4 Hal Kecil yang Dapat Dilakukan Setiap Hari untuk Meningkatkan Kebugaran Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com/Katemangostar

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com/Katemangostar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang selalu sibuk, baik itu karena pekerjaan, sekolah, keluarga, atau semuanya. Itulah mengapa sangat penting untuk menemukan cara untuk bersantai dan menjaga kebugaran mental Anda.

Namun, bagaimana kita dapat melakukannya tanpa menambah beban pikiran?

Terapis berlisensi Cat Hoggard Wagley membagikan metode relaksasi andalannya yang dijamin dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Berikut uraiannya!

4 Hal Kecil yang Dapat Anda Lakukan Setiap Hari untuk Meningkatkan Kebugaran Mental Anda

1. Putuskan hubungan dengan pekerjaan Anda

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan mental, penting untuk memutuskan hubungan dengan pekerjaan Anda. Meluangkan waktu untuk memutuskan hubungan memungkinkan Anda untuk menekan tombol reset dan mengisi ulang tenaga Anda.

Cara terbaik untuk memutuskan hubungan adalah dengan mencatat pikiran Anda, jelas Wagley. Tulis tentang hari kerja Anda dan pikiran-pikiran yang masih tersisa. Tambahkan komentar atau pertanyaan yang ingin Anda simpan untuk hari kerja berikutnya, lalu tutup buku

Menulis jurnal memungkinkan Anda untuk merenung, yang dapat membantu Anda memproses dan kemudian melepaskan diri dari pikiran-pikiran Anda. Setelah menulis jurnal, luangkan waktu 30 menit untuk menonton TikTok atau bermain game.

Menikmati hiburan membantu mengalihkan perhatian kita dari pikiran-pikiran yang tidak bermanfaat, jelas Wagley.

Universitas Birmingham City juga menyarankan bahwa menikmati hiburan yang sehat adalah:

  • Sumber nasihat yang bagus
  • Membantu membangun koneksi sosial virtual
  • Meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan

2. Jalin hubungan kembali dengan orang-orang penting dalam hidup Anda

Cara lain untuk meningkatkan kesehatan mental Anda adalah dengan menjalin hubungan kembali dengan pasangan, teman, atau keluarga.

Cukup telepon seseorang atau mengobrol dengan pasangan Anda setelah bekerja, tapi pastikan untuk fokus pada percakapan dan hindari gangguan.

Seperti yang dinyatakan Better Health Channel, “Manfaat koneksi sosial dan kesehatan mental yang baik sangat banyak.”

Berhubungan dengan orang lain membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Selain itu, mereka yang memiliki hubungan yang kuat cenderung memiliki harga diri, empati, dan kepercayaan yang tinggi dalam hubungan. Better Health Channel juga melaporkan bahwa orang-orang dengan hubungan yang kuat memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Di sisi lain, kesepian dikaitkan dengan pola tidur yang lebih buruk, tekanan darah tinggi, dan tingkat stres yang lebih tinggi.

3. Ciptakan sesuatu yang baru

Sisihkan waktu 15-20 menit untuk berkreasi, saran Wagley. Baik itu menyusun teka-teki, melukis, menulis, atau menciptakan resep baru, membiarkan kreativitas mengalir sangat meningkatkan kesehatan mental Anda.

Menurut Diverus Health, menjadi kreatif dapat membantu meningkatkan emosi positif, mengurangi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu, kreativitas membantu melepaskan pikiran-pikiran yang tidak membantu yang mungkin masih Anda bawa dari pekerjaan Anda.

4. Luangkan waktu untuk fokus pada diri sendiri

Baik Anda berendam dalam bak mandi yang menenangkan atau asyik membaca buku yang bagus, mempraktikkan kesadaran memungkinkan Anda terhubung dengan lingkungan sekitar tanpa merasa tertekan untuk menciptakan sesuatu.

Luangkan waktu untuk diri sendiri, pastikan untuk mematikan semua perangkat elektronik. Intinya adalah untuk kembali ke realitas.

Menurut NIH News In Health, mereka yang mempraktikkan kesadaran memiliki antusiasme yang lebih besar terhadap kehidupan dan waktu yang lebih baik untuk bersantai. Selain itu, aktivitas seperti meditasi telah terbukti mengurangi kecemasan dan sikap agresif.

Baik Anda gemar meditasi, yoga, atau sekadar berolahraga, mempraktikkan teknik mindfulness setiap hari akan membantu Anda lebih mudah rileks.

Dengan memasukkan kegiatan-kegiatan ini ke dalam jadwal malam Anda dan mengaturnya, Anda memberi diri Anda waktu pribadi untuk rileks dan terhubung kembali dengan diri Anda sendiri. Seiring waktu, hal ini dapat menghasilkan kesehatan mental yang lebih baik.

Pilihan Editor: Benarkah Rasa Kesepian Memicu Mimpi Buruk dan Stres?

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."