10 Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital, SEO Specialist hingga Analyst

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempua bekerja di bidang digital. Foto: Freepik.com/RawPixel.com

Ilustrasi perempua bekerja di bidang digital. Foto: Freepik.com/RawPixel.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bisnis digital merupakan jurusan yang mempelajari hubungan aspek bisnis dengan teknologi informasi dan digital. Mahasiswa program studi bisnis digital akan berhadapan dengan beberapa mata kuliah, seperti Pengantar Bisnis, Pemasaran Internet, Perilaku Konsumen, E-commerce Business, hingga E-Marketing dan Customer Relationship Marketing (CRM).

Lantas, bagaimana prospek kerja jurusan bisnis digital? Berikut beberapa peluang kerja untuk jebolan jurusan bisnis digital yang perlu diketahui. 

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

1. Digital Marketer

Digital marketer atau digital marketing specialist bertugas untuk mengenali target pasar, membangun kesadaran merek, serta merancang dan mengelola kampanye pemasaran. 

Pekerja digital marketing akan memanfaatkan berbagai media elektronik, seperti website, surel (email), dan media sosial untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis perusahaan secara daring (online). 

2. Digital Business Consultant

Tugas utama digital business consultant adalah menyusun rancangan strategi digital untuk diterapkan pada berbagai jenis bisnis. 

Selain itu, sesuai dengan namanya, seorang konsultan bisnis digital juga bertindak sebagai pemberi solusi terhadap permasalahan klien terkait bisnis yang dilakoni. 

3. Digital Transformation Consultant

Digital transformation consultant berperan dalam menganalisis, memberi saran, dan memberi bimbingan terhadap sektor tertentu yang akan ditransformasikan menjadi teknologi digital. Misalnya, peningkatan efektivitas kerja layanan pelanggan yang sebelumnya menggunakan telepon secara manual, kini mudah dikerjakan dengan chatbot. 

4. Management Consultant

Konsultan manajemen harus membekali diri dengan pengetahuan mengenai strategi pemasaran, pengembangan organisasi, efisiensi operasional, hingga praktik organisasi. Pasalnya, profesional di bidang tersebut tidak hanya harus mampu memberi saran dan bimbingan, tetapi juga menawarkan solusi terkait manajemen. 

5. Analyst

Prospek kerja jurusan bisnis digital yang kini banyak digandrungi adalah business analyst, data analyst, dan digital business analyst. Profesi analis tersebut memiliki target dan objek yang berbeda-beda, tetapi secara umum pekerjaannya hampir sama, yaitu untuk menelaah peluang bisnis secara online. 

6. Business Development

Seorang business development harus dapat menguasai berbagai aspek yang berhubungan dengan bisnis, seperti strategi pemasaran, negosiasi, hingga manajemen keuangan. Peran itu memiliki tujuan utama untuk mengembangkan pasar dan membangun bisnis yang kuat. 

7. Manajer E-Commerce

Manajer e-commerce bertugas menyusun strategi yang berkaitan dengan perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan operasional platform bisnis. 

Mereka akan berkoordinasi dengan departemen IT untuk membuat perubahan tampilan web agar lebih menarik dan ramah pengguna. Namun, tugas terpentingnya adalah meningkatkan lalu lintas ke situs web yang berimbas pada penjualan. 

8. Product manager

Product manager bertanggung jawab terhadap keseluruhan strategi, mulai dari identifikasi produk potensial, riset pasar, memberikan spesifikasi, menentukan harga dan jadwal produksi, hingga mengembangkan metode pemasaran. 

Seorang manajer produk harus mampu berinovasi guna menghadirkan fitur baru dan melakukan perbaikan terhadap produk. 

9. SEO specialist

Search Engine Optimization (SEO) specialist bertugas untuk mengoptimasi performa situs perusahaan secara organik di mesin pencari, yaitu Google. SEO specialist dituntut untuk menguasai skill secara teknikal, termasuk menyusun kalender konten dan membuat strategi pemasaran. 

10. Fintech Specialist

Fintech specialist adalah salah satu prospek kerja jurusan bisnis digital. Sesuai dengan namanya, fintech specialist bertugas dalam pengembangan inovasi layanan di bidang jasa keuangan yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi. Beberapa contoh fintech, di antaranya dompet digital (e-wallet) dan pendanaan bersama (crowdfunding). 

Pilihan Editor: 10 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan Tahun 2024, Ilmu Komputer hingga Hukum

MELYNDA DWI PUSPITA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."