4 Tips Berkencan dengan Highly Sensitive Person

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berkencan dengan orang yang sangat sensitif atau highly sensitive person (HSP) dapat menjadi pengalaman yang luar biasa karena mereka sangat mencintai, menjadi akomodatif yang tak terbatas dan memahami Anda lebih baik daripada kebanyakan orang dalam hidup Anda. Namun, ini tidak berarti bahwa mereka tidak ingin dipahami atau dirawat.

Menurut suatu penelitian, 20 persen dari populasi dunia adalah orang yang sangat sensitif (HSP), yang berarti mereka diberkati dengan dunia batin yang kaya dan memiliki sensitivitas yang meningkat terhadap lingkungan mereka.

Mereka merasakan tingkat empati yang tinggi terhadap orang-orang di sekitar mereka, bijaksana tentang orang lain, dan seringkali terlalu terstimulasi.

Jika Anda berkencan dengan highly sensitive person, itu adalah kesempatan untuk bersama seseorang yang akan memahami Anda dan merawat emosi Anda. Namun, bersama orang yang sangat sensitif juga mengharuskan Anda untuk memahami kebutuhan batin pasangan Anda melalui komunikasi yang efektif dan memberi mereka ruang yang cukup untuk berkembang.

Tips Berkencan dengan Highly Sensitive Person

1. Jadilah pendengar yang baik

Highly sensitive person pandai memahami isyarat non-verbal dan itulah cara mereka secara naluriah mengetahui apa yang Anda butuhkan. Penting untuk berkomunikasi secara efektif dan menjadi pendengar yang baik bagi mereka sehingga Anda tahu apa preferensi mereka. Memahami sifat unik mereka akan memperkuat ikatan Anda dengan pasangan.

2. Beri mereka sedikit ruang

Orang yang sangat sensitif butuh waktu memproses emosi dan situasi. Naluri pertama mereka adalah kewalahan dengan informasi dan orang-orang yang mengelilingi mereka. Meskipun saat bersama pasangan highly sensitive person serba salah, kadang-kadang mereka membutuhkan ruang untuk berpikir dan menyelesaikan emosi mereka.

3. Beri kejutan untuk berdua saja

Orang yang sangat sensitif merasakan emosi negatif atau positif secara intens. Mengajak mereka ke tamasya mengejutkan atau memberi mereka kado kejutan yang terkait dengan hasrat mereka, akan membuat mereka merasa lebih hidup dan positif. Melakukan hal-hal sederhana seperti membuat secangkir teh untuk mereka atau berbagi pekerjaan rumah tangga mereka akan sangat membantu.

4. Mengakui emosi mereka

Orang yang sangat sensitif mungkin merasakan emosi lebih dalam daripada yang lain. Ini tidak berarti bahwa mereka tidak praktis atau bereaksi berlebihan. Menolak emosi mereka atau memberi tahu mereka bahwa mereka terlalu banyak berpikir dapat membuat mereka semakin hancur. Bahkan jika Anda tidak dapat menawarkan solusi kepada mereka, beri tahu mereka bahwa Anda memahami apa yang mereka rasakan.

Pilihan Editor: Kencan di Usia 30-an, Berikut 5 Kesalahan yang Perlu Dihindari

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."