Apa Itu Self-awareness dan Pengaruhnya untuk Kesehatan Mental?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesadaran diri atau self-awareness internal dan kesadaran diri eksternal membantu kita memahami diri sendiri dengan lebih baik, dan juga memahami cara orang memandang kita. Kesadaran diri adalah praktik keterhubungan dengan diri sendiri. Mengenal diri sendiri dengan lebih baik – mulai dari sensasi fisik hingga kesehatan emosional – membantu dalam menentukan kesadaran diri. 

Psikoterapis klinis Jennifer Nurick menjelaskan cara kerja kesadaran diri yang besar pengaruhnya untuk kesehataan mental. Kesadaran diri internal dan kesadaran diri eksternal membantu kita memahami diri sendiri serta situasi kita dengan lebih baik.

Kesadaran diri internal

Kesadaran diri internal mengacu pada kejelasan seseorang dalam mengetahui siapa dirinya dan apa yang dicarinya. Menjadi jelas tentang sistem nilai, etika, tujuan, dan kebutuhan mereka membantu mereka menjadi orang yang aman dalam hubungan. Kesadaran diri internal juga melibatkan keberanian menghadapi ketidaknyamanan refleksi diri dan menemukan ketidaksempurnaan dalam diri sendiri. Hal ini semakin membantu seseorang memilih dirinya sendiri sebelum melakukan hal lain dan membuat pilihan yang mereka sukai.

Kesadaran diri eksternal

Meskipun sebagian besar dari kita percaya bahwa kesadaran diri adalah sebuah perjalanan dengan diri sendiri, kesadaran diri juga melibatkan mengetahui apa yang orang lain tentukan tentang kita. Bersikap terbuka terhadap masukan dan kritik membangun dari orang lain serta memahami bagaimana orang di sekitar memandang kita, merupakan bagian dari kesadaran diri eksternal. Kita juga harus penasaran akan dampak tindakan kita terhadap orang lain.

Kesadaran diri membantu kita memahami apa yang kita butuhkan dan apa yang bisa membuat kita bahagia – hal ini selanjutnya berdampak pada proses pengambilan keputusan dalam membuat pilihan yang bisa membuat kita bahagia dan puas. Dengan kesadaran diri yang lebih baik, kita mampu melawan respons intens yang mungkin kita miliki terhadap tindakan orang lain. Hal ini meningkatkan harga diri dan menciptakan kejelasan yang lebih baik tentang apa yang kita kuasai dan apa yang tidak kita kuasai. 

Kesadaran diri membantu kita berhubungan erat dengan sistem nilai kita – yang selanjutnya memandu kita dalam setiap pilihan yang kita buat. Ketika kita mengetahui bagaimana orang lain memandang kita, hal ini membantu kita menjadi lebih terikat dalam suatu hubungan. Yang terpenting, kesadaran diri membantu kita mengelola emosi dengan lebih baik dan mengurangi dampak stres dan kecemasan pada diri kita sendiri.

Pilihan Editor: Benarkah Rutin Melakukan Yoga Bisa Redakan Masalah Kesehatan Mental?

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."