Ada Layanan Baru Baggage Assistance di Bandara Soekarno-Hatta, Apa Itu?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Suasana Terminal 3 keberangkatan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, pukul 14:56 WIB pada Jumat, 21 Juni 2024. Tempo/ Mochamad Firly Fajrian

Suasana Terminal 3 keberangkatan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, pukul 14:56 WIB pada Jumat, 21 Juni 2024. Tempo/ Mochamad Firly Fajrian

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada layanan baru di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Namanya Baggage Assistance alias asisten bagasi. Layanan tanpa dipungut biaya ini tersedia di titik keberangkatan dan kedatangan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan berfungsi membantu penumpang pesawat dalam penanganan bagasi. 

"Layanan ini akan memberikan pengalaman perjalanan yang semakin mudah, nyaman dan menyenangkan bagi penumpang pesawat," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports), Faik Fahmi melalui siaran pers dikutip Tempo, Jumat 6 September 2024. 

Layanan ini dilakukan oleh petugas berseragam khusus titik keberangkatan dan kedatangan. Di titik keberangkatan, petugas layanan Baggage Assistance akan memberikan bantuan kepada penumpang pesawat untuk memindahkan bagasi dari kendaraan pengantar ke troli di area pengantaran (drop zone) Terminal 3.

"Lebih dari itu, petugas Baggage Assistance juga dapat membantu penumpang prioritas seperti misalnya ibu hamil dan lansia hingga ke kontercheck in untuk memproses keberangkatan," kata Faik. 

Selain itu membantu penumpang menurunkan bagasi dari kendaraan ke troli, petugas Baggage Assistance juga berperan dalam mempersingkat waktu pengantaran (drop off time) sehingga lalu lintas kendaraan dapat semakin lancar.

Sementara itu di titik kedatangan, petugas Baggage Assistance akan membantu penumpang memindahkan bagasi dari troli ke kendaraan di area penjemputan (pick up zone). Layanan ini juga dapat mempersingkat waktu penjemputan (pick up time).  

Layanan Baggage Assistance juga dapat ditemui di area pengambilan bagasi (baggage claim) saat penumpang pesawat baru mendarat di bandara. Petugas Baggage Assistance dapat membantu penumpang pesawat untuk mengambil bagasi dari conveyor belt di baggage claim area.  

“Petugas Baggage Assistance dilengkapi dengan seragam khusus sehingga mudah dikenali penumpang pesawat. Kami berharap keberadaan layanan baru ini dapat membantu penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan udara,” kata Faik.  

Faik memastikan, layanan ini akan segera hadir di 37 bandara yang dikelola Angkasa Pura Indonesia. "Layanan Baggage Assistance nantinya juga dapat tersedia di bandara-bandara lain yang dikelola InJourney Airports,” kata Faik.

Baggage Assistance yang dikenalkan pada Hari Pelanggan Nasional 2024 ini melengkapi inovasi penanganan bagasi pesawat Self Bag Drop yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu di Bandara Soekarno-Hatta. Layanan tesebut memungkinkan penumpang pesawat dapat secara cepat mendaftarkan bagasinya melalui mesin self check in baggage, lalu kemudian dapat langsung menuju konter khusus guna memproses bagasi terdaftar tersebut untuk dimasukkan ke dalam pesawat

Pilihan Editor: 6 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bagasi Hilang, Lapor ke Maskapai Penerbangan jadi Langkah Utama

JONIANSYAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."