Lakukan 5 Ini saat Pasangan Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Emosional Kamu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat kita berada dalam hubungan di mana kita terus-menerus merasa bahwa kebutuhan kita tidak terpenuhi oleh pasangan, hal itu bisa sangat membuat frustrasi. Frustrasi jangka panjang juga dapat menimbulkan kebencian. Secara perlahan, hal itu dapat menyebabkan hubungan emosional memudar.

Terapis Sadaf Siddiqi membagikan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah kebutuhan emosional tersebut dan mendapatkan kejelasan lebih dalam hubungan tersebut.

1. Negosiasi kebutuhan

Bertanya pada diri sendiri apakah kebutuhan tersebut dapat dinegosiasikan atau tidak dapat dinegosiasikan. Jika itu bukan salah satu kebutuhan inti, kita harus berusaha menerima bahwa pasangan tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Jika kebutuhan tersebut tidak dapat dinegosiasikan, kita harus mengerjakan langkah selanjutnya, seperti terapi pasangan, memberi ruang untuk satu sama lain, atau berpisah dari hubungan tersebut

2.  Kejelasan soal kebutuhan

Bertanya kepada pasangan tentang apa yang mereka tafsirkan sebagai kebutuhan – ini akan membantu kita memperoleh kejelasan tentang mengapa mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Sampaikan yang dibutuhkan 

Berupaya menemukan cara-cara kreatif atau contoh-contoh nyata untuk menjelaskan pentingnya kebutuhan kepada mitra, sehingga mereka dapat memahami pentingnya hal itu, bagi kita.

4. Membuat kompromi 

Harus bekerja sama dengan pasangan dalam menemukan titik temu sehingga kebutuhan kita berdua terpenuhi. Kita mungkin perlu membuat kompromi kecil untuk mewujudkan sesuatu

5.  Butuh waktu 

Ingat bahwa kebutuhan tidak akan terpenuhi segera setelah menjelaskan. Dalam hubungan dekat, pemahaman membutuhkan waktu, kompromi, dan percakapan berkelanjutan.

Pilihan Editor: Seperti Apa Tanda-tanda Pria dengan Red Flag? Mulai dari Cek Ponsel Pasangan

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."