5 Fakta Menarik Paralimpiade Paris 2024: Jersey hingga Target Medali Tim Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Kostum para atlet yang akan berlaga di Paralimpiade Paris 2024/Ikat by Didiet Maulana

Kostum para atlet yang akan berlaga di Paralimpiade Paris 2024/Ikat by Didiet Maulana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kontingen Indonesia bersiap memulai laga di Paralimpiade Paris 2024. Mereka sudah tiba di Paris pada Kamis, 22 Agustus lalu dan disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar di Bandara Charles da Gaulle, Paris.

Para atlet telah menjalani pemusatan latihan nasional di Solo sejak November 2023 hingga Agustus 2024. Bahkan, 16 anggota tim dari cabang olahraga boccia dan panahan telah lebih dulu berangkat ke Kota Mode untuk menjalani pelatihan lebih intensif.

Paralimpiade Paris 2024 sendiri diadakan pada 28 Agustus hingga 8 September 2024. Total ada 4.400 atlet dari 23 cabang olahraga yang bakal memperebutkan medali emas dalam ajang multievent empat tahunan tersebut.

Berikut lima fakta menarik Paralimpiade Paris 2024, mulai jadwal pembukaan hingga target medali tim Indonesia:

1. Jadwal Pembukaan

Pembukaan Paralimpiade Paris 2024 akan digelar di sepanjang Avenue des Champs-Elysees di Paris dan akan berakhir di Place de la Concorde pada hari ini Rabu, 28 Agustus 2024. Ini merupakan pertama kalinya upacara pembukaan berlangsung di luar stadion.

Acaranya berlangsung pada pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 22.30 WIB. Pertunjukan tersebut akan menampilkan para atlet Paralimpiade dan nilai-nilai inspiratif yang mereka wujudkan.

2. Wakil Indonesia

Indonesia mencetak sejarah baru di Paralimpiade Paris 2024 dengan mengirim total 35 atlet. Ini menjadi jumlah kontingen terbesar Tim Merah Putih sepanjang keikutsertaannya dalam ajang multievent empat tahunan tersebut.

Perwakilan Skuad Merah Putih tersebar di 10 cabang olahraga berbeda yang terdiri dari para panahan (5), para atletik (5), para bulu tangkis (9), boccia (4), para balap sepeda (1), judo tunanetra (3), para angkat berat (3), para menembak (1), para renang (3), dan para tenis meja (1).

3. Target Medali

Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024 ditargetkan meraih enam medali dalam ajang tersebut. Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto mengungkapkan detail target medalinya adalah satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Namun, Rima yakin para atlet Indonesia dapat melebihi target yang ditetapkan. "Saya yakin mereka bisa bikin kejutan. Ken Swagumilang (atlet para panahan) di beberapa event terakhir sering tarung di final melawan peringkat satu dunia," ujar dia dikutip dari Antara.

4. Bonus Peraih Medali

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memastikan bonus dari pemerintah untuk peraih medali Paralimpiade Paris 2024 akan semua dengan atlet peraih medali di Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya, bonus untuk atlet peraih emas Olimpiade Paris sebesar Rp 6 miliar, atlet peraih medali perunggu Rp 1,65 miliar, pelatih peraih medali emas Rp 2,75 miliar, pelatih peraih perunggu Rp 675 juta.

5. Desain Unik Jersey

Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 mengenakan jersey kolaborasi brand lokal Mills dengan desainer Didiet Maulana yang bertajuk Sandya Niskala. Desainnya menyematkan unsur motif tenun ikat yang merepresentasikan kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia.

Pada motifnya juga terdapat pola geometris yang beralur seperti gelombang laut yang dinamis yang terinspirasi dari Indonesia sebagai negara kepulauan.

Kombinasi warna pada desain motif juga terinspirasi dari lambang Garuda Pancasila yang terdiri dari warna merah, putih, kuning emas, serta abu-abu dengan warna putih sebagai dasar jersey.

Itu dia 5 fakta menarik ajang olahraga internasional, Paralimpiade Paris 2024 yang sudah dimulai. Yuk, dukung atlet kita!

Pilihan Editor: Sandy Niskala Karya Didiet Maulana jadi Tema Busana Atlet Paralympic Indonesia, Apa Maknanya?

OLYMPICS | KEMENPORA | ANTARA | MITRA TARIGAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."