Gaya Fashion Etnik Tina Toon Dilantik jadi Anggota DPRD, Pakai Kebaya Jumputan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tina Toon/Foto: Instagram/Tina Toon

Tina Toon/Foto: Instagram/Tina Toon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebanyak 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Jakarta terpilih resmi dilantik di ruang rapat Paripurna Gedung DPRD DKI Jakarta, pada 22 Agustus 2024. Di antaranya ada sederet nama-nama publik figur seperti Tina Toon hingga Astrid Kuya.

Nama-nama yang dilantik adalah legislator terpilih saat Pemilu 2024 sesuai Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri Nomor 100.2.14-3395 tahun 2024 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD DKI Jakarta masa jabatan 2024 sampai 2029. 

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi membuka prosesi pelantikan tersebut. "Para calon anggota DPRD hasil Pemilu 2024 sesaat lagi akan mengucapkan sumpah janji sebagai anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta masa jabatan 2024 sampai 2029," kata Pras dalam rapat Paripurna dikutip dalam siarang langsung channel YouTube DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Rincian anggota DPRD yang dilantik yakni PKS mendapat 18 kursi, PDI Perjuangant 15  kursi, partai Gerindra 14 kursi, NasDem 10 kursi, Golkar mendapatkan 10 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa 10 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 10 kursi, partai Demokrat 9 kursi, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) satu kursi dan Perindo satu kursi.

Adapun di antara daftar 106 nama calon terpilih anggota DPRD DKI dari sepuluh daerah pemilihan atau Dapil tersebut, terdapat nama-nama publik figur seperti, Agustina H alias Tina Toon yang diusung PDIP.

Agustina Hermanto alias Tina Toon lahir pada 20 Agustus 1993, artis cilik yang terkenal melalui lagu Bolo-Bolo dengan gerakan leher yang khas ini melanjutkan kariernya ke dunia politik setelah bergabung bersama PDI Perjuangan. Hingga pada 2019, Tina Toon terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dan terpilih kembali dalam periode masa jabatan 2024-2029.

Saat dilantik, Tina mengenakan kebaya jumputan atau dari bahan batik jumputan warna merah marun dan hitam dengan aksen putih dan kain lurik di bagian perut. Ia memadukannya dengan rok motif batik dan tas selempang rajut.  Sementara untuk riasan wajahnya no makeup look dari MUA Sam dengan memadukan smokey eyes dan lipstik nude. Wajahnya dibingkai cepol modern atau messy oleh Yihong Hair Stylist.

Mengenal Motif Jumputan 

Jumputan adalah teknik pemberian motif pada sebuah kain yang dilakukan dengan mengikat kain secara tradisional dan mencelupkannya pada larutan yang telah diberi zat warna. Ikatan kain secara tradisional yang kemudian dicelupkan ini akan menimbulkan reaksi antara serat kain dengan zat warna tersebut. Batik jumputan juga sering juga disebut dengan batik ikat celup karena proses pembuatannya dengan mengikat dan mencelupkan kain ke dalam pewarna.

Ada dua teknik membuat batik jumputan, yang pertama teknik ikat, dan yang kedua teknik jahitan. Benang yang digunakan untuk mengikat kain sebaiknya merupakan benang tebal dan uat sehingga menghalangi warna masuk kain, benang ang dipakai sebaiknya benang yang tebal dan kuat seperti benang plastik/sintesis.

Pilihan Editor: 4 Kali Rumahnya Tergenang Banjir, Ini Harapan Tina Toon

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."