Apakah Tisu Pembersih Makeup Bisa Menggantikan Pembersih Wajah?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai tisu pembersih makeup. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita memakai tisu pembersih makeup. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tisu pembersih makeup atau makeup wipes salah satu produk alternatif saat bepergian atau kondisi darurat. Meski menawarkan kemudahan karena tidak membutuhkan air, ringkas, dan harga lebih terjangkau, tisu pembersih makeup tidak bisa menggantikan produk pembersih riasan alias makeup dan wajah pada umumnya, menurut dokter kulit Marie Jihn.

"Tisu pembersih makeup bisa menghilangkan riasan dengan cepat. Namun, produk ini tidak bisa menggantikan pembersih wajah yang umum," kata Jhin dikutip dari laman Byrdie.

Sebab tisu pembersih makeup akan meninggalkan residu dan tidak membersihkan pori-pori secara optimal, sehingga bisa memciu berbagai masalah kulit. Sementara itu, pembersih wajah diciptakan secara khusus untuk membersihkan kulit wajah.

"Kebanyakan dokter kulit tidak akan merekomendasikan tisu pembersih makeup untuk membersihkan wajah Anda," ucapnya.

Cara Menggunakan Tisu Pembersih Makeup 

Cara terbaik untuk menggunakan tisu pembersih makeup adalah dalam dua langkah alias pembersihan ganda. Pertama, gosok tisu dengan lembut di wajah untuk menghilangkan riasan mata, kulit, dan bibir. Kemudian, diikuti dengan memakai produk pembersih wajah favorit Anda.

Efek Samping Tisu Pembersih Makeup 

Jika Anda hanya menggunakan tisu pembersih makeup, Anda mungkin mengalami berjerawat, kulit kering, atau iritasi. Sebab banyak tisu pembersih makeup di pasaran mengandung bahan kimia yang bisa berisiko dan berbahaya bagi kulit, seperti phthalate, paraben, wewangian, menurut dokter kulit Stefani Kappel.

Selain itu, banyak dari tisu ini dapat menyerap kelembapan kulit sehingga menganggu fungsi lapisan pelindung kulit atau skin barrier.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan tisu pembersih makeup sebagai langkah pertama, lakukanlah. Bukan semata-mata memakai tisu tersebut karena berisiko unutk kulit. Dan sekali, tisu pembersih makeup tidak bisa menggantikan pembersih wajah pada umumnya.

Pilihan Editor: Cara Double Cleansing yang Tepat Menurut Para Ahli, Agar Skin Barrier tetap Sehat

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."