Mengenal Marie Antoinette, Ratu Prancis yang Dikaitkan dengan Erina Gudono

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Lukisan Marie Antoinette karya Elisabeth-Louise Vigee-Le Brun. Wikipedia

Lukisan Marie Antoinette karya Elisabeth-Louise Vigee-Le Brun. Wikipedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Marie Antoinette jadi salah satu topik yang tren di media sosial, terutama di Indonesia. Ratu Prancis itu menjadi pembicaraan karena Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep, putra Presiden Indonesia Joko Widodo.

Orang-orang mengaitkan sikap hedonistik Erina dengan sikap Marie Antoinette. Tapi siapa yang sebenarnya Ratu Prancis itu? Mari kita cari tahu lebih banyak tentang Marie Antoinette.

Kehidupan Awal Marie Antoinette

Marie Antoinette adalah Ratu Prancis dari tahun 1774 hingga 1793. Dia adalah salah satu tokoh kunci selama Revolusi Prancis dan secara terkenal dikaitkan dengan penurunan raja Prancis.

Lahir pada 2 November 1755, di Wina, Austria, Marie Antoinette adalah anak ke -15 Permaisuri Maria Theresa dan Kaisar Francis I dari Kekaisaran Romawi Suci, menurut History.com. Pada usia 15, ia menikah dengan Louis-Auguste, masa depan Raja Louis XVI dari Prancis, untuk memperkuat aliansi antara Habsburg (Austria) dan Prancis.

Pada 16 Mei 1770, upacara pernikahan kedua mereka diadakan di Kapel Kerajaan di Versailles. Itu adalah upacara mewah dan dihadiri oleh lebih dari 5.000 tamu.

Selanjutnya, setelah kematian Louis XV pada 1774, Louis-Auguste naik takhta sebagai Louis XVI. Sejak suaminya berkuasa, Antoinette menjadi Ratu Prancis ketika dia belum berusia 20 tahun, seperti yang dinyatakan di Britannica.

Marie Antoinette sebagai Ratu Prancis

Setelah menjadi ratu, Marie Antoinette diberikan kesempatan untuk mengambil peran di pengadilan oleh suaminya, Louis XVI. Meskipun demikian, reputasinya di mata masyarakat tetap jelas negatif.

Sejarah menjelaskan, bahwa karena beberapa tugas resmi, Marie Antoinette menghabiskan sebagian besar waktunya bersosialisasi dan memanjakan kegemarannya akan kemewahan. Gaya hidupnya yang mewah dan perilaku mewah menyebabkan kritik dari publik dan bahkan rumor palsu tentangnya.

Selain itu, gaya hidupnya yang mewah membuatnya mendapatkan julukan terkenal "Madame Déficit", meskipun Britannica mengungkapkan bahwa pemborosannya hanyalah kontributor kecil untuk hutang Prancis di tahun 1770 -an dan 80 -an.

Belum lagi, sedangkan dia juga terkenal karena dugaan kutipannya "biarkan mereka makan kue", atau "qu'ils mangent de la brioche", yang seharusnya diterjemahkan sebagai "biarkan mereka makan brioche", sebagai tanggapannya terhadapnya para petani yang kelaparan, para sarjana secara luas percaya bahwa dia tidak pernah benar-benar mengucapkan kata-kata itu, karena tidak ada bukti sejarah.

Bahkan, menurut sejarah, kutipan itu muncul di Jean-Jacques Rousseau's Confessions yang ditulis sekitar tahun 1766, ketika Antoinette masih pada usia 11 tahun.

Terlepas dari itu, titik balik kehidupan Marie Antoinette sebenarnya adalah urusan kalung berlian pada tahun 1785. Mengutip dari Château de Versailles, dia dituduh mengosongkan pundi-pundi kerajaan lebih jauh, tuduhan yang pada akhirnya terbukti salah.

Meskipun dia tidak bersalah, dia tidak dapat mendapatkan kembali kepercayaan publik. Selain itu, skandal ini tidak hanya merusak reputasinya tapi juga mengkatalisasi revolusi Prancis.

Akhir yang Tragis untuk Marie Antoinette

Marie Antoinette meninggal pada tahun 1793. Tepatnya, dia dipenuhi dengan pengadilan revolusioner mendapati kesalahannya atas kejahatan terhadap negara, kata Britannica.

Ketika Revolusi Prancis mendapatkan momentum, keluarga kerajaan gagal melarikan diri dan akhirnya ditangkap. Antoinette sendiri dipenjara di kuil pada 10 Agustus 1792. Setelah eksekusi suaminya pada Januari 1793, dia kemudian dipindahkan ke conciergerie.

Pada 14 Oktober 1793, ia menghadapi persidangan di hadapan Pengadilan Revolusi dan dihukum karena pengkhianatan. Dua hari kemudian, pada 16 Oktober 1793, pada usia 37, Marie Antoinette dieksekusi mati.

Pilihan Editor: 6 Fakta Menarik Erina Gudono, Istri Kaesang Pangarep

TEMPO ENGLISH | BRITANNICA | HISTORY.COM | CHÂTEAU DE VERSAILLES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."