Bolehkah Tukar Tempat Duduk Pesawat di Tengah Penerbangan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kursi pesawat. Unsplash.com/Markus Winkler

Ilustrasi kursi pesawat. Unsplash.com/Markus Winkler

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTempat duduk di pesawat sudah ditentukan sebelum penumpang naik. Penumpang tak akan tahu orang yang berada di sebelahnya kecuali bepergian bersama dan memesan tempat duduk sebelumnya. Sering kali orang yang duduk di sebelah tidak terduga, entah membawa makanan berbau menyengat atau berperilaku tidak sopan yang membuat ingin pindah tempat duduk. 

Namun, bolehkah menukar tempat duduk di pesawat selama dalam penerbangan? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan penumpang, dan sering kali jawabannya tidak tegas. 

Menurut seorang pramugari Southwest di Reddit, yang menanggapi pertanyaan seorang pelancong yang penasaran tentang perubahan tempat duduk di tengah penerbangan, jawabannya adalah ya. Dan ada cara untuk melakukannya secara halus atau tidak terang-terangan. 

Menurut dia, caranya adalah dengan berpura-pura pergi ke kamar mandi. "Tanyakan kepada salah satu dari pramugari apakah ada kursi kosong lainnya, lalu duduk saja di sana,” kata pramugari itu. “Saya pernah membantu seseorang pindah karena orang di sebelahnya memiliki bau badan yang tidak sedap.”

Perlu Transparansi

Pramugari Jasmine Khadija juga mengonfirmasi kepada Travel + Leisure bahwa meminta perubahan kursi di pesawat boleh saja, tetapi diperlukan transparansi dari pihak penumpang serta koordinasi dari pihak pramugari.

“Bersikaplah jujur kepada awak pesawat,” katanya. “Beri tahu mereka apa yang Anda inginkan. Ini memberi kami kesempatan untuk mempertimbangkan semua sudut pandang situasi.”

Khadija, yang telah menjadi pramugari utama selama dua tahun, menyarankan untuk langsung berjalan ke dapur, tempat pramugari berada, untuk bertanya.

"Biarkan awak pesawat mengatur ulang tempat duduk dengan tepat dan strategis,” katanya. “Hal terakhir yang kami inginkan adalah menyinggung penumpang yang mengganggu Anda.” Awak pesawat akan menilai situasi dan membantu pindah, jika memungkinkan.

Namun, awak kabin tidak dapat melakukan apa pun jika penerbangannya penuh sesak, tetapi mungkin ada baiknya bertanya. Taktik pindah tempat duduk ini hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat, jika tampaknya memungkinkan untuk dilakukan, dan melakukannya tanpa mengganggu penumpang lain.

Pilihan Editor:  Alasan Kenapa Sederet Nomor Kursi Pesawat Ini Paling Dicari

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."