Hari Minggu saatnya Recycle Produk Makeup, Simak 7 Langkah Mudah Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi bedak, bronzer, dan kuas makeup. Foto: Freepik.com

Ilustrasi bedak, bronzer, dan kuas makeup. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Sahabat Cantika mencari kegiatan Hari Minggu, bagaimana kalau membersihkan meja rias agar dapat memberi ruang untuk lebih banyak produk makeup jika digunakan dan didaur ulang dengan bijak. Mendaur ulang riasan dan wadahnya mungkin sulit, tetapi dengan panduan ini, Anda akan merasa mudah untuk mendaur ulang produk rias Anda dan menggunakannya sebagaimana mestinya.

Menggunakan kembali barang-barang kosmetik adalah sudut pandang mendasar dari keunggulan yang memungkinkan. Dengan industri kecantikan yang menghasilkan jumlah sampah yang signifikan setiap tahun, mengambil langkah-langkah untuk menggunakan kembali barang-barang kosmetik pada dasarnya dapat mengurangi dampak lingkungan. 

Berikut panduan merapikan meja rias dan daur ulang produk makeup

Langkah 1: Mefilter Bahan yang Dapat Didaur Ulang

Langkah utama dalam menggunakan kembali barang-barang kosmetik adalah dengan mensurvei kemasan untuk bahan-bahan yang dapat didaur ulang. Cari gambar atau nama yang dapat didaur ulang pada kemasan, yang menunjukkan apakah bahan-bahan tersebut dapat didaur ulang. 

Bahan-bahan yang umum didaur ulang dalam kemasan kosmetik meliputi plastik, kaca, dan kardus. Namun, beberapa komponen seperti pompa, tutup, atau cermin mungkin tidak dapat didaur ulang karena komposisi atau perkiraan bahannya.

Langkah 2: Membersihkan Wadah

Penting untuk membersihkan dan membersihkan wadah kosmetik untuk memastikan wadah tersebut bebas dari sisa-sisa barang. Mulailah dengan membersihkan isi wadah, pastikan untuk menggunakan sebanyak mungkin barang tersebut. Untuk barang-barang dalam wadah atau botol, membilasnya dengan air hangat dan pembersih ringan dapat membantu mengeluarkan sisa barang. Untuk barang-barang seperti tongkat maskara, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih kosmetik yang lembut untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Langkah 3: Membongkar Komponen 

Beberapa barang kosmetik dilengkapi dengan banyak komponen, seperti pompa, tutup, atau perkakas. Jika memungkinkan, bongkar komponen-komponen ini agar penggunaan kembali menjadi lebih mudah. ??Memisahkan komponen memungkinkan kantor daur ulang untuk menanganinya dengan lebih efisien. Misalnya, pisahkan pompa dari botol atau lepaskan tutup dari tabung lipstik. Berhati-hatilah saat membongkar barang untuk menghindari kerusakan.

Langkah 4: Memeriksa Aturan Penggunaan Kembali

Memahami aturan daur ulang lokal Anda sangat penting untuk daur ulang yang efektif. Berbagai daerah memiliki aturan dan kontrol yang berbeda terkait penggunaan kembali, jadi penting untuk membiasakan diri dengan aturan daerah Anda. Tanyakan kepada pusat atau spesialis daur ulang setempat untuk memutuskan bahan apa yang mereka terima dan persyaratan khusus untuk penggunaan kembali produk kosmetik. Beberapa kantor mungkin memiliki batasan pada jenis plastik atau kemasan tertentu.

Langkah 5: Cari Tahu Program Recycle Produk Makeup

Banyak merek kecantikan secara bertahap menjalankan program penggunaan kembali khusus untuk memungkinkan klien menggunakan kembali tempat pembuangan mereka. Tanyakan apakah merek produk kosmetik Anda menawarkan program pengembalian atau berpartisipasi dalam kegiatan penggunaan kembali. Beberapa perusahaan memberikan insentif atau potongan harga untuk mengembalikan wadah kosong, sehingga memang lebih menarik untuk digunakan kembali. Selain itu, beberapa pengecer atau toko khusus mungkin menawarkan wadah koleksi untuk wadah barang khusus yang dapat didaur ulang.

Langkah 6: Recycle Wadah Makeup

Beberapa waktu sebelum menggunakan kembali, pertimbangkan apakah Anda akan menggunakan kembali atau menggunakan kembali wadah pembersih. Wadah atau botol pembersih dapat digunakan kembali untuk menyimpan barang-barang kecil seperti jepit rambut, penyeka kapas, atau perlengkapan mandi ukuran perjalanan. Wadah kompak atau wadah dengan cermin dapat digunakan sebagai cermin kompak untuk sentuhan akhir saat bepergian. Jadilah kreatif dan selidiki cara-cara unik untuk memberi wadah kosmetik pembersih Anda kehidupan sesaat sebelum menggunakannya kembali.

Langkah 7: Pemindahan Barang yang Tidak Dapat Didaur Ulang 

Jika komponen tertentu dari barang kosmetik Anda tidak dapat didaur ulang atau tidak diakui oleh kantor daur ulang setempat, penting untuk mengaturnya dengan tepat. Beberapa barang, seperti kaleng yang menguap atau barang-barang yang mengandung bahan kimia berbahaya, mungkin memerlukan perawatan khusus. Periksa apakah ada kantor pembuangan sampah yang tidak aman di daerah Anda, tempat Anda dapat membuang barang-barang ini dengan aman. Hindari membuang barang-barang yang tidak dapat didaur ulang di tempat sampah biasa untuk mengurangi dampak lingkungan

Pilihan Editor: 5 Produk Makeup yang Wajib Dibawa di Tas Anda, Lipstik hingga Eyeliner

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."