9 Gejala Cacar Monyet pada Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi MPOX. Shutterstock

Ilustrasi MPOX. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anak-anak dan orang-orang dengan kekebalan yang lemah memiliki risiko lebih besar dari gejala cacar monyet atau monkey pox (Mpox) yang parah, sesuai WHO. Penting untuk memperhatikan gejala cacar monyet pada anak Anda.

Sebelum sampai ke sana, ketahui dulu anak-anak dan remaja terinfeksi Mpox melalui kontak dengan orang atau hewan yang terinfeksi atau dengan bahan yang terkontaminasi. Kontak kulit ke kulit selama pelukan, pengasuhan, atau berbagi tempat tidur dapat menyebarkan Mpox pada anak-anak.

Dimungkinkan juga untuk mentransmisikan virus melintasi plasenta dalam rahim atau kontak selama proses persalinan, kontak dengan cairan tubuh dan sekresi pernapasan pasien dengan Mpox atau dengan fomit yang terkontaminasi dan kontak seksual.

Gejala biasanya dimulai dalam 21 hari setelah paparan virus, tetapi dapat memakan waktu 3 hingga 10 hari untuk muncul. Kebanyakan orang pulih tanpa perawatan setelah beberapa minggu.

Gejala-gejala Mpox pada Anak 

1. Gejala seperti flu

Demam, nyeri otot dan sakit tenggorokan adalah gejala awal cacar monyet yang muncul. Gejala seperti flu dapat termasuk kedinginan dan keringat disertai demam.

2. Ruam

Anak-anak atau remaja dengan ruam yang muncul di wajah terlebih dahulu dan kemudian terbentuk di seluruh tubuh termasuk gejala monkey pox. Ini berkembang dari lesi maculopapular ke vesikel, pustula, dan akhirnya keropeng.

Menurut laporan MMWR (Laporan Morbiditas dan Mortalitas Mingguan), distribusi ruam pada anak-anak sebagian besar ada di wajah dan tidak ada anak yang kurang dari 12 tahun mengalami ruam pada organ genital atau lesi anogenital. Sebaliknya, sebagian besar remaja disajikan dengan lesi anogenital.

3. Kelelahan dan sakit kepala

Orang dengan infeksi Mpox sering melaporkan kelelahan dan sakit kepala.

4. Kesulitan menelan

Kesulitan menelan dapat terjadi ketika terdapat lesi orofaring. Biasanya muncul di bibir, lidah, langit-langit keras atau lembut, uvula, atau lantai mulut.

5. Pembengkakan kelopak mata

Lesi intraokular, pembengkakan kelopak mata, atau kerak kelopak mata dapat terjadi ketika ada lesi di dekat atau di mata pasien. Ini dapat terjadi ketika seorang pasien menyentuh area ini dengan tangan mereka setelah menyentuh lesi.

6. Nyeri punggung

Anak-anak yang terinfeksi monkey pox juga mengalami sakit punggung. Gejala biasanya muncul dalam 5-21 hari setelah paparan.

7. Kelelahan

Energi rendah atau kelelahan adalah gejala umum cacar monyet.

8. Nyeri sendi

Beberapa anak juga mengalami nyeri sendi pasca terinfeksi cacar monyet.

9. Kelenjar getah bening bengkak

Kelenjar getah bening yang bengkak, juga dikenal sebagai limfadenopati sering terjadi pada infeksi tersebut dan merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda bekerja untuk melawan infeksi, virus, atau bakteri.

Itulah sederet gejala cacar monyet pada panak yang perlu diwaspadai.

Pilihan Editor: Terkena Cacar Monyet, Simak Cara Merawat Kulit dan Meminimalkan Bekas Luka

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."