7 Manfaat Minyak Lavender untuk Perawatan Kulit beserta Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak lavender. Pixabay.com

Ilustrasi minyak lavender. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain dikenal sebagai aromaterapi, minyak lavender juga berperan besar dalam perawatan kulit. Faktanya, ketika diaplikasikan secara topikal, minyak lavender bisa membantu menenangkan kulit, jerawat yang tenang, dan melindungi terhadap radikal bebas.

Untuk kita ketahui bersama, yuk telusuri manfaat minyak lavender untuk perawatan kulit beserta efek sampingnya menurut dokter kulit bersertifikat.

Apa Itu Minyak Lavender?

Minyak esensial dalah cairan terkonsentrasi yang berasal dari bagian aromatik tanaman, seperti bunga, akar, dan daun, menggunakan proses yang disebut distilasi uap, menurut dokter kulit Anna Guanche.

Adapun minyak lavender alias Lavandula angustifolia adalah minyak esensial yang berasal dari bunga tanaman lavender, yang tumbuh di berbagai daerah seperti Prancis dan Bulgaria. Dokter kulit Nava Greenfield mengatakan komponen utama dari minyak lavender adalah linalool, linalil asetat, lavandulol, geraniol, dan eucalyptol, yang memiliki sifat antibakteri serta anti-jamur.

Dia juga menunjukkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa ada banyak jenis minyak lavender, dan karena komposisi yang berbeda, mereka memiliki sifat kimia yang berbeda.

Minyak lavender tersedia dalam berbagai bentuk seperti konsentrat yang harus disimpan di tempat gelap, tetapi juga digunakan dalam krim, pelembap, minyak, dan facial mist.

Manfaat Minyak Lavender untuk Perawatan Kulit

1. Melindungi dari radikal bebas

Sebagai antioksidan, minyak lavender dapat membantu melindungi kulit terhadap stresor lingkungan. Faktor risiko paling umum dan berbahaya untuk penyakit sering kali berasal dari radikal bebas, racun, dan polutan.

"Radikal bebas dapat mematikan sistem kekebalan tubuh Anda dan merusak tubuh Anda. Minyak lavender adalah antioksidan alami yang dapat bekerja untuk mencegah dan membalikkan penyakit," kata dokter Guache diktuip dari laman Byrdie.

2. Mengurangi garis-garis halus dan kerutan

Masih terkait antioksidan, minyak lavender pilihan yang sangat baik untuk mengatasi kerutan. Antioksidan ini melindungi kulit terhadap radikal bebas, yang dapat menyebabkan garis -garis halus dan kerutan. Anda dapat mencoba campuran minyak kelapa dan lavender untuk menggunakan serum anti-penuaan alami untuk wajah.

3. Mengurangi jerawat

Berkat sifat antibakteri dan efek anti-inflamasi, dokter Guanche mengatakan minyak lavender dapat mengurangi jerawat.

4. Menenangkan kulit

Karena bakteri dan jamur pada kulit sering mengakibatkan peradangan, dokter Greenfield mengatakan sifat anti-jamur dalam minyak lavender dapat berperan.

5. Bantu penyembuhan luka

Dokter Guanche juga menyebutkan minyak lavender dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, luka, dan goresan. Kemampuan minyak alami ini untuk mempromosikan pertumbuhan sel berpotensi meningkatkan penyembuhan bekas luka.

6. Mencegah infeksi

Menurut dokter Guanche, minyak lavender telah digunakan untuk mencegah infeksi dan melawan gangguan bakteri dan jamur berkat efek fungisida.

7. Atasi sakit dan gatal dari gigitan serangga

Anda dapat menghilangkan beberapa rasa sakit yang terkait dengan gigitan serangga dengan mengoleskan minyak lavender langsung ke gigitan. Hal itu berkat kandungan anti-inflamasi dalam minyak lavender.

Efek Samping Penggunaan Minyak Lavender untuk Kulit

Minyak esensial sangat kuat, jadi alergi kontak terhadap minyak lavender adalah kemungkinan yang pasti.

"Bahkan jika Anda tidak alergi terhadap minyak lavender, sistem kekebalan tubuh di kulit dapat mengembangkan alergi dan menghasilkan dermatitis," kata dokter Greenfield.

Jika Anda pemilik kulit sensitif, ada baiknya menghindari produk dengan wewangian.

Sebelum mengaplikasikan ke seluruh kulit, dokter Guanche merekomendasikan sedikit mengoleskan minyak lavender di area kulit selain wajah terlebih dahulu untuk menguji reaksi. Karena kulit kelopak mata cenderung sangat sensitif terhadap alergen, Greenfield juga merekomendasikan untuk menghindari area mata.

"Tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah minyak lavender aman digunakan saat hamil atau menyusui, jadi saya sarankan untuk menjauhinya," kata Guanche.

Cara Menggunakan Minyak Lavender di Kulit

Menurut dokter Guanche, aman untuk mengoleskan minyak lavender langsung ke kulit, walaupun itu tidak terjadi pada sebagian besar minyak esensial. Anda juga dapat melemahkannya dalam zat pembawa untuk manfaat tambahan, penyerapan, dan keamanan.

Dokter Guanche menyarankan untuk mencampur minyak lavender dengan minyak berlemak, seperti kelapa, jojoba, atau anggur. Greenfield mengatakan minyak lavender dapat ditambahkan ke hampir semua produk, tetapi dia merekomendasikan dalam sabun dan pelembap bebas sulfat seperti asam hialuronat.

Pilihan Editor: Ragam Khasiat Minyak Lavender untuk Masalah Kulit

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."