10 Kebiasaan yang Menumbuhkan Sikap Positif Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi anak mandiri/Freepik.com-our-team

Ilustrasi anak mandiri/Freepik.com-our-team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penting untuk mengajarkan anak-anak agar memiliki harga diri yang sehat, makan dengan baik, sering berolahraga, dan mencintai tubuh mereka. 

Menurut penelitian, manfaat membesarkan anak-anak dengan harga diri yang tinggi meliputi nilai yang lebih tinggi, hubungan sosial yang lebih baik, dan banyak lagi. Namun, bagaimana ini dapat dicapai?

Berikut adalah 10 kebiasaan yang membesarkan anak-anak yang positif yang bahkan tidak disadari oleh orang dewasa:

1. Cintai tubuh Anda sendiri

Jika Anda tidak merasa nyaman dengan tubuh Anda sendiri, akan sulit bagi anak-anak Anda untuk merasa nyaman dengan tubuh mereka. Ingat: kita adalah pembimbing anak-anak kita, kata penulis buku anak, Jennifer Kelman.

2. Perhatikan cara Anda berbicara tentang tubuh Anda di depan anak

Seberapa sering Anda mengatakan hal-hal seperti, "Saya sangat gemuk"? Jika Anda berbicara seperti itu tentang tubuh Anda, anak Anda akan mulai menirukan sentimen-sentimen yang sama persis.

3. Ingatlah bahwa 'gemuk' bukanlah perasaan

Saat kita mengatakan hal-hal seperti, "Saya merasa sangat gemuk", kita mengajarkan anak-anak kita untuk menggunakan tubuh mereka untuk menggambarkan perasaan mereka. 

Gangguan makan dan citra tubuh yang buruk berkembang saat perasaan ditekan dan terlalu banyak penekanan diberikan pada tubuh alih-alih membiarkan perasaan yang sebenarnya (sedih, bahagia, marah) muncul. Menurut statistik, 22 persen anak-anak dan remaja di seluruh dunia menunjukkan gangguan makan.

4. 'Kurus' tidak selalu berarti sehat

Terlepas dari berat badan Anda, gaya hidup Anda menentukan kesehatan Anda secara keseluruhan. Siapa pun bisa kurus jika mereka kelaparan atau mengikuti diet aneh, tapi kurus bukan berarti sehat. 

Ajari anak-anak Anda untuk makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres mereka untuk mencapai kesehatan yang optimal.

5. Jangan menjadi polisi makanan

Daripada bertindak seperti polisi makanan, mundurlah sedikit. Tidak perlu ada polisi jika Anda tahu Anda menyediakan makanan sehat! Semakin Anda fokus pada makanan, semakin anak Anda juga akan melakukannya, dan itu tidak baik.

6. Pertimbangkan untuk menyingkirkan junk food

Pola makan yang sehat hanya dapat dicapai jika Anda tidak memiliki pilihan yang buruk (es krim, soda, keripik) di dapur Anda. Anak-anak Anda akan memilih junk food daripada wortel jika ada. Jadi, bersihkan dapur Anda dari junk food.

7. Libatkan anak-anak Anda dalam olahraga

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menanamkan citra tubuh yang positif. Anak-anak mendapatkan harga diri melalui olahraga (dan aktivitas fisik lainnya). Olahraga mengajarkan mereka untuk mencintai tubuh mereka karena apa yang dapat mereka lakukan, bukan karena penampilan mereka.

8. Sertakan aktivitas "waktu keluarga" yang sehat

Anak-anak adalah produk dari lingkungan mereka. Anda mengajarkan kebiasaan sehat kepada anak-anak Anda ketika Anda secara teratur memasukkan aktivitas keluarga yang menyenangkan dan sehat.

Setiap kali Anda mengaitkan emosi positif dengan aktivitas yang sehat, Anda meningkatkan peluang untuk menciptakan perilaku sehat jangka panjang.

9. Ciptakan zona aman untuk mengekspresikan perasaan

Penting bagi anak-anak Anda untuk merasa aman berkomunikasi dengan Anda. Anak-anak sering kali memendam perasaan mereka dan akhirnya berpikir ada yang salah dengan mereka, yang berkontribusi pada tantangan harga diri.

Namun, komunikasi yang sering dan terbuka memungkinkan anak-anak untuk belajar dari pengalaman negatif tanpa menginternalisasikannya secara negatif.

10. Jangan Berbicara yang Negatif

Bayangkan bahwa setiap komentar negatif yang Anda gumamkan tentang tubuh Anda adalah gigitan kalajengking berbisa. Hindari pikiran dan komentar buruk dengan cara apa pun! 

Perhatikan: anak-anak Anda akan menangkap getaran positif Anda dan menjadi jauh lebih bahagia dalam prosesnya.

Itu dia 10 cara menumbuhkan sikap positif sehingga kita membesarkan anak-anak yang positif juga. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 6 Cara Efektif Membesarkan Anak yang Bahagia

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."