7 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam, Pakai Bahan Alami dan Eksfoliasi Teratur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi miss V. Shutterstock

Ilustrasi miss V. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSelangkangan hitam atau gelap seringkali menjadi masalah yang membuat sejumlah perempuan merasa kurang percaya diri. Ada beragam faktor yang menyebabkan selangkangan jadi hitam mulai dari akumulasi sel kulit mati, kelembapan berlebihan, infeksi jamur, hingga perubahan hormon.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara memutihkan selangkangan hitam dengan aman.

Cara memutihkan selangkangan yang hitam memerlukan perhatian khusus karena kulit di daerah ini cenderung lebih sensitif. Penggunaan produk atau bahan yang tidak tepat bisa menyebabkan iritasi atau bahkan memperparah kondisi. Lantas, bagaimana cara mencerahkan selangkangan yang aman?

Cara Memutihkan Selangkangan Hitam

1. Menggunakan Bahan Alami

Bahan-bahan alami seperti lemon, lidah buaya, dan minyak kelapa terkenal memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. 

Lemon, misalnya, mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Namun karena lemon bersifat asam, pastikan untuk mengencerkannya dengan air sebelum mengaplikasikannya ke kulit agar tidak menyebabkan iritasi. 

Lidah buaya juga bisa digunakan karena mengandung aloesin, yang membantu mengurangi produksi melanin di kulit.

2. Campuran Timun dan Mint

Cara memutihkan selangkangan dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan campuran mentimun dan jus mint. Kombinasi mentimun dan mint ini efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi penggelapan.

Untuk membuat campurannya, aduk jus mentimun dan jus mint dengan perbandingan yang sama, lalu pijatkan pada area tersebut.

Biarkan selama lima belas menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3. Campuran Kentang dan Lemon

Kentang juga menjadi bahan alami yang efektif untuk mencerahkan selangkangan karena kandungan vitamin C, kalium, dan antioksidannya. 

Cukup haluskan kentang dan campur dengan perasan lemon, lalu oleskan pada area selangkangan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Ulangi dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

4.  Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Untuk menghilangkan sel kulit mati, coba gunakan scrub yang lembut dan aman.

Pastikan Anda membeli scrub yang cocok digunakan di area sensitif dan sudah mendapat izin BPOM. 

Lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu untuk membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

5. Menggunakan Krim Pencerah Kulit

Selain pakai bahan alami, cara memutihkan selangkangan hitam yang lebih cepat dan aman adalah menggunakan krim pencerah kulit. 

Pilih krim yang mengandung bahan-bahan seperti kojic acid, niacinamide, atau arbutin, yang dikenal efektif untuk mencerahkan kulit tanpa menyebabkan iritasi. 

Sebelum menggunakan krim ini, lakukan uji tempel pada area kecil kulit untuk memastikan tidak ada reaksi alergi. Pastikan juga bahwa produk sudah lolos uji BPOM

6. Menjaga Kebersihan dan Kelembapan

Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering adalah merupakan salah satu cara mencerahkan selangkangan yang aman. 

Pastikan untuk mandi secara teratur dan selalu mengeringkan area selangkangan dengan handuk bersih sebelum mengenakan pakaian.

Hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat dan pilih bahan yang memungkinkan kulit untuk bernapas, seperti katun.

7. Menghindari Pemakaian Busana yang Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat, terutama di area paha, dapat meningkatkan gesekan yang menyebabkan iritasi dan penggelapan kulit. 

Pilih pakaian yang longgar dan nyaman, terutama saat berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyebabkan banyak berkeringat.

Pilihan Editor: 5 Tanda Miss V Tidak Sehat, Bau Amis hingga Sensasi Terbakar

RIZKI DEWI AYU

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."