Tertarik Bisnis Florist? Simak 7 Tips Ini bagi Pemula

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tips memulai bisnis florist. Foto: Canva

Tips memulai bisnis florist. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bisnis menjual dan merangkai bunga atau florist semakin dilirik banyak orang. Namun untuk memulainya, Anda perlu mengetahui tips memulai bisnis florist supaya bisnis tetap berjalan untuk waktu yang lama.

Permintaan rangkaian bunga untuk acara tertentu seperti acara pernikahan, lamaran, ulang tahun, kelulusan, hingga menjadi suvenir atau buket khusus untuk acara tertentu lainnya.

Meski cukup banyak permintaan, akan tetapi tak dipungkiri memulai bisnis florist berbeda dengan memulai bisnis makanan dan minuman atau bisnis pakaian. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan agar bisnis florist Anda berusia panjang.

7 Tips Memulai Bisnis Florist

Bagi orang yang memiliki kemampuan atau minat merangkai dan mendekorasi bunga, memulai bisnis florist menjadi impian. Supaya minat dan hobi ini menjadi ladang cuan, ketahui tips memulai bisnis florist berikut ini dikutip dari berbagai sumber.

1. Lakukan Riset secara Menyeluruh

Seperti bisnis pada umumnya, untuk memulainya Anda perlu melakukan riset secara menyeluruh. Mulai dari kelas keterampilan merangkai bunga, bahan dan alat yang dibutuhkan hingga riset tentang kompetitor dan target pasar.

Dari hasil riset tersebut Anda bisa memutuskan bisnis florist seperti apa yang diinginkan. Apakah bisnis florist yang menyediakan bunga untuk wisuda, dekorasi dan acara pernikahan atau keduanya.

2. Lengkapi Diri dengan Keterampilan

Tips pertama untuk memulai bisnis florist adalah dengan memiliki keterampilan merawat dan merangkai bunga jadi terlihat estetik dan indah. Namun bila belum, Anda bisa mengikuti kelas merangkai bunga dan mendapatkan sertifikat menjadi floristy.

3. Persiapkan Modal yang Cukup

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis florist cukup besar, yakni mulai dari Rp15 juta. Modal tersebut diperuntukkan untuk membeli mesin pendingin sebagai wadah untuk menyimpan bunga agar awet, membeli bunga, menyewa tempat, dan peralatan lainnya.

Bila cukup, Anda bisa mempersiapkan modal untuk mengembangkan website sendiri dan memanfaatkan digital marketing untuk memperluas jangkauan konsumen.

4. Tentukan Lokasi Bisnis

Setelah mengetahui tipe bisnis florist seperti apa, akan mempermudah Anda untuk menentukan lokasi gerai dan bentuk gerai bunganya. Apakah cukup dengan toko kecil yang berlokasi di pinggir kota atau di tengah kota.

5. Jalin Kerja Sama dengan Pemasok dan Distributor Bunga

Boleh saja menanam dan merawat sendiri bunga yang akan dijual. Namun, Anda akan membutuhkan waktu lebih hingga bunga siap dirangkai dan dijual. Alternatif cara lainnya dengan bekerja sama oleh pemasok atau distributor bunga berkualitas.

6. Pandai Melihat Momen Spesial

Selain mengirim rangkaian bunga untuk acara pernikahan atau kelulusan saja, kini lifestyle mengirim rangkaian bunga untuk momen spesial telah menjamur di Indonesia.

Masyarakat terbiasa mengirim bunga kepada sahabat atau kerabat yang berulang tahun atau membuka bisnis baru. 

Bahkan dalam perayaan tertentu seperti Hari Raya Keagamaan, Hari Valentine, Hari Kartini, dan Hari Ibu pun menjadi momen baik untuk mengirim rangkaian bunga kepada sahabat, kerabat dan rekan bisnis.

Jadi, buat jadwal momen-momen penting, kemudian susun campaign di media sosial untuk menarik lebih banyak konsumen membeli bunga di toko Anda.

7. Menjadi Anggota Wire Services

Tips terakhir yang tidak kalah penting yakni bergabung dengan wire services. Apa itu? Wire services merupakan komunitas penjual khusus yang menemukan pemilik bisnis di wilayah atau negara satu dengan negara lainnya.

Apabila ada konsumen di Indonesia yang ingin mengirimkan karangan bunga ke kenalannya yang ada di luar negeri bisa menghubungi Anda. 

Kemudian Anda bekerja sama dengan pemilik toko bunga di negara tersebut untuk mengirimkan karangan bunga sesuai pesanan.

Semoga tips memulai bisnis florist di atas bisa membantu, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 5 Tips Membangun Hubungan Bisnis yang Produktif

HERZANINDYA MAULIANTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."