Urutan Memakai Skincare Malam yang Benar Menurut Ahli, Lengkap!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi skincare pouch atau makeup pouch. Freepik.com

Ilustrasi skincare pouch atau makeup pouch. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ahli kulit menganjurkan agar perawatan kulit seperti pembersihan dan pengencangan atau pengelupasan kulit, diikuti dengan menerapkan produk dari paling ringan hingga terberat. Ini membantu bahan-bahan utama menembus kulit. Biasanya perempuan memakai skincare di pagi dan malam hari. Lantas, bagaimana urutan skincare malam? Yuk simak penjelasannya!

1. Pembersih makeup berbasis minyak

Urutan skincare malam yang pertama yaitu cleansing. Pembersih riasan berbasis minyak dapat melarutkan minyak kulit alami dan memecah bahan makeup berminyak. Cara menggunakannya dengan mengikuti instruksi produk tertentu atau yang digunakan. 

Mereka mungkin menyarankan Anda untuk menggunakan penghapus riasan pada kulit basah atau kering. Setelah diterapkan, pijat sampai kulit bersih, lalu bilas dengan air.

Lewati langkah ini jika Anda tidak memakai riasan, memiliki kulit berminyak, atau lebih suka menggunakan produk berbasis air.

2. Pembersih wajah berbasis air

Step skincare malam selanjutnya masih cleansing. Pembersih wajah berbasis air bereaksi dengan riasan dan kotoran pada kulit, memungkinkan semuanya dibilas dengan air. Cara menggunakannya dengan mengikuti instruksi. 

Biasanya, Anda akan menerapkannya pada kulit basah, pijat, dan bilas. Lewati langkah ini jika Anda tidak melakukan pembersihan ganda atau double cleansing.

Pilih formula lembut dengan pH netral. Ini membantu menjaga kesehatan penghalang alami kulit Anda. Hindari menggosok wajah Anda terlalu keras saat membersihkan. Menggunakan terlalu banyak kekuatan dapat mengiritasi kulit Anda.

3. Eksfoliasi atau clay mask

Pengelupasan menghilangkan sel-sel kulit mati saat membersihkan pori-pori. Masker tanah liat bekerja untuk membuka pori-pori, tapi juga dapat menyerap minyak berlebih. 

Topeng ini paling baik diterapkan sebagai skincare malam hari untuk menghilangkan sisa kotoran dan membantu kulit menyerap produk lain. Gunakan masker tanah liat sekali atau dua kali per minggu, baik di seluruh wajah Anda atau pada bidang masalah tertentu. Biarkan untuk waktu yang disarankan, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Lewati pengelupasan kulit jika kulit Anda sudah teriritasi. Pengelupasan dapat mempengaruhi sensitivitas matahari Anda, jadi pastikan untuk mengenakan tabir surya pada siang hari setelah pengelupasan kulit.

4. Mist hidrasi atau toner

Kabut yang menghidrasi atau toner menandai akhir rutinitas pembersihan malam hari Anda. Cari bahan humektan, seperti asam laktat, asam hialuronat, dan gliserin, untuk memberi kulit dorongan kelembaban.

Cara Menggunakannya yaitu dengan menyemprotkan di atas wajah Anda sebagai rangkaian skincare malam. Untuk toner, oleskan produk ke kapas dan geser di atas kulit. Hindari penggunaan toner yang berlebihan dengan alkohol tingkat tinggi, karena dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan pada penghalang kulit Anda.

5. Perawatan asam wajah

Perawatan asam wajah dapat mendorong pergantian sel. Pemula mungkin ingin mencoba asam glikolat. Pilihan lain termasuk asam salisilat penghilang jerawat dan asam hialuronat pelembab. Seiring waktu, Anda harus melihat kulit yang lebih cerah dan lebih merata.

Cara menggunakannya, mulailah sekali seminggu dengan tujuan menggunakannya setiap malam. Lakukan tes pada kulit setidaknya 24 jam sebelum penggunaan pertama. Tambahkan beberapa tetes solusi ke kapas dan sapu di wajah, menghindari area mata.

Lewati langkah ini jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau memiliki reaksi terhadap asam tertentu. Pilih perawatan asam pada skincare malam yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

6. Serum atau esensi

Serum menghasilkan bahan-bahan yang kuat langsung ke kulit. Vitamin E sangat bagus untuk kulit kering, sementara antioksidan seperti ekstrak teh hijau dapat membantu kulit kusam. Jika Anda cenderung berjerawat, cobalah retinol atau vitamin C.

Cara Menggunakannya dengan melakukan uji tambalan 24 jam sebelum menggunakan serum atau esensi baru. Cukup oleskan yang berbasis air sebelum yang berbasis minyak dan tunggu sekitar 30 detik di antara masing-masing.

Pilih serum yang memberikan manfaat kebutuhan kulit Anda, seperti untuk anti-oksidan, pelembab, pencerah, atau pengurangan bekas jerawat, sebagai skincare malam.

7. Perawatan bekas jerawat 

Urutan skincare malam selanjutnya adalah untuk bekas jerawat. Pastikan kulit Anda bersih. Oleskan sejumlah kecil produk dan biarkan kering. Lewati langkah ini jika Anda bebas spot.

Pastikan untuk menghindari jerawat muncul, cacat, dan whitehead sendiri. Produk ini dapat menyebabkan jaringan parut, memperkenalkan bakteri, dan mendorong nanah lebih jauh di bawah kulit. Jika Anda tidak melihat peningkatan dalam 4 hingga 6 minggu, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter kulit.

8. Hidrasi serum

Serum hidrasi menambah kelembaban tanpa menyumbat pori-pori. Cara Menggunakannya: hidrator yang kuat ini tersedia dalam berbagai bentuk.

Beberapa serum yang lain adalah topeng yang lebih tebal, dan beberapa dapat dibiarkan semalaman. Jika ini masalahnya, terapkan di akhir rutinitas Anda. Cukup ikuti instruksi pada paket.

Pastikan untuk mendinginkan masker lembar sebelum menggunakannya dan nikmati beberapa manfaat anti-inflamasi tambahan dalam rangkaian skincare malam Anda.

9. Krim mata

Krim mata sebagai skincare malam lebih kaya untuk membantu meningkatkan masalah yang berhubungan dengan penampilan seperti kelelahan dan garis-garis halus. Cari peptida dan antioksidan konsentrasi tinggi.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan sejumlah kecil krim ke area mata dan oleskan.

Lewati langkah ini jika pelembab atau serum Anda dapat digunakan dengan aman dan efektif di bawah mata Anda. Pastikan untuk mengoleskan krim mata dengan tangan bersih atau aplikator bersih dan dengan lembut menepuk kulit daripada menggosoknya, yang dapat berkontribusi pada penuaan dan kerusakan kulit.

10. Face oil

Tahapan skincare malam berikutnya yaitu face oil, yang bagus untuk kulit kering atau dehidrasi. Malam adalah waktu terbaik untuk mengoleskan minyak yang lebih tebal yang dapat menghasilkan kulit mengkilap yang tidak diinginkan.

Cara menggunakannya: tepuk beberapa tetes ke kulit. Untuk hasil terbaik, hindari menerapkan produk lain di atas. Pastikan untuk membersihkan secara menyeluruh keesokan paginya untuk menghilangkan residu dari produk yang lebih berat.

11. Krim malam

Krim malam adalah langkah terakhir opsional skincare malam, tapi bisa bermanfaat. Sementara krim siang hari melindungi kulit, pelembab yang kaya ini membantu perbaikan sel. 

Lewati langkah ini jika kulit Anda sudah terlihat dan terasa terbaik. Pastikan untuk menguji sedikit ke kulit sebelum mengaplikasikannya semalaman untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi.

Nah, Sahabat Cantika, itulah urutan skincare malam yang dianjurkan oleh ahli kulit. Kamu bisa menyederhanakannya menjadi tiga tahap dengan memilih perawatan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: Cara Double Cleansing yang Tepat Menurut Para Ahli, Agar Skin Barrier tetap Sehat

HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."