penuaan dini. Minyak kelapa membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang terkait dengan paparan sinar matahari, menjaga kulit tetap muda dan bercahaya. 

7. Membantu Memudarkan Garis-Garis Kecokelatan

Mengoleskan minyak kelapa secara teratur pada garis-garis kecokelatan dapat membantu memudarkannya seiring waktu, membuat kulit tampak lebih merata warnanya.

Hal terbaik tentang minyak kelapa adalah manfaat dan kegunaannya yang tidak terbatas — minyak kelapa dapat digunakan pada rambut, kulit, dan untuk memasak. Ditambah lagi, bahkan dalam dunia perawatan kulit, minyak kelapa dapat membantu menghilangkan kecokelatan dan mendapatkan tampilan kecokelatan. Di bawah ini kami telah menjelaskan secara rinci berbagai manfaat perawatan kulit dari penggunaan minyak kelapa untuk menghilangkan kecokelatan dan mendapatkan kulit yang bersinar.

Pilihan Editor: Perawatan Rambut dengan Bahan Alami, dari Minyak Kelapa Hingga Madu

PINK VILLA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."