Gaya Traveling Generasi Z, Pengalaman Unik dan Budget Terjangkau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi traveling naik kereta. shutterstock.com

Ilustrasi traveling naik kereta. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wisatawan Gen Z memprioritaskan pengalaman unik dan pilihan perjalanan atau traveling yang fleksibel, menggunakan teknologi untuk liburan yang lancar dan nyaman.Generasi pelancong yang lebih baru telah merevolusi dunia dengan memulai petualangan solo dan menemukan berbagai akomodasi yang terjangkau.

Menurut Booking.com, sebanyak  83% generasi Z percaya bahwa perjalanan adalah cara hidup dan merasakan diri mereka yang terbaik saat berlibur di berbagai kota dan negara. Mereka memprioritaskan pengalaman budaya, mendalam, dan khas sambil mencari pilihan perjalanan yang fleksibel. Berikut adalah tren dan wawasan terbaru mengenai wisatawan Gen Z di zaman modern.

Teknologi untuk perjalanan yang lancar

Generasi ini tumbuh di era yang digerakkan oleh teknologi digital, merangkul teknologi yang tiada duanya di setiap langkah perjalanan yang mereka lakukan. Pengembangan dan kemajuan kecerdasan buatan sangat bermanfaat bagi Generasi Z, karena mereka memanfaatkannya untuk merencanakan jadwal sebelum bepergian dan untuk mencari fasilitas dan layanan digital di akomodasi mereka selama menginap. 

Mereka juga menggunakan teknologi untuk menyimpan kenangan liburan setelah perjalanan mereka. Contohnya 68% Gen Z India merasa sangat nyaman memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang luar biasa, dan mereka mempercayai AI untuk merekomendasikan destinasi yang kurang dieksplorasi. Mereka juga memilih aplikasi yang digerakkan oleh AI untuk perencanaan rencana perjalanan demi proses yang bebas repot.

Lebih suka solo traveling atau orang terdekat

Pelancong Gen Z  lebih suka berlibur sendiri atau dengan keluarga dekat dan teman-teman ke destinasi yang kurang dieksplorasi untuk pengalaman yang menyenangkan. Meskipun generasi ini telah mengembangkan minat yang besar dalam perjalanan, mereka lebih suka paket yang ramah anggaran dan bepergian di luar musim puncak. Mereka juga cenderung melakukan perjalanan domestik yang lebih pendek dengan harga yang terjangkau karena destinasi adalah prioritas mereka. 

Sebagian besar pelancong Gen Z cenderung memesan akomodasi sebelum memesan tiket perjalanan karena mereka menginginkan hotel yang memberikan keandalan dan kenyamanan. Gen Z juga mencari pengalaman perjalanan unik yang mencakup petualangan seperti terjun payung dan balon udara untuk membuat perjalanan mereka berkesan.

Pilihan Editor: 9 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Traveling ke Paris untuk Kali Pertama

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."