4 Tanda Bullying Emosional dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perundungan atau bullying tak hanya soal fisik, tapi juga emosional. Dalam hubungan, bullying emosional mungkin tersamarkan sebagai pasangan yang protektif dan penuh perhatian, tetapi rasa tidak aman dan obsesi mereka dapat meninggalkan bekas luka yang dalam. Pasangan yang merupakan pengganggu emosional akan memanipulasi pada setiap langkah, meremehkan prestasi Anda, bahkan mengontrol pilihan Anda.

Dari mengendalikan keuangan hingga pilihan mode, pasangan yang melakukan bullying emosional akan mencoba mendominasi setiap aspek kehidupan Anda. Berikut tanda bullying emosional dalam hubungan.

1. Pasangan Selalu Meragukan Keputusan Anda

Pasangan yang melakukan bullying emosional sering menggunakan metode paksaan untuk membatasi kebebasan Anda dan membuat Anda menerima permintaan mereka. Dia akan membuat Anda memikirkan kembali keputusan Anda dan memanipulasi untuk mendengarkan apa yang dia katakan. Hal ini berujung Anda selalu meragukan keputusan Anda sendiri.

2. Selalu Mengkritik

Pelaku bullying emosional selalu mencari-cari kesalahan dalam segala hal dan apa pun yang Anda lakukan dari tugas rumah tangga hingga cara berpakaian.

Dia biasanya memalukan orang dengan menyerang rasa tidak aman dan dapat menyebabkan kerusakan emosional yang besar. Hal ini dapat meninggalkan bekas luka emosional yang dalam. Mengontrol dan membatasi kebebasan pasangan yang berlebihan adalah tanda intimidasi.

3. Ancaman Verbal

Pasangan yang melakukan bullying emosional sering menggunakan ancaman dalam hal tindakan dan kata-kata. Dia sering menciptakan ketakutan dalam pikiran orang lain dengan pelecehan verbal atau menciptakan adegan untuk membuktikan keunggulan mereka atau membuat orang lain merasa kecil. Ledakan kekerasan ini dapat membuat pasangan mengalami trauma.

4. Gaslighting

Memanipulasi pasangan mereka dengan meyakinkan mereka bahwa mereka salah menafsirkan sesuatu atau 'terlalu sensitif' termasuk tanda bullying emosional. Dia dapat mengalihkan kesalahan kepada pasangan dengan mengatakan bahwa pasangan yang memprovokasi mereka melakukan hal itu.

Bullying emosional kadang-kadang bisa halus dan sulit dikenali. Tapi percayalah pada intuisi Anda ketika kebebasan Anda dibatasi dalam suatu hubungan, itulah tanda bullying emosional dalam hubungan.

Pilihan Editor: 6 Tanda Anda Alami Kelelahan Emosional

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."