11 Cara Sederhana untuk Menciptakan Gaya Hidup Sehat dan Bahagia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat Cantika membutuhkan sedikit penyegaran dalam membangun kehidupan bahagia yang juga gaya hidup sehat? Anda perlu menambahkan praktik baru ke dalam rutinitas harian Anda.

Beberapa mungkin lebih cocok untuk rutinitas mingguan, bulanan, atau tahunan. Namun, semuanya akan membantu membangkitkan kembali kebahagiaan Anda.

Berikut adalah 11 cara mudah untuk mengarahkan hidup Anda ke arah kebahagiaan dan kesehatan.

1. Makan makanan bergizi

Makan sehat mungkin tampak sangat membosankan, terutama jika Anda harus melakukan semua persiapan dan memasak. Jauh lebih mudah untuk meraih kotak di dalam freezer atau simpanan cokelat di tas Anda.

Namun, tubuh bergantung pada bahan bakar berkualitas untuk melakukan tugasnya.

Misalnya, makan banyak buah dan sayuran berwarna-warni tidak hanya membantu menjaga kesehatan usus dan berat badan. Ini juga membantu menyediakan energi yang berkelanjutan dan suasana hati yang seimbang.

Jadi, Anda benar-benar adalah apa yang Anda makan.

2. Minum banyak air

Tubuh Anda membutuhkan air untuk setiap fungsi. Tanpa itu, racun dan sisa metabolisme akan terus berada di dalam tubuh Anda.

Banyak disfungsi — fisik, mental, dan emosional — dapat ditelusuri kembali, setidaknya sebagian, ke dehidrasi.

Jika Anda tidak menyediakan aliran air yang stabil sepanjang hari, tubuh Anda akan dipaksa untuk mendaur ulang hal-hal lama.

3. Tidur yang cukup dan buat jadwal tidur

Menjalani hidup yang bahagia dan sehat membutuhkan pengetahuan kapan waktunya untuk bekerja, bermain, dan beristirahat.

Jika Anda mengurangi waktu tidur satu jam saja setiap malam, Anda akan kekurangan tidur. Efek dari kurang tidur dapat melemahkan tubuh, pikiran, produktivitas, dan kebahagiaan Anda, baik sekarang maupun di masa mendatang.

4. Berolahraga

Tubuh Anda dirancang untuk bergerak. Manjakan diri, dan dapatkan manfaat dari semua endorfin luar biasa yang dilepaskan oleh olahraga.

Jalan-jalan setelah makan malam, putar musik dan berdansa bersama keluarga di malam hari. Atau daftarkan diri di kelas mingguan baru.

Jadikan gerakan yang disengaja dan berkelanjutan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari Anda.

5. Keluarlah ke alam

Alam memiliki cara untuk menghubungkan Anda dengan apa yang murni dan "sekarang." Ada frekuensi pada pemandangan, suara, dan energi alam yang menenangkan dan menyembuhkan pikiran dan jiwa.

Temukan jalur baru untuk mengajak hewan peliharaan Anda jalan-jalan. Kunjungi taman yang baru setiap bulan. Seperti tanam bunga di musim semi dan gugur.

Letakkan kaki telanjang Anda di sungai yang mengalir. Panjat gunung, duduk di atas batu, saksikan elang menyelam. "Beradalah" dalam ciptaan-Nya.

6. Tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda cintai dan nikmatilah 

Hubungan sosial telah terbukti berkali-kali penting untuk gaya hidup yang bahagia dan sehat.

Mereka yang menjaga hubungan yang bermakna dengan teman dan keluarga hidup lebih lama dan lebih sehat serta lebih bahagia daripada mereka yang mengisolasi diri.

7. Bantu orang lain

Tidak ada yang lebih baik daripada berbuat untuk orang lain yang sangat berarti bagi kebahagiaan Anda sendiri. Dan semakin tulus dan tanpa pamrih niat Anda, semakin tulus dan bertahan lama kepuasan Anda sendiri.

Begitulah cara kebaikan, kemurahan hati, dan cinta bekerja. Bayangkan betapa menakjubkannya dunia ini jika setiap orang berkomitmen untuk membantu orang lain!

Anda bahkan tidak perlu mencari peluang. Katakan saja "ya" pada undangan yang tak terhitung jumlahnya yang datang kepada Anda baik dalam hal kecil maupun besar.

Dengan membuka hati untuk memberi, Anda juga membuka hati untuk menerima. Bukankah cara kerjanya luar biasa?

8. Buatlah sederhana 

Kisah yang menarik perhatian kita adalah kisah yang melibatkan meninggalkan kegilaan untuk menemukan kegembiraan dalam kesederhanaan.

Anda dapat menerapkan prinsip yang sama tanpa harus meninggalkan pekerjaan harian atau pindah kota. Mulailah merapikan, melepaskan, dan menyederhanakan hidup.

Ciptakan ritual seputar proses penyederhanaan hidup Anda. Melakukannya akan membantu Anda melepaskan apa yang tidak lagi berguna bagi Anda. Dan selalu bayangkan ketenangan dan kedamaian yang datang dari hidup dengan tujuan dan niat.

9. Pergilah ke tempat baru setidaknya setahun sekali

Setiap orang butuh istirahat dari rutinitas harian. Setiap pikiran butuh stimulasi segar. Dan setiap hubungan — bahkan hubungan dengan diri sendiri — butuh petualangan berkala untuk menyegarkan diri.

Jika Anda kekurangan dana, manfaatkan perjalanan sehari atau akhir pekan sebaik-baiknya. Manfaat ritual ini benar-benar bergantung pada niat Anda sendiri dan keterbukaan terhadap kejutan hidup.

10. Berlatih bersyukur

Bersyukur mungkin adalah kunci paling sederhana dan paling baik untuk "menikmati masa kini."

Bersyukur mencegah Anda meraih masa depan dengan mendambakan apa yang tidak Anda miliki. Dan mencegah Anda melihat ke masa lalu untuk hal-hal yang hanya ada di masa lalu.

Sikap bersyukur mengarahkan fokus Anda pada apa adanya. Ini adalah komitmen untuk mencari keindahan, kebaikan, dan kelimpahan — di alam, di dunia, dan pada orang lain.

11. Tersenyumlah!

Tindakan tersenyum memiliki efek positif pada kesehatan, suasana hati, dan perspektif. Anda telah menjalani hidup dengan menghubungkan senyum dan tawa dengan kebahagiaan dan kesenangan.

Jadi, tidak mengherankan jika otak Anda membangun kembali jembatan itu saat senyum tersungging di wajah Anda. Dan bonus tambahannya adalah senyum Anda mungkin merupakan hadiah terbesar di hari seseorang.

Menciptakan kehidupan yang bahagia dan sehat ternyata sangat sederhana, bukan? Anda mungkin menyadari bahwa tidak ada yang luar biasa di sini. 

Beberapa kiat adalah tentang menjaga kesehatan fisik Anda, beberapa tentang menjaga kesehatan emosional Anda, dan beberapa tentang menjaga orang lain.

Dalam jangka panjang, menciptakan kehidupan yang bahagia dan sehat bergantung pada pola pikir. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 10 Makanan Sehat yang Bikin Bahagia: Oatmeal hingga Cokelat

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."