Resep Pasta Zucchini Tanpa Krim, Simpel dan Mudah Dibuat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasta saus putih. Pixabay.com/Ailinder

Ilustrasi pasta saus putih. Pixabay.com/Ailinder

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nikmati cita rasa Amalfi dengan pasta zucchini-pecorino yang lembut dengan sedikit air, pasta ini menghasilkan saus lembut tanpa krim, sehingga menjadi hidangan yang sederhana. Dari Pantai Amalfi Italia, pasta alla nerano menyajikan pasta panjang dan tipis yang dicampur dengan saus lembut yang dibuat dengan zucchini yang dihaluskan. Ini adalah hidangan yang elegan namun mudah dibuat, mewah, tetapi tidak berat.

Dalam resep dari buku masak "Milk Street 365: The All-Purpose Cookbook for Every Day of the Year," bisa menggunakan sedikit air untuk memasak pasta, lalu mencampur sebagian cairan bertepung dengan zukini tumis yang lembut dan bawang putih keemasan untuk menciptakan konsistensi lembut tanpa krim. 

Memasak pasta dengan air yang lebih sedikit dari yang biasanya dibutuhkan akan memusatkan pati yang keluar dari mi. Cairan bertepung super itu dapat digunakan untuk membuat saus yang lebih lembut dan lebih kental tanpa perlu tambahan susu.

Carilah zukini yang berukuran sedang, atau yang beratnya sekitar 8 ons masing-masing, karena zukini yang lebih besar bisa jadi terlalu banyak bijinya. Zucchini berukuran sedang menghasilkan korek api dengan panjang yang pas untuk hidangan ini. Dan pastikan untuk mencari sepotong pecorino dan memarutnya sendiri. Rasanya akan lebih segar dan lebih nikmat daripada keju yang dibeli yang sudah diparut.

Jika Anda memiliki blender celup, blender ini cocok untuk membuat bubur zucchini-bawang putih; cukup pindahkan bahan-bahan ke mangkuk sedang dan campurkan. Setelah halus, masukkan kembali campuran ke dalam panci. Masak dan aduk dengan pasta yang sudah ditiriskan, mentega, pecorino, basil, dan air pasta tambahan hingga campuran menjadi lembut dan pasta sedikit bersaus, tambahkan lebih banyak air pasta sesuai kebutuhan jika campuran terlihat kental dan kering. 

Resep Pasta dengan Saus Pecorino-Zucchini dan Kemangi

Bahan-bahan:

Zukini ukuran sedang
Spageti 
Garam dan lada hitam bubuk
3 sendok makan minyak zaitun murni, ditambah lagi untuk penyajian
3 siung bawang putih ukuran sedang, dihancurkan dan dikupas
2 sendok makan mentega asin, dipotong menjadi 2 bagian
2 ons keju pecorino Romano, diparut halus (1 cangkir), ditambah lagi untuk penyajian
½ cangkir kemangi segar yang dipadatkan, dicincang

Cara membuat: 

1. Iris tipis zukini secara diagonal. Tumpuk beberapa irisan dan potong memanjang menjadi korek api. Ulangi dengan irisan yang tersisa; sisihkan zukini.

2. Dalam panci besar, didihkan 3 liter air. Tambahkan spageti dan 2 sendok teh garam, lalu masak, aduk sesekali, hingga al dente. Sisihkan sekitar 1½ cangkir air rebusan, lalu tiriskan; sisihkan.

3. Dalam panci yang sama, campurkan minyak dan bawang putih. Masak dengan api sedang, aduk, hingga bawang putih berwarna cokelat keemasan, 1 hingga 2 menit. Pindahkan bawang putih ke piring kecil, lalu tambahkan zukini ke dalam panci. Masak, aduk sesekali, hingga zukini berwarna cokelat muda dan cukup lunak untuk dihaluskan dengan garpu, 10 hingga 12 menit. Angkat panci dari api.

4. Masukkan setengah zukini ke dalam blender bersama bawang putih dan ½ cangkir air pasta yang disisihkan. Haluskan hingga campurannya halus, sekitar 30 detik.

5. Tambahkan pasta yang dihaluskan, pasta yang sudah ditiriskan, mentega, pecorino, basil, dan ½ cangkir air pasta yang disisihkan ke dalam zucchini di dalam panci. Masak dengan api sedang, aduk, hingga panas merata dan campurannya lembut dan pastanya sedikit bersaus, 2 hingga 3 menit; tambahkan lebih banyak air pasta yang disisihkan sesuai kebutuhan jika campurannya terlihat kental dan kering. Matikan api, cicipi, dan bumbui dengan garam dan merica. 

6. Sajikan dengan tambahan minyak dan keju tambahan.

Pilihan Editor: Tips Memasak Pasta Pakai Microwave, Perhatikan Waktu dan Volume Air

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."