Hindari Mengatakan Ini kepada Hair Stylist

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi potong rambut. Pixabay.com

Ilustrasi potong rambut. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat akan potong rambut atau mewarnainya, beberapa di antara kita kerap mengutarakan banyak keinginan kepada penata rambut atau hair stylist. Tapi di sisi lain, tak sedikit pula yang menyerahkan sepenuhnya kepada hair stylist, dan kerap mengatakan "saya percaya Anda". Faktanya, hal itu tidak tepat dan kalimat tersebut bisa membebani Anda berdua. Kok bisa? Kita telusuri curahan singkat para hair stylist berikut.

“Tiga kata terburuk yang Anda katakan kepada seorang penata rambut adalah 'Saya percaya Anda,'” kata hair stylist pesohor Hollywood yang tak mau disebut namanya dikutip dari Purewow.

"Saya menghargai kepercayaan itu, tetapi sembilan kali dari sepuluh klien saya yang berkata seperti itu ternyata tidak senang dengan hasilnya karena mereka menyadari bahwa mereka menginginkan sesuatu yang berbeda," ucapnya.

Curahan hati hair stylist itu jadi catatan kita bersama. Tidak peduli berapa lama Anda mengenal hair stylist Anda atau seberapa terampil mereka, mereka tidak tahu persis apa yang Anda bayangkan kecuali Anda memberi tahu mereka apa yang Anda inginkan.

“Jauh lebih membantu ketika klien punya bayangan tentang perubahan apa yang mereka inginkan. Bahkan lebih baik lagi ketika mereka menunjukkan kepada saya foto-foto gaya rambut yang diinginkan, jadi saya dapat bekerja untuk mencari tahu apa yang mungkin tanpa merusak rambut mereka," ujarnya.

Hal itu pun diamini oleh Sienree du, hair stylist di Los Angeles, Amerika Serikat. “Interpretasi semua orang tentang warna, tone, dan potongan sangat berbeda. Memulai janji temu dengan membawa sejumlah gambar referensi sangat bermanfaat," ucapnya.

Dengan cara itu, Anda dapat secara khusus menunjukkan detail yang benar-benar Anda sukai dan yang tidak Anda inginkan.

"Sebagian besar [hair stylist] adalah orang yang cukup visual, jadi foto sangat membantu kami,” kata Sienree du.

Jadi, alih-alih meletakkan tanggung jawab sepenuhnya pada hair stylist Anda, beri tahu mereka apa yang Anda sukai lewat foto referensi. Contohnya, "Saya telah mencari-cari foto untuk inspirasi, tetapi saya belum menemukan gaya yang tepat. Bisakah Anda membantu saya memutuskan?"

Dari sana, hair stylist dapat membantu mempersempit pilihan yang sesuai, dengan mempertimbangkan jenis, tekstur rambut hingga penataannya. Semakin jelas dengan apa yang Anda inginkan, maka semakin besar kemungkinan Anda puas dengan potongan atau warna rambut baru.

Pilihan Editor: Hindari 9 Hal Ini saat Perawatan di Salon, Menurut Penata Rambut

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."