5 Cara Sederhana Merasa Aman dalam Hubungan Asmara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cinta tidak cukup menjadi fondasi antara Anda dan pasangan. Suatu hubungan juga perlu dibangun di atas saling percaya, menghormati, dan tercipta keamanan atau secure. Jika salah satu dari elemen ini hilang, orang mungkin menghadapi masalah dan argumen terus-menerus. Merasa aman dalam hubungan membutuhkan waktu, ruang, dan komitmen bersama.

Kepercayaan tidak dibangun dalam semalaman. Hal itu membutuhkan usaha, waktu, dan kesabaran. Anda tidak dapat berharap untuk merasa aman dalam hubungan dalam waktu seminggu atau sebulan.

Jika Anda merasa tidak aman, segalanya mungkin menurun di masa depan. Dengan komunikasi dan koneksi, rasa tidak aman dapat mereda. Ketidakamanan tidak selalu berasal dari orang ketiga yang terlibat, itu dapat berasal dari perasaan tidak mampu, percaya bahwa pasangan Anda pantas mendapatkan yang lebih baik, atau berurusan dengan kompleks inferioritas Anda sendiri.

Berikut sejumlah cara merasa aman dalam hubungan

1. Terbuka tentang rasa tidak aman Anda

Kita semua memiliki bekas luka, dan mungkin sulit untuk menunjukkannya kepada orang lain. Anda mungkin berpikir mereka tidak akan mengerti, bahwa mereka akan tertawa, atau bahwa mereka tidak akan peduli, jadi Anda menyembunyikannya. Jangan lakukan itu.

Tentu saja, butuh waktu untuk terbuka. Luangkan waktu Anda, jangan terburu-buru, dan berbagi ketika Anda merasa siap serta percaya mereka akan mengerti.

Setelah Anda membuka diri, pasangan akan menghibur, menerima, dan melindungi, juga membantu Anda merasa aman dan dihormati.

2. Bagi ketakutan Anda

Seringkali, orang merasa mereka tidak pantas mendapatkan pasangan atau berpikir mereka tidak cukup baik. Ketakutan yang terus-menerus akan penolakan dan pengabaian ini dapat menyebabkan keyakinan bahwa mereka akan mengecewakan pasangan atau tidak bisa menjadi orang yang layak mereka dapatkan.

Ekspresikan ketakutan ini kepada pasangan. Mereka akan meyakinkan Anda dan membantu Anda merasa aman dan nyaman.

3. Komunikasi

Komunikasi adalah aspek penting dalam suatu hubungan termasuk asmara. Semakin banyak Anda berkomunikasi dan mengenal pasangan, semakin aman yang akan Anda rasakan. Memahami satu sama lain dengan lebih baik memperkuat ikatan Anda dan membuat Anda sangat diperlukan dalam hidup mereka.

4. Bicara tentang rasa tidak aman Anda tentang orang ketiga

Terkadang, kehadiran orang ketiga dapat memperburuk keadaan. Itu bisa menjadi teman atau anggota keluarga yang pendapatnya mungkin memengaruhi hubungan Anda. Bersikaplah terbuka dengan pasangan tentang perasaan Anda.

Beri tahu mereka jika ada sesuatu yang mengganggu Anda. Berkomunikasi secara terbuka tentang masalah ini dapat mencegah kesalahpahaman dan memperkuat kepercayaan.

5. Saling mempercayai

Kepercayaan adalah fondasi dari hubungan apa pun, dan itu harus saling menguntungkan. Jika Anda atau pasangan memiliki masalah kepercayaan, hubungan itu akan penuh tantangan.

Membangun kepercayaan membutuhkan waktu, tetapi begitu Anda dan pasangan Anda saling percaya, Anda akan tahu bahwa Anda berdua tidak akan mengambil tindakan yang bisa menyakiti yang lain.

Itulah sederet cara agar merasa aman dalam hubungan yang layak dicoba.

Pilihan Editor: 8 Cara Membuat Pasangan Nyaman dalam Hubungan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."