5 Makanan Mengandung Zat Besi, Bantu Menambah Energi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sayuran. Unsplash.com/Inigo De la Maza

Ilustrasi sayuran. Unsplash.com/Inigo De la Maza

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan kesehatan atau Health kali ini, kita mengulik makanan mengandung zat besi. Dari segi manfaatnya untuk tubuh, zat besi adalah mineral penting untuk meningkatkan level energi, mempertajam konsentrasi, dan membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi adalah komponen kunci dari hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke setiap sel dalam tubuh.

"Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, orang mungkin mengalami kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi," ucap Carolina Schneider, penasihat gizi di Daily Harvest dikutip dari Real Simple.

Sebagai informasi, ada dua jenis zat besi yang dapat ditemukan dalam makanan, yaitu heme dan non-heme. Zat besi heme ditemukan dalam produk hewani-seperti daging, ikan, dan unggas. Sementara, zat besi non-heme ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Zat besi heme biasanya lebih mudah dicerna, tetapi menurut Schneider, zat besi non-heme dapat diserap dengan benar melalui satu nutrisi sederhana seperti vitamin C.

“Peras jus lemon pada salad bayam Anda, paprika, stroberi atau smoothie hijau bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi," katanya.

Berikut beberapa makanan mengandung zat besi yang bisa disertakan ke dalam menu harian.

1. Kacang

Kacang-kacangan banyak mengandung zat besi. Misalnya lentil, kacang-kacangan yang berasal dari Mediterania dan Timur Tengah ini memenuhi sekitar 36 persen zat besi dari kebutuhan harian.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam (70 persen kakao atau lebih tinggi) adalah camilan bergizi yang menyediakan antioksidan dan juga 19 persen dari kebutuhan harian zat besi per ons, menurut Schneider.

3. Quinoa

Quinoa tidak hanya tinggi protein, tetapi juga zat besi. Satu cangkir quinoa yang dimasak mengandung 15 persen dari jumlah besi yang direkomendasikan setiap hari, yang berarti semakin banyak Anda memasukkan ke dalam hidangan favorit Anda, semakin tinggi asupan zat besi Anda.

4. Biji labu

Biji labu juga termasuk sumber makanan mengandung zat besi. "Biji -biji ini adalah camilan bergizi dan mudah ditambahkan ke oatmeal, yogurt, atau salad," kata Schneider. Hanya satu ons biji labu panggang memenuhi 13 persen dari kebutuhan besi harian.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti collard greens, swiss chard, kale, dan bayam termasuk makanan mengandung zat besi. Sayuran tersebut mengandung 6 hingga 22 persen zat besi, tergantung pada hijau. Namun, sayuran hijau berdaun yang tidak dimasak dapat mengandung oksalat yang mengurangi kemungkinan penyerapan zat besi. Schneider merekomendasikan untuk memasak sayuran hijau dan memadukannya dengan makanan kaya vitamin C.

Pilihan Editor: Cegah Lemas dan Anemia, Ibu Hamil Harus Cukup Konsumsi Zat Besi

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."