5 Makanan yang Mendukung Kesehatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sup tomat. Shutterstock

Ilustrasi sup tomat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti makanan tertentu yang dapat memperburuk kesehatan kulit, ada beberapa makanan yang mendukung kesehatan kulit, menurut ahli diet terdaftar Carolina Schneider. Makanan kaya zinc, seperti biji labu, lentil, kacang, dan kacang mete termasuk deretan makanan yag mendukung kesehatan kulit dengan mengatur produksi minyak dan mengurangi peradangan.

Tak cuma itu, makanan kaya zinc juga dapat membantu untuk mengobati hormon yang tidak seimbang, yang cenderung mengiritasi kulit.

"Zinc berperan dalam mengendalikan produksi minyak, karena menurunkan jumlah hormon pria (androgen) yang dapat berkontribusi pada jerawat dan kulit berminyak," kata Schneider dikutip dari Real Simple, Rabu, 27 Agustus 2024.

Perlu diketahui juga perubahan warna dan jaringan parut juga dapat diperangi oleh makanan yang kita makan, terutama makanan yang tinggi antioksidan, protein, dan vitamin.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut sejumlah makanan yang mendukung kesehatan kulit.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak-seperti salmon dan ikan sarden kaya bahan-bahan anti-inflamasi, menurut Holiday Durham, ahli diet terdaftar di Amway.

Ilustrasi ikan salmon. Foto: Unsplash/Caroline Attwood

“Omega-3 berperan dalam mempertahankan penghalang lipid kulit, yang berperan penting untuk hidrasi dan perlindungan terhadap kerusakan lingkungan,” ucapnya. Dikonsumsi bersama salad atau dipanggang lambat, ikan berlemak adalah makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit.

2. Tomat

Ilustrasi tomat. shutterstock.com

Tak hanya lezat dan bahan masakan serbaguna, tomat juga dapat meningkatkan tekstur kulit, menurut dokter kulit MacRene Alexiades. “Likopen dalam tomat, terbukti meningkatkan tekstur dan kualitas kulit,” ucapnya.

Tubuh kita rentan terhadap stres oksidatif, juga dikenal sebagai ketidakseimbangan antioksidan, di situlah peran likopen yang dapat mengurangi efek samping fisik dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

3. Kacang kenari

Ilustrasi kacang kenari. Foto: Pixabay.com/LubosHouska

Kacang kenari kaya asam lemak omega-3 dan zinc, yang keduanya sangat penting untuk kesehatan kulit.

"Omega-3 dapat membantu menjaga penghalang kelembapan kulit, sementara zinc penting untuk penyembuhan kulit," ujar Durham.

Tambahkan segenggam kenari ke sarapan, makan siang, atau makan malam Anda dan perhatikan bagaimana tekstur kulit Anda tumbuh lebih halus dari waktu ke waktu.

4. Paprika

Paprika Merah

Paprika termasuk makanan yang tinggi vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Tak cuma itu, karotenoid dalam paprika, seperti beta-karoten, juga membantu melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari, menjaga kulit tetap sehat dan lebih bersemangat.

5. Biji bunga matahari

biji bunga matahari (pixabay.com)

Makanan kaya gizi ini tidak hanya membantu mencapai kulit sehat, tapi juga dapat melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Biji bunga matahari atau kuaci kaya vitamin E, antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan mendukung penyembuhan dan regenerasi kulit.

Itulah beberapa makanan yang mendukung kesehatan kulit rekomendasi ahli diet dan dokter kulit.

Pilihan Editor: 6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit: Tampak Bercahaya dan Awet Muda

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."