Seberapa Sering Harus Membersihkan Kuas Makeup?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi foundation dan kuas makeup. Pixabay.com

Ilustrasi foundation dan kuas makeup. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebersihan kuas makeup salah satu kunci wajah sehat dan bersinar. Sebab jika Anda membiarkan kuas makeup kotor dipakai dalam rutinitas riasan berarti Anda menambah kotoran dan bakteri menumpuk di wajah. Tentunya hal itu sangat dihindari bagi kaum hawa, terlebih bagi pemilik kulit yang rentan jerawat atau berminyak.

Oleh karena itu, penting kita seberapa sering harus membersihkan kuas makeup dan cara membersihkannya yang tepat. Berikut rekomendasi para dokter kulit

Seberapa sering Anda harus membersihkan kuas makeup?

Menurut para ahli, Anda harus membersihkan kuas makeup setidaknya sekali seminggu dan beberapa kali seminggu jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan jerawat.

"Membersihkan kuas makeup lebih sering, sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu, dapat membantu mencegah jerawat dan iritasi kulit," kata Hope Mitchell, dokter kulit bersertifikat dan salah satu pendiri Mitchell Dermatology dikutip dari laman Well+Good.

Meskipun Anda tidak perlu mencuci kuas makeup setiap usai digunakan, dokter kulit Pooja Rambhia merekomendasikan untuk mencuci kuas makeup usai memakai foundation atau concealer. Mengapa?Karena produk cair yang berat dapat menampung bakteri lebih cepat daripada formula bubuk.

"Ini sangat penting untuk kulit jerawat atau lebih berminyak karena sikat makeup kotor dapat memicu jerawat," katanya.

Jika Anda memakai produk kering seperti bubuk, mencuci kuas makeup seminggu sekali tidak masalah.

Dokter Pollara mengingatkan jika kuas makeup hanya dipakai untuk diri sendiri, hindari mencuci setiap kali usai digunakan karena bisa merusak kualitas kuas.

Apa yang terjadi jika tidak rutin membersihkan kuas makeup?

Menurut dokter Mitchell, tidak mencuci kuas makeup secara teratur dapat menjadikannya tempat berkembang biak bakteri, minyak, dan sel-sel kulit mati, yang dapat menyebabkan pori-pori, jerawat, serta iritasi kulit lainnya. Mitchell juga menambahkan bahwa kuas makeup kotor dapat memengaruhi penerapan riasan Anda, yang mengarah ke hasil akhir yang tidak rata.

Hal yang sama berlaku untuk setiap spons atau beauty blender, menurut dokter Rambhia.

"Satu studi menemukan pertumbuhan berlebih dari Staphylococcus aureus, Enterobacteriaceae, dan jamur dalam beauty blender," katanya.

Rambia menjelaskan bahwa mikroorganisme ini dapat menyebabkan jerawat infeksi kulit, dan bahkan memicu kondisi kulit radang lainnya seperti eksim.

Cara terbaik untuk membersihkan kuas makeup

Para ahli merekomendasikan beberapa metode untuk membersihkan kuas makeup Anda, termasuk pembersihan ganda.

Pertama, gunakan micellar water atau pembersih berbasis minyak untuk membantu menghilangkan produk yang menempel di kuas makeup. Selanjutnya, basahi bulu-bulu kuas makeup, oleskan pembersih ringan, cuci hingga berbusa, dan bilas. Penting untuk dibilas dengan air hangat sampai tidak ada gelembung, lalu peras bulu dengan lembut.

Kemudian, Anda dapat menyemprotkan alkohol ke bulu kuas makeup dan meletakkannya di atas handuk bersih hingga kering. Atau Anda juga bisa meletakkan kuas makeup dalam posisi tegak di dalam cangkir. "Posisi Ini membantu mencegah air masuk ke pegangan kuas dan menciptakan kerusakan," katanya.

Pilihan Editor: Selain Kuas Makeup, 9 Produk Kecantikan Ini Jangan Dipinjamkan

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."