Apa Manfaat Vitamin C dan Hyaluronic Acid yang Digunakan secara Bersamaan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah bahan dalam perawatan kulit atau skincare yang boleh digunakan secara bersamaan, salah satunya vitamin C dan hyaluronic acid atau asam hialuronat. Kedua bahan ini bisa saling melengkapi dalam menjaga kesehatan kulit. Bagaimana cara kerjanya dan apa saja manfaatnya? Yuk, luangkan waktu sejenak menyusuri pemaparan dokter kulit.

Apa itu Vitamin C?

Vitamin C, atau asam askorbat, adalah antioksidan yang kuat untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dan polusi udara. Vitamin C juga menghambat produksi melanin, yang membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, menurut dokter Hannah Kopelman.

Vitamin C dapat ditemukan di banyak produk perawatan kulit yang berbeda, tetapi kemungkinan besar Anda akan menemukannya dalam serum. Menurut dokter Kopelman dan dokter kulit Richard Lucariello, berikut beberapa manfaat vitamin C dalam perawatan kulit:

- Melindungi kulit dari radikal bebas.

- Mencegah dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

- Bikin kulit lebih cerah.

- Meningkatkan tekstur kulit.

- Mengurangi bintik-bintik gelap dengan menghambat produksi melanin berlebih.

- Mengurangi penampilan lingkaran hitam di bawah mata.

- Mendukung sintesis kolagen alami kulit, yang membantu mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan.

Saat menambahkan vitamin C ke rutinitas perawatan kulit, dokter Kopelman menyarankan Anda memulai dengan produk yang memiliki konsentrasi vitamin C sekitar 10-15 persen. Ini memberi Anda kesempatan untuk melihat bagaimana kulit Anda menoleransi bahan sebelum beralih ke konsentrasi yang lebih tinggi.

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Hyaluronic acid adalah bahan perawatan kulit umum lainnya yang berperan menghidrasi. "Hyaluronic acid bertindak sebagai humektan, menarik kelembapan dari lingkungan ke permukaan kulit seperti spons, menurut dokter Lucariello.

"Molekul asam hialuronat dapat mempertahankan hingga 1.000 kali beratnya dalam air, membuat mereka sangat efektif dalam melembapkan kulit," ucapnya dikutip dari laman Byrdie, 27 Agustus 2024.

Beberapa manfaat yang mungkin dapat dicapai orang saat menggunakan asam hialuronat meliputi:

Dengan sifat menghidrasi kulit, hyaluronic acid membantu meningkatkan tekstur kulit, membuatnya terlihat lebih lentur dan halus. Selain itu, asam hialuronat melindungi penghalang kulit dan mencegah hilangnya kelembapan serta mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan.

Secara umum, asam hialuronat adalah pilihan yang baik untuk semua jenis kulit, termasuk orang dengan kulit yang sensitif atau rentan jerawat, kata dokter Kopelman.

Manfaat Vitamin C dan Hyaluronic Acid Dipakai Bersamaan

Vitamin C dan hyaluronic acid dapat menjadi duo yang efektif dalam rutinitas perawatan kulit Anda. "Mereka saling melengkapi dengan baik, vitamin C memberikan perlindungan antioksidan dan efek mencerahkan, sementara asam hialuronat memastikan kulit tetap terhidrasi dalam," ucap dokter Kopelman.

Dokter Lucariello menekankan bahwa ketika asam hialuronat dan vitamin C digunakan bersama semakin meningkatkan efektivitas masing-masing.

"Ketika vitamin C dan asam hialuronat digabungkan, mereka menciptakan duo yang kuat dalam mengoptimalkan hasil dibandingkan dengan menggunakannya secara terpisah," kata dokter Lucariello.

"Karena sifat anti-penuaan yang kuat, bahan-bahan ini saling melengkapi secara efektif, yang mengarah pada peningkatan yang signifikan dalam kesehatan dan penampilan kulit," ujarnya.

Cara Penggunaan Vitamin C dan Hyaluronic Acid secara Bersamaan

Setelah membersihkan wajah, mulailah dengan menerapkan serum vitamin C, yang membantu melindungi terhadap kerusakan lingkungan sepanjang hari. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikan serum asam hialuronat untuk mengunci kelembapan, saran dokter Kopelman.

"Vitamin C dapat digunakan setiap hari, dan asam hialuronat dapat diaplikasikan baik di pagi dan malam hari," ujar dokter Kopelman. "Setelah menerapkan serum ini, gunakan pelembap untuk menyegel hidrasi dan selalu selesai dengan tabir surya di pagi hari untuk melindungi kulit dari kerusakan UV."

Kesimpulannya, vitamin C dan hyaluronic acid dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dalam banyak hal. Hyaluronic acid membantu menawarkan hidrasi dosis berat, sementara vitamin C melindungi kulit dari radikal bebas, memperlambat tanda-tanda penuaan kulit, dan meratakan warna kulit. Jika Anda tidak yakin apakah salah satu dari bahan perawatan kulit ini tepat untuk Anda, konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat untuk mempelajari lebih lanjut.

Pilihan Editor: Dear Pemilik Kulit Sensitif, Ini Panduan Pakai Serum Vitamin C

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."