5 Kebiasaan Baik Ini Melatih Disiplin pada Anak, Termasuk Membereskan Mainan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak-anak dan mainan. Shutterstock.com

Ilustrasi anak-anak dan mainan. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu nilai penting yang perlu diterapkan pada anak-anak sejak usia dini adalah disiplin. Kedisiplinan membangun sikap kemandirian, tanggung jawab, dan menghormati. Pengembangan disiplin adalah proses yang membutuhkan perilaku reguler dan konsisten. Kebiasaan sehari-hari yang sederhana dapat membuat perbedaan besar dalam melatih disiplin pada anak.

Berikut beberapa kebiasaan baik untuk melatih disiplin pada anak.

1. Percayakan anak mengatur tas sekolah

Membiarkan anak-anak mengemas tas sekolah mereka sendiri termasuk kebiasaan yang melatih disiplin pada anak. Kebiasaan ini menanamkan rasa akuntabilitas. Selain itu, juga membantu dalam pemahaman mereka tentang nilai perencanaan dan organisasi.

Anak-anak juga akan belajar mengambil kepemimpinan. Meski demikian orang tua mungkin perlu membantu mereka dengan membuat daftar periksa. Rutinitas kecil ini membantu prioritas kerja dan mempromosikan kemandirian.

2. Minta anak untuk membersihkan meja setelah makan

Anak-anak akan belajar nilai kerja sama dan kerja tim ketika mereka membantu di sekitar rumah. Kebiasaan sesederhana seperti membersihkan meja setelah makan malam bisa mengembangkan rasa akuntabilitas untuk lingkungan mereka.

Dengan begitu, anak belajar dari perbuatan sederhana ini bahwa setiap orang di rumah tangga memiliki tanggung jawab untuk menjaga hal-hal tetap rapi dan tertib. Ketika anak-anak ditugaskan secara reguler, mereka merasa lebih bertanggung jawab atas perilaku mereka.

3. Dorong mereka untuk melipat pakaian mereka sendiri

Melipat pakaian mungkin tampak seperti kebiasaan sederhana, tapi itu mengajarkan kesabaran anak-anak dan perhatian terhadap detail. Anak-anak yang belajar melipat pakaian mereka sendiri lebih mungkin merawat harta mereka dengan baik.

Anak-anak juga mendapatkan kemampuan untuk menyelesaikan tugas dan merasa bangga dengan upaya mereka. Praktik khusus ini membantu mereka mengembangkan disiplin diri.

4. Ajari anak untuk membereskan mainan sendiri

Anak-anak belajar nilai kerapian ketika mainan mereka dibereskan setelah bermain. Anak-anak belajar bertanggung jawab atas ruang mereka ketika mereka bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan bermain mereka.

Tugas kecil ini membantu anak-anak menjadi lebih disiplin dan membantu mereka belajar mengorganisasi keterampilan yang akan membantu mereka di masa depan.

5. Rutinitas tidur malam di waktu yang sama

Membangun rutinitas tidur di malam hari sangat penting untuk membangun nilai kontrol diri dan konsistensi pada anak. Ajari mereka untuk melakukan tugas-tugas tertentu, seperti menyikat gigi, mengenakan piyama, atau membaca buku, yang harus diselesaikan sebelum tidur. Mereka belajar keterampilan manajemen waktu dan kebutuhan untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan serta bermain dengan mengikuti jadwal.

Itulah sederet kebiasaan baik yang melatih disiplin pada anak.

Pilihan Editor: Olahraga Bantu Anak Belajar Disiplin dan Sportivitas, Ini Tahap Kesiapan Aktivitas Fisik

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."