10 Rutinitas Pagi yang Bantu Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Pixabay/Hu Thanh Ci

Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Pixabay/Hu Thanh Ci

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baik Anda bangun dengan perasaan seperti beruang yang baru bangun dari hibernasi, atau mata Anda terbuka lebar siap menghadapi hari, menambahkan kebiasaan sehat ke rutinitas pagi Anda terbukti dapat mengurangi stres.

Aktivitas ini juga meningkatkan kualitas tidur, membantu keterampilan manajemen waktu, dan menghasilkan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik secara keseluruhan.

Orang yang benar-benar sehat — mereka yang tampaknya bersinar secara alami dari dalam — tahu bahwa tetap sehat berarti berpegang pada rutinitas, bahkan saat masa-masa sulit. 

Mengikuti kiat-kiat kesehatan ini setiap hari sebelum pukul 10 pagi dapat membantu lebih dari yang Anda sadari! Jadi, berikut adalah 10 kiat tentang kebiasaan sehat yang dapat menjadi bagian dari rutinitas pagi Anda sehingga Anda dapat menjalani hidup yang paling bahagia, paling sehat, dan terbaik.

1. Minum segelas air segera setelah bangun tidur

Minum air segera setelah bangun tidur akan menghidrasi kembali tubuh Anda setelah tidur, melancarkan sistem pencernaan, dan secara umum melancarkan semuanya. Tambahkan perasan air lemon segar atau cuka sari apel jika Anda benar-benar ingin mendapatkan efeknya.

Menurut pakar kesehatan Ingrid DeHart, mengonsumsi cuka sari apel secara teratur dapat membantu mengatasi berbagai hal mulai dari kolesterol hingga menyeimbangkan gula darah. Ia menyarankan untuk mengonsumsi 1 sendok makan cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi dalam segelas air sebelum makan siang dan makan malam, sebagai tambahan pada gelas Anda di pagi hari.

2. Tunda untuk memeriksa ponsel Anda 

Membaca semua email dan memeriksa berita dan semua media sosial akan mengacaukan pikiran Anda di pagi hari.

Jika Anda benar-benar ingin tetap sehat, tunggu setidaknya satu jam sebelum Anda menggunakan layar untuk mengoptimalkan otak Anda. Ini akan membuat Anda lebih jernih dan fokus, serta membantu mengurangi stres.

3. Bersyukur

Berfokus pada rasa syukur akan menciptakan suasana positif sepanjang hari. Luangkan 10 tarikan napas untuk memikirkan semua hal baik dalam hidup Anda. Akan jauh lebih sulit bagi pikiran negatif untuk masuk dan mengambil alih.

4. Gerakkan tubuh Anda atau berolahraga

Baik itu peregangan, menari, atau melakukan latihan berat yang menggerakkan tubuh Anda di pagi hari, salah satu kunci utama untuk menjalani hidup sehat adalah gerakan. Gerakan dalam bentuk apa pun yang membuat Anda bahagia dan bermanfaat bagi tubuh serta kemampuan Anda.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meredakan depresi, membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, menurunkan risiko penyakit kronis, dan banyak lagi. Melakukannya di pagi hari juga membantu Anda merasa telah mencapai sesuatu — menciptakan preseden yang sehat dan bahagia untuk hari Anda.

5. Pilih satu hal penting untuk dicapai hari itu

Tim Ferriss, penulis buku terlaris The New York Times, The 4-Hour Workweek, mengatakan untuk memutuskan satu hal terpenting yang ingin Anda capai di siang hari, dan, sebaiknya, pastikan Anda menyelesaikannya terlebih dahulu.

6. Makan sarapan yang sehat

Sarapan yang sehat akan mempercepat metabolisme Anda dan memberi Anda energi yang tepat untuk menjalani hari.

7. Kikis lidah Anda

Mengikis lidah saat bangun tidur membantu menghilangkan bau mulut di pagi hari dan sejalan dengan proses peremajaan yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bertransisi dari tidur ke keadaan terjaga.

Menurut Tenika Patterson, seorang ahli kesehatan gigi, lidah Anda dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang merugikan kesehatan mulut Anda. Ih! Jadi, selain menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi, kikis juga lidah Anda.

Pijat ini juga menghilangkan lapisan film di lidah, yang memungkinkan Anda merasakan sarapan sehat dengan lebih baik.

8. Dengarkan musik favorit atau buku audio

Mendengarkan musik favorit atau buku audio yang membangkitkan semangat dan inspiratif adalah cara hebat lainnya untuk menyiapkan hari Anda agar sukses. Sesuaikan jenis dan tempo lagu atau buku audio berdasarkan jenis hari yang ingin Anda jalani.

9. Sikat tubuh Anda hingga kering

Seperti yang dijelaskan oleh Chopra Center, "Garshana adalah pijat kering tradisional Ayurveda yang menyegarkan dan merangsang kulit serta sistem limfatik, meningkatkan sirkulasi darah dan pelepasan racun yang terkumpul."

Jika benar untuk Anda, ini merupakan tambahan yang bagus untuk gaya hidup sehat. Dan paling tidak, pijat yang menyegarkan membuat kulit Anda terasa luar biasa setelahnya.

10. Tersenyumlah pada diri sendiri di cermin selama 30 detik

Latihan ini menginspirasi sikap mental yang positif dan merupakan pendorong harga diri yang sangat baik. Lihatlah bagaimana Anda yang bahagia terpantul di cermin dengan ekspresi penuh tekad bahwa Anda akan melewati hari dan mencapai semua tujuan Anda.

Kuncinya terletak pada dorongan kimia luar biasa yang dialami otak Anda saat Anda tersenyum.

Menurut beberapa ahli, berpura-pura tersenyum atau tersenyum pada diri sendiri di depan cermin dapat menipu otak Anda agar merasa benar-benar bahagia. Dan kebahagiaan merupakan bagian penting dari perasaan dan kesehatan!

Pilihan Editor: 11 Cara Sederhana untuk Menciptakan Gaya Hidup Sehat dan Bahagia

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."