Profil Singkat Pengurus Bidang Kajian dan Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sinur Linda Gustina (kiri), FM Venusiana R, dan Linggarsari Suharso. Para pengurus Bidang I Srikandi BUMN. Foto: Srikandi BUMN, Telkom.

Sinur Linda Gustina (kiri), FM Venusiana R, dan Linggarsari Suharso. Para pengurus Bidang I Srikandi BUMN. Foto: Srikandi BUMN, Telkom.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Srikandi BUMN adalah komunitas perempuan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mereka saling mendukung dalam berkarya dan berprestasi dengan beragam peran, baik sebagai ibu, istri, maupun pekerja.

Dikutip dari laman srikandibumn.org, tujuan dari komunitas ini yaitu untuk memberi wadah bagi perempuan berkarya di BUMN agar dapat saling mendukung, membangun kapasitas, mampu beradaptasi, serta menjaga keseimbangan perannya.

Pengurus Srikandi BUMN periode 2021-2024 dikukuhkan pada 7 April 2021 oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Ketua Srikandi BUMN yakni Tina Kemala Intan.

Selain pengurus inti seperti ketua, wakil, sekretaris, dan bendahara, ada beberapa pengurus yang mengisi bidang-bidang seperti bidang kajian dan pendampingan perempuan, pendidikan dan pengembangan, kesehatan dan kesejahteraan, komunikasi dan kerjasama, serta sosial masyarakat.

Dikutip dari laman Srikandi BUMN, secara umum tugas Ketua Bidang adalah mengkoordinasikan dan mengorganisasikan seluruh penyelenggara program kerja di sub-bidang yang berada dalam pengurusannya dan mempertanggungjawabkan kepada Ketua Srikandi BUMN.

Pekan lalu kita sudah bahas profil para pengurus inti Srikandi BUMN, pekan ini Cantika jabarkan para pengurus bidang I – Kajian dan Pendampingan Perempuan BUMN.

Kegiatan utama bidang Kajian Perempuan adalah melakukan kajian atas isu dan kondisi terkini terkait perempuan termasuk mencari praktik terbaik yang ada di lingkungan BUMN dan lainnya untuk mendukung kebijakan bidang perempuan

Kegiatan utama bidang Pendampiangan Perempuan adalah untuk mendukung isu kesetaraan gender dan hak perempuan yang terjadi di tempat kerja guna merespon bias gender, misalnya anggapan bahwa perempuan tidak mampu atau tidak pantas melakukan pekerjaan tertentu, selain tentang pelecehan kepada perempuan (Quid Pro Quo Harassment atau Hostile Work Environment).

Berikut para pengurus bidang I – Kajian dan Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN:

1. FM Venusiana R

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, FM Venusiana R, juga Ketua I Kajian dan Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN. Foto: Dok. Telkom.co.id.

FM Venusiana R adalah Ketua I Kajian dan Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN. Saat ini dia menjabat sebagai Direktur Business and Enterprise Service Telkom Indonesia, diangkat melalui Rapat Umum Pemegang Saham pada 30 Mei 2023.

Dikutip dari Telkom.co.id, Venusiana sebelumnya menjabat sebagai Direktur Consumer Service Telkom Indonesia 2022-2023 dan sebagai Direktur Network Telkomsel pada Januari 2020-Juni 2020. Dia juga pernah menjabat sebagai Vice President Direktur Telkomsel untuk pengadaan pada 2017-2019 dan pemasaran konsumen tahun 2016-2017.

Venusiana merupakan lulusan dari Universitas Diponegoro tahun 1992 dengan gelar sarjana Teknik Elektro dan dari Universitas Hasanuddin pada tahun 2004 dengan gelar magister di bidang manajemen. 

2. Sinur Linda Gustina

Direktur Strategi Korporasi dan HCM PT PP (Persero), Sinur Linda Gustina, dan Koordinator Bidang Kajian Perempuan Srikandi BUMN. Foto: Dok. Srikandi BUMN.

Sinur Linda Gustina adalah Koordinator Bidang Kajian Perempuan Srikandi BUMN. Dia merupakan Direktur Strategi Korporasi dan HCM PT PP (Persero).

Jabatan ini membawahi tiga bidang strategi korporasi, yakni strategi dan teknologi, bisnis development dan portofolio management, serta human capital, yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2020, pada 25 Mei 2021 yang lalu.

3. Lussy Ariani Seba

Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia (Persero), Lussy Ariani Seba. Juga Direktur Sumber Daya Manusia Srikandi BUMN. Foto: Dok. Ptsi.co.id.

Lussy adalah Wakil Koordinator Bidang Kajian Perempuan Srikandi BUMN. Dia sebagai Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia (Persero).

Lussy Ariani Seba lahir di Bandung, 29 Agustus 1974. Mengawali karier sebagai Staf Pratama Satu di PT Jasa Marga (Persero) Tbk, hingga akhirnya menjabat sebagai Vice President Human Capital Development dan Group Head Jasa Marga Learning Institute. 

Selama berkarir di Jasa Marga tercatat berbagai penghargaan telah berhasil diraih antara lain 2nd Best Human Capital of The Year 2018 dan Best of Human Capital Initiative on Career Management 2015. Disamping itu, Lussy juga terlibat aktif dalam berbagai organisasi salah satunya yaitu Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

4. Linggarsari Suharso

Direktur SDM & Umum PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo), Linggarsari Suharso. Juga Koordinator Bidang Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN. Foto: Dok. Srikandi BUMN.

Linggarsari Suharso saat ini menjadi Koordinator Bidang Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN. Dia memegang jabatan sebagai Direktur SDM & Umum PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo).

5. Friderica Widyasari Dewi

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi. Juga Wakil Koordinator Bidang Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN. Foto: Wikipedia.

Wakil Koordinator Bidang Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN itu adalah anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022 -2027 sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen merangkap anggota.

Dia lebih akrab disapa Kiki Widyasari, lahir pada 28 November 197. Friderica ditetapkan secara mufakat oleh Komisi XI DPR setelah lolos uji kelayakan dan kepatutan tes calon anggota DK OJK periode 2022-2027. 

Sebelum berkarier di industri jasa keuangan, Friderica pernah berperan sebagai aktris dan berperan dalam berbagai judul sinetron.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 5 profil singkat pengurus bidang I – Kajian dan Pendampingan Perempuan Srikandi BUMN. Semoga menginspirasi, ya!

Pilihan Editor: Daftar Perempuan Pemimpin BUMN, dari Nicke Widyawati hingga Fetty Kwartati

BERBAGAI SUMBER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."