Yang Dilakukan Selena Gomez untuk Menjaga Kesehatan Mentalnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Selena Gomez berpose di karpet merah menjelang pemutaran perdana

Selena Gomez berpose di karpet merah menjelang pemutaran perdana "Emilia Perez" saat Festival Film Internasional Toronto (TIFF) kembali untuk edisi ke-49 di Toronto, Ontario, Kanada 9 September 2024. REUTERS/Mark Blinch

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan aktris, Selena Gomez diketahui didiagnosis gangguan bipolar pada tahun 2020. Baru-baru ini, dalam sesi wawancara dengan majalah Vanity Fair edisi Oktober 2024, dia terbuka membagikan hal-hal yang dia lakukan untuk menjaga kesehatan mental saat menghadapi kondisi sulit dan menantang. 

Salah satunya mekanisme penyembuhan melalui pengaturan suhu seperti penggunaan air dingin atau pemanas ruang untuk menenangkan dirinya. Dia juga mengatakan latihan kesehatan mental juga sangat membantu untuknya.

"Aku mengingatkan diri sendiri bahwa aku baik-baik saja," ucap perempuan 32 tahun itu. “Saya menumbuhkan diri sejenak. ‘Di mana saya? Saya duduk di kantor. Semua orang yang saya cintai ada di luar sana. Ada makanan. Saya bisa mendapatkan sesuatu untuk dimakan. Saya bisa tidur siang di sini sebelum saya pergi. "Saya menempatkan diri saya di masa sekarang," katanya.

Selena Gomez dikenal terbuka terkait kondisi kesehatannya, termasuk diagnosis lupus pada tahun 2015. Dia juga mengungkapkan diagnosis bipolar pada April 2020 selama episode pertunjukan langsung Instagram Miley Cyrus, Bright Minded, dan telah transparan tentang pasang surut dan titik terendahnya dengan gangguan mental.

Di sesi wawancara berbeda, dia mengatakan tidak ingin dipandang sebagai "korban" ketika membahas perjuangan kesehatan mentalnya, termasuk serangan panik, kecemasan, dan depresi yang melemahkan.

“Orang-orang memanggil saya korban. Itu membuat saya frustrasi, karena menjadi rentan sebenarnya adalah salah satu hal terkuat yang dapat Anda lakukan," katanya.

“Narasi itu tidak akan mengambil alih hidup saya. Saya bersyukur setiap hari. Dan saya memiliki hari -hari saya seperti orang lain, tetapi saya bukan korban. Saya hanya banyak selamat. Tidak ada bagian dari diri saya yang ingin dikasihini orang lain," ucapnya.

Setelah membuka tentang perjalanan kesehatan mentalnya, Selena Gomez menciptakan Yayasan Rare Impact Fund yang  bertujuan meningkatkan kesadaran dan dana untuk dukungan kesehatan mental bagi kaum muda. Dalam film dokumenternya yang bertajuk Selena Gomez: My Mind & Me (2022), Selena juga membagikan fase naik turun perjalanan kesehatan mentalnya.

Pilihan Editor: Bermitra dengan Google, Selena Gomez Dukung Pelatihan Kesehatan Mental di Sekolah

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."