5 Cara Menghadapi Politik Kantor yang Penuh Drama, Dokumentasikan Semuanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak peduli seberapa sering Anda menghindari politik kantor, Anda tidak dapat mengabaikannya di tempat kerja mana pun. Ketika ada orang dari latar belakang yang berbeda, mereka pasti memiliki kepribadian, sudut pandang, dan perilaku yang berbeda.

Meskipun Anda tidak perlu terlibat dalam politik kantor yang penuh drama dan tekanan, tetapi penting untuk mengetahui bagaimana menetapkan batasan yang jelas dan secara efektif menangani situasi seperti itu agar tidak membebani pekerjaan.

Cara Menghadapi Politik Kantor yang Penuh Drama

1. Tetap netral

Jika seseorang bergosip tentang orang lain atau bos kepada Anda, cobalah untuk memastikan bahwa Anda tidak terlibat banyak dan menetapkan batasan dengan mereka. Jangan terbawa dengan pembicaraan mereka.

Sebaliknya, katakan sesuatu yang netral 'mungkin dia mengalami hari yang buruk' atau 'kita semua belajar dan dapat membuat kesalahan'. Dengan cara ini, secara halus Anda mengirimi mereka pesan bahwa Anda tidak tertarik untuk terlibat dalam gosip itu. Mereka juga tidak bisa mengutip perkataan Anda dalam gosip tersebut.

Dan jika Anda mendapati diri Anda di tengah-tengah politik atau drama kantor tersebut, maka hindari terlibat secara emosional atau bereaksi secara impulsif. Tetap tenang dan profesional, bahkan ketika orang lain bersikap kasar kepada Anda. Ini membantu membangun dan mempertahankan reputasi Anda di tempat kerja.

2. Mendokumentasikan semuanya

Dalam banyak kasus, politik kantor terjadi karena kesenjangan komunikasi. Untuk menghindari hal ini, mulailah mendokumentasikan hal-hal yang telah dikatakan dan dibahas dalam pertemuan kantor dan mengirimkannya ke atasan dan kolega.

Hal ini salah satu langkah antisipasi jika seseorang berkelak dari apa yang mereka katakan, Anda selalu dapat merujuk pada dokumentasi. Menyimpan catatan percakapan penting, dan keputusan dapat membantu dalam memberikan bukti jika Anda pernah dituduh oleh orang lain dan Anda perlu membela diri.

3. Pertahankan nilai positif

Anda akan sering memperhatikan bahwa ada orang-orang tertentu di tempat kerja yang sangat negatif dan mereka selalu mengatakan hal-hal buruk tentang orang lain. Adalah bijaksana untuk mengidentifikasi mereka sedari awal dan menjaga jarak dari mereka.

Penting untuk mempertahankan nilai positif dan tetap bersama orang-orang yang positif agar Anda terus bertumbuh.

4. Memahami dinamika kekuatan dan membangun aliansi yang kuat

Penting untuk membentuk hubungan positif dengan kolega di semua tingkatan, mencakup orang-orang yang tidak berada di tim Anda. Langkah ini penting karena orang-orang tersebut dapat memberikan dukungan, memberikan nasihat, dan bahkan membantu jika politik kantor menjadi sulit di tempat kerja.

Membangun aliansi profesional yang kuat juga dapat meningkatkan reputasi Anda di tempat kerja. Orang-orang seperti itu juga dapat membantu Anda tetap mendapat informasi tentang kejadian terbaru di tempat kerja.

5. Tetap tenang dan fokus pada pekerjaan

Politik kantor pasti akan terjadi di tempat kerja mana pun, bagaimana Anda meresponsnya adalah langkah terpenting. Alih-alih terjebak ke dalam drama kantor, penting untuk tetap tenang dan fokus pada pekerjaan Anda. Memenuhi tenggat waktu pekerjaan akan menambah kesuksesan Anda dan tim. Hal ini juga akan menambah integritas, profesionalisme, dan reputasi di tempat kerja.

Pilihan Editor: 6 Cara Membuat Kesan Baik di Hari Pertama Bekerja

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."