Cara Membersihkan Beauty Blender dengan Sabun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi beauty blender. Foto: Freepik.com

Ilustrasi beauty blender. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kebersihan alat makeup seperti beauty blender sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Sebab beauty blender yang kotor dapat menampung bakteri, minyak, dan sisa makeup sehingga bisa menyebabkan jerawat. Tak cuma itu, beauty blender yang kotor bisa membuat aplikasi riasan tidak menjadi rata. 

Maka dari itu, penting untuk membersihkan beauty blender secara rutin. Nah, kali ini kita mengulik cara membersihkan beauty blender dengan sabun.

Cara membersihkan beauty blender dengan sabun

Bahan

- Sabun cair lembut atau pembersih padat

- Air hangat

Langkah-langkah membersihkan

1. Mulailah dengan membasahi beauty blender dengan air hangat. Peras beberapa kali untuk memastikan itu sepenuhnya direndam.

2. Oleskan sedikit sabun cair atau gunakan pembersih padat langsung ke beauty blender. Fokus pada area yang memiliki penumpukan makeup terbanyak.

3. Pijat sabun dengan lembut ke dalam beauty blender menggunakan jari-jari. Peras dan gulung beauty blender untuk membuat busa, memastikan sabun menembus dalam-dalam.

4. Bilas beauty blender di bawah air yang mengalir hangat, remas berulang kali untuk menghilangkan sabun dan residu rias. Lanjutkan membilas sampai air mengalir jernih.

5. Peras air berlebih dengan handuk lembut dan bersih. Lalu biarkan beauty blender kering secara alami di tempat berventilasi baik. Pastikan tidak ada bintik-bintik lembap yang tersisa di spons, karena itu dapat menampung kuman jika diabaikan.

Metode pembersihan ini ideal untuk pembersihan rutin dan cukup lembut untuk mempertahankan tekstur beauty blender.

Untuk hasil yang optimal, disarankan untuk membersihkan beauty blender setelah setiap penggunaan. Pembersihan reguler mencegah penumpukan bakteri dan residu kosmetik, yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan mempengaruhi aplikasi makeup.

Tanda-Tanda Beauty Blender Perlu Diganti

Namun dengan pembersihan secara teratur, beauty blender memiliki umur yang terbatas. Rata-rata, beauty blender harus diganti setiap tiga hingga empat bulan. Tanda-tanda beauty blender perlu diganti:

- Robek: Jika beauty blender mulai robek atau kehilangan bentuknya, saatnya untuk mengganti dengan yang baru.

- Noda membandel: Jika noda membandel bahkan setelah pembersihan yang dalam, itu juga termasuk tanda beauty blender sebaiknya diganti.

- Perubahan tekstur: Jika beauty blender menjadi terlalu lunak, itu adalah tanda bahwa beauty blender rusak dan harus diganti.

Yang perlu kita ingat bersama menggunakan beauty blender yang usang dapat menyebabkan aplikasi makeup yang kurang efektif dan peningkatan risiko masalah kulit, jadi penting untuk menggantinya secara teratur.

Pilihan Editor: 7 Cara Memilih dan Memakai Beauty Blender bagi Pemula

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."