Mengandung Antioksidan, Ini 9 Manfaat Kesehatan Kismis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Kismis Hitam/ANTARA/Shutterstock/Kriacho Oleksii

Ilustrasi Kismis Hitam/ANTARA/Shutterstock/Kriacho Oleksii

IKLAN

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tikus dengan osteoporosis telah memulihkan kehilangan tulang setelah mengonsumsi makanan utuh seperti plum kering (DP), buah ara, kurma, kismis, atau blueberry. Hal ini disebabkan oleh adanya mineral seperti kalsium dan boron dalam kismis yang mendukung kesehatan tulang.

 Asupan kalsium yang cukup sangat penting untuk menjaga tulang tetap kuat dan mencegah kondisi seperti osteoporosis. Boron, mineral lain yang ditemukan dalam kismis, juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan tulang. Oleh karena itu, konsumsi kismis dalam jangka panjang dapat membantu mencegah masalah kesehatan tulang yang berkaitan dengan usia karena seperempat porsi kismis mengandung lebih dari 25 miligram kalsium.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Faktor risiko kardiovaskular yang paling umum adalah gaya hidup yang tidak sehat dan genetika seseorang. Oleh karena itu, salah satu aspek gaya hidup adalah pola makan yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Oleh karena itu, menambahkan makanan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung seperti kismis sangatlah penting. Kismis mengandung kalium, mineral yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah. Kandungan serat dan fitokimia dalam kismis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Meskipun kismis menempel di gigi dan mengandung konsentrasi gula yang tinggi, kismis mungkin memiliki beberapa dampak yang bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda. Senyawa yang ditemukan dalam kismis, seperti asam oleanolat, dan fitokimia lainnya dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri mulut yang menghadirkan sifat antimikroba yang efektif. Meskipun kismis sendiri lengket, kismis tidak menempel terlalu lama di gigi. Oleh karena itu, tidak seperti kepercayaan tradisional, kismis memiliki potensi manfaat bagi kesehatan mulut yang dapat terwujud jika dikombinasikan dengan praktik kebersihan gigi yang baik. 

8. Membantu Mengelola Berat Badan

Kismis dapat menjadi camilan yang mengenyangkan dan mengenyangkan karena kandungan serat dan gula alaminya. Kismis juga padat nutrisi, mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Ada penelitian yang menyatakan adanya korelasi positif antara konsumsi kismis dan konsentrasi leptin plasma yang bertanggung jawab untuk menimbulkan rasa kenyang. Oleh karena itu, memasukkan porsi kismis dalam jumlah sedang ke dalam makanan Anda dapat membantu mengelola berat badan dengan menahan rasa lapar, dan menyediakan nutrisi penting. Gula alaminya yang sangat tinggi juga menyediakan banyak energi dengan cepat, menjadikannya tambahan yang praktis dan lezat untuk diet penurunan berat badan Anda 

9. Pemulihan Pasca-Olahraga

Gula alami dalam kismis, termasuk glukosa dan fruktosa, menyediakan sumber energi yang cepat dan mudah dicerna. Hal ini menjadikan kismis sebagai camilan yang ideal untuk meningkatkan energi dengan cepat, terutama selama aktivitas fisik atau sebagai camilan pasca-olahraga. Mengonsumsi kismis setelah aktivitas fisik membantu mengisi kembali simpanan glikogen dan menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk pemulihan

Pilihan Editor: Selain Menyehatkan, Ngemil Kismis dan Kacang Almond Bantu Turunkan Berat Badan

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."