Bukan Hanya Stylish, Simak 3 Tips Pakai Sepatu High Heels Agar Tetap Nyaman dan Aman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jenis high heels. Unsplash/Jaclyn Moy

Ilustrasi jenis high heels. Unsplash/Jaclyn Moy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pada suatu saat jika kamu menghadiri acara tertentu akan menemukan pakaian yang benar-benar membutuhkan sepasang sepatu high heels Mungkin kamu memiliki gaun formal yang akan terlihat lebih anggun dengan sepasang sepatu high heels atau kamu merasa penampilan kamu akan lebih bergaya dengan sepatu hak platform. 

Mungkin sudah lama sejak Anda mengenakan sepatu hak tinggi dan perlu penyegaran atau Anda baru pertama kali mengenakannya. Apa pun itu, kita semua dapat menggunakan beberapa kiat dan trik untuk berjalan dengan percaya diri dengan sepatu hak tinggi mulai dari yang sangat tinggi hingga yang mungil. 

Selain melangkahkan satu kaki di depan kaki lainnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan sepatu hak tinggi agar tetap aman dan nyaman. Berikut tips pakai sepatu high heels yang aman dan nyaman dari Veronyca Kwan, Wakil Presiden dan salah satu pendiri Bella Belle Shoes.

1. Temukan Sepatu High Heels yang Sesuai dengan Kamu 

Sebelum berjalan, penting untuk memilih sepasang sepatu hak dengan tinggi yang nyaman. Baik itu hak sedang atau hak tinggi, pertimbangkan tingkat kenyamanan Anda. "Jika Anda baru mengenal hak tinggi, mulailah dengan hak yang lebih rendah dan secara bertahap tingkatkan ke hak yang lebih tinggi," saran Kwan. 

"Awali dengan memilih hak yang pas dan memberikan dukungan yang baik, pastikan hak tersebut tidak menjepit atau tergelincir."

Kwan menyarankan untuk memulai dengan hak rendah atau hak blok. "Gaya ini menawarkan lebih banyak stabilitas dan dapat membantu Anda menyesuaikan diri secara bertahap untuk mengenakan hak tinggi." Jika Anda merasa lebih percaya diri, hak blok dengan tinggi sedang akan menjadi tempat yang bagus untuk memulai. Hak blok memiliki lebih banyak permukaan, jadi lebih kecil kemungkinannya untuk goyang saat Anda berjalan.

Meskipun hak rendah lebih ramping daripada hak blok, tingginya yang lebih pendek menawarkan keamanan karena lebih dekat ke tanah. Hak rendah menambahkan sedikit kesan feminin klasik jika penampilan Anda membutuhkan sepatu bergaya lebih formal, sementara hak blok mungkin lebih cocok untuk pakaian kasual. Ingin sedikit lebih tinggi dari sepatu hak rendah tetapi belum siap untuk sepatu hak tinggi yang tipis? Zurell merekomendasikan sepatu platform karena lebih mudah untuk berjalan daripada stiletto dengan tinggi yang sama, dan platform mengurangi sudut kaki Anda.

Hal terpenting yang perlu diingat saat memilih sepatu hak tinggi adalah mengenali tingkat kenyamanan Anda. Mengenakan sepatu hak tinggi yang akhirnya membuat Anda sengsara karena terlalu merepotkan untuk berjalan dapat membuat Anda enggan untuk mengenakan sepatu hak tinggi lagi.

2. Pertimbangkan Langkah Anda

Anda telah menemukan sepatu hak tinggi Anda dan siap untuk mencobanya. Dengan mempertimbangkan gaya tumit yang Anda pilih, pertimbangkan berbagai gerakan yang akan Anda lakukan untuk berjalan dengan percaya diri saat memakai sepatu. “Berlatihlah menjaga postur tubuh yang baik dengan berdiri tegak dengan bahu ditarik ke belakang dan melibatkan inti tubuh,” kata Kwan.

Zurell menambahkan, “Mulailah dengan berdiri dengan tumit dan biasakan diri dengan perasaan terangkat. Memilih sepasang sepatu dengan tali pergelangan kaki mungkin lebih baik sehingga Anda dapat mengembangkan rasa bahwa sepatu tersebut merupakan perpanjangan dari Anda.” Sekali lagi, tinggi tumit menentukan bagaimana Anda akan berjalan dengan sepatu. Tumit yang lebih rendah mendukung langkah Anda dengan menjaga kaki Anda tetap rata. 

“Saat memakai sepatu hak rendah, Anda biasanya dapat mengambil langkah yang sedikit lebih panjang dengan gerakan tumit-ke-jari kaki yang lebih alami,” kata Kwan. “Distribusi berat cenderung lebih seimbang antara tumit dan bola kaki, memungkinkan gerakan berjalan yang lebih nyaman dan stabil.”

Jika Anda siap untuk melangkah keluar dengan sepatu hak tinggi, Kwan memiliki beberapa kiat untuk diingat. “Stiletto membutuhkan langkah yang lebih pendek dan lebih terkendali untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas.” Karena lebih banyak beban yang bergeser ke arah telapak kaki, Kwan menyarankan kesadaran yang tajam akan keseimbangan dan postur tubuh untuk mencegah ketidaknyamanan atau ketidakstabilan. Bahkan mungkin membantu untuk menambahkan bantalan kaki kecil untuk meredam telapak kaki.

Saat mengenakan sepatu hak tinggi, Zurell mencatat bahwa sepatu ini membutuhkan lebih banyak keseimbangan dan kekuatan di betis dan pergelangan kaki. "Libatkan otot inti Anda sedikit lebih banyak untuk membantu menjaga stabilitas," tambahnya. "Saat memulai, akan sangat membantu untuk memiliki sesuatu di dekat Anda untuk disentuh ringan demi keseimbangan sampai Anda merasa lebih percaya diri."

3. Sering Latihan jadi Terbiasa 

Sekarang setelah Anda memiliki sepasang sepatu hak yang sempurna, saatnya untuk menerapkan langkah-langkah ini. Namun sebelum keluar, berputarlah di ruang tamu Anda untuk sesi latihan singkat. "Mulailah dengan berjalan di sekitar rumah Anda untuk membiasakan diri dengan sensasi sepatu hak tinggi, dengan fokus pada gerakan tumit-ke-ujung kaki yang halus pada setiap langkah," saran Kwan. "Perhatikan keseimbangan Anda, jaga berat badan Anda terpusat di atas tumit dan distribusikan secara merata di antara kedua kaki."

"Fokuslah untuk meletakkan tumit Anda terlebih dahulu, diikuti oleh telapak kaki Anda dan kemudian jari-jari kaki Anda. Gerakan berputar ini akan membantu Anda berjalan lebih alami," tambah Zurell. Setelah Anda terbiasa berjalan dalam garis lurus, Zurell menyarankan untuk menambahkan beberapa langkah agar benar-benar merasa seperti seorang catwalker profesional. 

Berlatihlah berputar dan berputar dengan tumit Anda. Ini akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan. Karena Anda mungkin tidak akan berjalan lurus di permukaan datar sepanjang hari, melakukan beberapa skenario berbeda akan membantu Anda merasa lebih percaya diri saat berada di dunia nyata.

“Setelah Anda merasa nyaman di dalam ruangan, cobalah berjalan di berbagai permukaan seperti karpet, lantai kayu, atau trotoar untuk beradaptasi dengan berbagai tekstur.”

Saat Anda berjalan, perhatikan bagaimana sepatu terasa di kaki Anda. Apakah ada selip di tumit Anda, atau apakah sepatu hak tinggi Anda terasa sedikit tidak stabil? Kwan menyarankan untuk menggunakan aksesori sepatu seperti sol gel atau penahan tumit untuk meningkatkan kenyamanan dan keseimbangan. Hal-hal kecil ini akan membuat berjalan dengan sepatu hak tinggi lebih nyaman dan mengurangi satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Lagi pula, Anda tidak ingin hanya fokus pada kaki Anda sepanjang hari.

Mengenakan sepatu hak tinggi, baik untuk pertama kali atau pertama kali dalam waktu yang lama, tidak harus terasa menakutkan. Luangkan waktu Anda untuk berlatih dengan sepatu yang paling cocok untuk Anda, dan jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai gaya. Anda ingin merasa nyaman dan aman saat memakai sepatu hak tinggi, dan pada akhirnya, langkah percaya diri itu adalah bagian terbaik dari penampilan Anda.

Pilihan Editor: Ungkapan Hati Brooke Shields Bisa Kembali Pakai High Heels usai Operasi Kaki

INSTYLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."