Selain Wat Arun, Ini 6 Kuil yang Wajib Disambangi saat Liburan ke Bangkok

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Dua wanita menggunakan pakaian tradisional menikmati es krim, berbentuk seperti ubin di kuil Wat Arun atau Kuil Fajar, di Bangkok, Thailand, 8 Juli 2023. Es krim, dengan santan kacang kupu-kupu dan teh susu Thailand, meniru piring keramik biru dan detail bunga pagoda. REUTERS/Athit Perawongmetha

Dua wanita menggunakan pakaian tradisional menikmati es krim, berbentuk seperti ubin di kuil Wat Arun atau Kuil Fajar, di Bangkok, Thailand, 8 Juli 2023. Es krim, dengan santan kacang kupu-kupu dan teh susu Thailand, meniru piring keramik biru dan detail bunga pagoda. REUTERS/Athit Perawongmetha

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuil atau wat salah satu destinasi favorit para wisatawan saat berlibur ke Bangkok, ibu kota Thailand. Dengan kunjungan tersebut, wisatawan mengetahui sekilas inti dan jiwa spiritualitas Thailand. Waktu terbaik untuk mengunjungi kuil-kuil di Bangkok adalah pagi hari saat cuaca lebih sejuk, dan jumlah wisatawan yang datang pun masih relatiif sedikit.

Untuk soal akses, sebaiknya gunakan transportasi umum untuk menuju kuil-kuil di Bangkok karena relatif cepat dan mudah. Seperti tuk-tuk, taksi, BTS (Sky Train), MRT (Subway), dan taksi sungai. Jalur Kereta Bandara Bangkok dari Bandawa Suvarnabhumi juga terkoneksi dengan Jalur Biru MRT dan Jalur BTS Sukhumvit.

Rekomendasi Kuil-kuil di Bangkok

1. Wat Arun

Salah satu kuil populer di Bangkok adalah Wat Arun yang terletak di Thonburi, di tepi Sungai Chao Phraya. Kuil ini seperti karya seni, dengan patung-patung indah, warna-warna cerah, potongan-potongan kecil keramik Tiongkok, patung-patung porselen mengkilap, dan puncak menara yang menjulang tinggi.

Setelah puas mengagumi keindahannya, Anda dapat mencoba naik taksi air dari Dermaga Tha Tien menjelajahi Museum Siam, dan kunjungi Museum Nasional Bangkok.

2. Wat Phra Kaew 

Kuil yang dianggap paling suci di Bangkok ini juga dikenal sebagai Wat Phra Si Rattana Satsadaram. Letaknya di dalam kawasan Grand Palace, jadi bisa sambil mengunjungi Grand Palace, Saranrom Palace, dan kunjungi Museum of Siam di dekatnya.

Wa Phra Kew memiliki patung Buddha yang terbuat dari sepotong batu giok, dan menggunakan hiasan berlian dan emas. Patung tersebut didatangkan dari Chiang Rai pada tahun 1464. Kuil ini juga memiliki patung-patung prajurit, arsitektur yang luar biasa, dengan mural yang menggambarkan kisah hidup Buddha, episode dari kisah Ramakien, dan peribahasa tradisional. 

3. Wat Pho 

Kuil Wat Pho, merupakan kuil tertua di Bangkok yang terletak di Pulau Rattanakosin. Kuil ini sangat populer karena terdapat koleksi patung dan patung Buddha terbesar di Thailand. Patung Buddha berbaring berlapis emas sepanjang 46 meter yang ikonik ini menarik ribuan wisatawan setiap hari.

Di dalamnya juga terdapat plakat bergambar yang menjelaskan berbagai subjek, termasuk Yoga, sejarah, leksikografi, sastra, Budha, peribahasa, adat istiadat, kesehatan, dan pengobatan.

4. Wat Paknam Bhasicharoen

Saat traveling ke Bangkok, Anda juga wajib mengunjungi Wat Paknam Bhasicharoen. Di dalam kuil ini terdapat patung Besar Buddha terbesar di Bangkok. Selain patung setinggi 92 meter itu juga terdapat stupa kaca setinggi 8 m, museum, patung Buddha, hingga ruang mediasi.

5. Wat Benchamabophit

Wat Benchamabophit salah satu kulit paling dihormati di Thailand, dan sering disebut Kuil Marmer. Bangunan yang gambarnya menghiasi uang koin 5 baht itu, juga dianggap mahakarya arsitektur Thailand. Kuil ini terbuat dari marmer Carrera Italia, interior kuil menampilkan palang emas dan pernis, dengan dinding menampilkan lukisan stupa dari seluruh Thailand.

Di dalamnya terdapat 52 patung Buddha di aula pertemuan, dan abu Raja Rama V dikuburkan di bawah patung Buddha bergaya Sukhothai. Setelah menjelajahi Wat Benchamabophit, bisa menyusuri Pasar Ratchawat, habiskan malam berbelanja di Pasar Akhir Pekan Chatuchak, dan tonton pertandingan di Rajadamnern Thai Boxing Stadium.

6. Wat Saket

Wat Saket atau Gunung Emang juga merupakan salah satu kuil paling populer dan tertua di Thailand. Kuil ini memiliki daya tarik titik pandang unik di puncak bukit buatan manusia. Wisatawan yang datang ke kuil ini tidak hanya untuk tujuan keagamaan, tetapi juga untuk menikmati pemandangan Bangkok yang menakjubkan. 

7. Wat Traimit

Wat Traimit terlihat sederhana dari luar, tapi kuil ini memiliki patung Buddha emas terbesar di dunia, sehingga menjadi tempat wisata populer di Bangkok. Patung tersebut ditemukan pada tahun 1950-an, saat para pekerja membongkar apa yang mereka pikir sebagai patung Buddha berbahan dasar plester. Ternyata itu adalah patung Buddharupa Sikap Maravijaya abad ke-13 yang terbuat dari emas murni, beratnya sekitar 5,5 ton. Patung itu ditutupi untuk mengelabui penjajah agar tidak menjarah kuil. 

Itulah deretan kuil di Bangkok yang sayang untuk dilewatkan.

Pilihan Editor: Louis Vuitton Buka Restoran di Bangkok, Ada Aturan Berbusana untuk Tamu

NIA PRATIWI | TRAVEL AND LEISURE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."